5 Band Malaysia yang Pernah Populer di Indonesia

5 Band Malaysia yang Pernah Populer di Indonesia

BIBLIOTIKA - Lagu-lagu Malaysia pernah sangat populer di Indonesia. Sebegitu populer, hingga ada puluhan atau bahkan belasan penyanyi solo atau pun grup band yang musik-musiknya terdengar di Indonesia, baik melalui radio maupun televisi. Pada masa itu, dunia musik Indonesia sebenarnya juga sedang bergairah, dengan banyaknya musisi maupun band yang muncul. Namun kehadiran musik-musik Malaysia juga tak bisa dicegah. Ada banyak orang Indonesia yang juga menggemari lagu-lagu Malaysia.

Peristiwa itu terjadi pada era ’80-’90-an. Anak-anak muda yang tumbuh pada masa itu pasti mengenal banyak penyanyi dan band atau grup musik Malaysia, dan bisa jadi hafal banyak lagu Malaysia. Di antara banyak band yang pernah masuk ke Indonesia, bisa dibilang ada lima band yang sangat terkenal dan memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia. Berikut ini uraiannya.

Search

Search adalah grup band yang digawangi Amy (lead vocal), Hillary Ang (guitar), Nasir Daud (bass), Yazid (drum), dan Kid (guitar). Lagu pertama Search yang langsung menghentak Indonesia berjudul Isabella. Lagu itu sangat populer sejak pertama kali masuk Indonesia, bahkan bisa dibilang masih populer sampai saat ini. Buktinya, penyanyi Indonesia kadang masih membawakan lagu tersebut di televisi.

Kesuksesan Search dan lagunya itu pula yang tampaknya ikut membawa band-band Malaysia lain untuk masuk ke Indonesia. Sementara Search juga terus melahirkan album yang lagu-lagunya terus populer di Indonesia. Belakangan, Amy sang vokalis bahkan sempat berduet dengan penyanyi Indonesia, Inka Christie, dan lagu-lagu duet mereka juga sukses.

Iklim

Selain Search, band lain yang pernah sangat populer di Indonesia adalah Iklim. Band ini memiliki vokalis bernama Saleem, yang memiliki karakter vokal khas, serak-serak basah. Iklim membawakan musik yang bisa dibilang agak mirip dengan Search, namun lebih banyak membawakan lagu-lagu cinta yang lembut, yang langsung digemari banyak orang Indonesia.

Lagu pertama Iklim yang langsung sangat digemari orang Indonesia pada masa itu berjudul Suci Dalam Debu. Sama seperti Isabella, lagu itu pun sangat populer. Sejak itu, Iklim merilis album-album lain, yang juga masuk ke Indonesia.

U.K's

U.K's termasuk band yang sangat populer di Indonesia, setelah Search dan Iklim. Band ini memiliki vokalis bernama Amir yang memiliki vokal bagus. Membawakan lagu-lagu ciptaan Saari Amri (pencipta lagu terkenal Malaysia), U.K's benar-benar sukses menghipnotis para pecinta musik, termasuk di Indonesia.

Lagu pertama U.K's yang sangat populer di Indonesia berjudul Di Sini Menunggu. Lagu yang sangat indah itu, ditunjang suara Amir yang enak didengar, langsung menghipnotis banyak orang. Sejak itu, sama seperti Search dan Iklim, U.K's juga merilis album-album lain yang sama terkenal di Indonesia.

Slam 

Membicarakan band Malaysia yang pernah mengguncang Indonesia, tidak bisa melepaskan nama Slam. Setelah Search, Iklim, dan U.K's, Slam kemudian muncul dengan efek kehebohan yang sama. Lagu pertama Slam yang segera populer di Indonesia berjudul Gerimis Mengundang. Sebegitu populer lagu ini, sampai musisi Indonesia membuat versi remix dalam berbagai versi.

Setelah sukses dengan Gerimis Mengundang, Slam melanjutkan dengan album-album lain yang juga turut terkenal di Indonesia.

Exist

Anak era ’90-an pasti mengenal Exist, salah satu band Malaysia yang sangat terkenal, termasuk di Indonesia. Meski kehadirannya terhitung paling akhir, namun Exist mampu meraih popularitas yang setara dengan para pendahulunya di Indonesia—Search, Iklim, Uk’s, dan Slam.

Lagu pertama Exist yang sangat terkenal di Indonesia berjudul Mencari Alasan. Sama seperti lagu Gerimis Mengundang, lagu Mencari Alasan bahkan sampai dibikin versi dangdut oleh musisi Indonesia, karena saking terkenalnya.