Benarkah Thomas Edison Mencuri Ide Nikola Tesla?

Benarkah Thomas Edison Mencuri Ide Nikola Tesla?

BIBLIOTIKA - Thomas Edison dan Nikola Tesla adalah dua nama besar dalam bidang penemuan. Mereka masing-masing menemukan begitu banyak hal yang kemudian berguna bagi kehidupan manusia, bahkan hingga hari ini.

Yang unik, terkait dua orang itu, ada sebagian orang yang sangat fanatik kepada Nikola Tesla, dan seiring dengan itu membenci Thomas Edison. Mereka yang sangat fanatik pada Tesla bahkan mengklaim atau bahkan menuduh Thomas Edison telah mencuri ide Nikola Tesla. Benarkah itu?

Sebenarnya, apa ide Tesla yang dicuri oleh Edison? Atau, secara lebih teknis, ide Tesla apa yang dipatenkan oleh Edison atas namanya?

Pertanyaan itu tak pernah terjawab dengan jelas.

Sepertinya, yang dimaksud orang-orang dengan ‘Edison mencuri ide Tesla’ adalah kejadian ketika Edison meminta Tesla agar mendesain ulang generator DC dengan janji akan diberi bayaran $50.000 tapi tidak diberikan. Berikut ini kisahnya.

Edison menawari Tesla untuk mendesain ulang generator DC agar lebih efisien. Menurut cerita, Edison saat itu bilang: “Aku akan memberimu $50.000 kalau bisa menyelesaikan tugas ini.”

Tesla pun berhasil menyelesaikan tugas itu, namun Edison kemudian bilang, “Tesla, kau tidak mengerti gaya bercanda orang Amerika.”

Tapi sebenarnya cerita itu sendiri masih mengalami perdebatan, tidak sepenuhnya benar. Dalam buku autobiografinya, Tesla sendiri tidak secara langsung mengatakan bahwa Edison yang menjanjikan uang $50.000 itu.

Tesla menulis: For nearly a year my regular hours were from 10:30 a.m. until 5:00 a.m. the next morning without a day’s exception. Edison said to me, “I have had many hard-working assistants but you take the cake.” During this period I designed twenty-four different types of standard machines with short cores and of uniform pattern which replaced the old ones. The Manager had promised me $50,000 on the completion of this task but it turned out to be a practical joke. This gave me a painful shock and I resigned my position.

Kita tidak tahu bagaimana kejadian sebenarnya. Terlebih lagi kita juga tidak tahu, siapakah ‘The manager’ yang dimaksud oleh Tesla. Apakah itu Edison atau bukan.

Kalau memang ternyata iya, ini memang hal salah yang dilakukan oleh Edison. Tapi jangan lupa satu hal, apa yang dikerjakan oleh Edison bukan hanya hal ini. Tapi banyak sekali hal lainnya. Jangan hanya berkutat pada satu kesalahan ini lalu mencap buruk sepenuhnya.

Lalu, berdasarkan penjelasan buku The Truth About Tesla: The Myth of the Lone Genius in the History of Innovation, dijelaskan bahwa Tesla keluar dari perusahaan Edison juga bukan karena hal itu. Dijelaskan pula bahwa Edison pun telah memberi penawaran peningkatan gaji ke Tesla.

Dan… desain Tesla untuk generator DC tersebut pada akhirnya juga tidak digunakan oleh Edison, karena tidak sesuai dengan preferensi yang diinginkan. Edison lebih suka dan menginginkan generator dengan motor elektromagnetik yang panjang, sementara Tesla mendesain generator dengan motor yang pendek.

Walaupun pada akhirnya, sebagaimana yang kita ketahui saat ini, generator dengan motor elektromagnetik yang lebih pendek ala Tesla yang lebih efisien dan digunakan pada semua generator di zaman ini.

Baca juga: Sejarah Konflik Thomas Edison dan Nikola Tesla