Fakta-fakta Mencengangkan Seputar Jackie Chan

Fakta-fakta Mencengangkan Seputar Jackie Chan

BIBLIOTIKA - Jackie Chan adalah salah satu aktor Asia yang mampu menembus Hollywood, dan terkenal di seluruh dunia. Sebagai aktor, Jackie Chan identik dengan aksi-aksi berani dalam film, sekaligus kemampuan dalam kungfu.

Karenanya, kebanyakan film yang dibintangi Jackie Chan adalah film aksi, baik di Cina maupun di Hollywood. Namun, berbeda dengan umumnya film aksi lain, film-film aksi Jackie Chan sering kali juga menghibur, karena mempertontonkan adegan-adegan yang bisa jadi lucu atau konyol.

Berikut ini fakta-fakta mencengangkan seputar Jackie Chan, yang mungkin masih jarang diketahui.

Nama aslinya bukan Jackie Chan

Jackie Chan sebenarnya bukan nama asli. Karena nama asli atau nama lahirnya adalah Chan Kong-sang. Ayahnya bernama Charles, dan berprofesi sebagai mata-mata negaranya, RRC.

Chan Kong-sang mendapatkan nama “Jackie” ketika dia bekerja sebagai tukang bangunan di Canberra, Australia. Pada masa itu, tentu saja, dia belum menjadi aktor. Ketika akhirnya masuk industri film, dia pun menggunakan nama Jackie Chan.

Tidak ada asuransi

Dalam banyak film, Jackie Chan kerap melakukan adegan-adegan yang sangat berbahaya. Dia bahkan sering mengalami kecelakaan parah ketika syuting film, karena selalu ingin melakukan sendiri adegan-adegan berbahaya dalam film—tidak mau diganti stuntment.

Karena seringnya mengalami kecelakaan setiap kali syuting, kini tidak ada perusahaan asuransi jiwa yang bersedia menanggung asuransi Jackie Chan. Karenanya pula, kini Jackie Chan menanggung sendiri semua biaya perawatan yang mungkin dibutuhkan, jika ia atau timnya mengalami masalah/kecelakaan dalam film.

Sosok multitalenta

Jackie Chan tidak mendapatkan pendidikan tinggi, karena dia memilih keluar dari sekolahnya dan tidak meneruskan pendidikan. Ia keluar dari sekolah, dengan alasan “ingin menjadi Bruce Lee”—sosok ahli kungfu terkenal Cina. Impian itu bisa jadi telah terwujud, setelah dia terkenal di dunia sebagai aktor yang hebat dalam kungfu.

Tapi Jackie Chan bukan hanya aktor. Di luar menjadi aktor, dia aktif sebagai seniman bela diri, sutradara, produser, stuntmen, bahkan menjadi penyanyi yang telah menghasilkan 20 album. Sejak 1984, Jackie Chan telah melakukan olah vokal dalam bahasa Kanton, Mandarin, Jepang, Taiwan, dan Inggris.

Pernah hampir mati

Armor of God adalah salah satu film Jackie Chan yang hampir merenggut nyawanya, karena melakukan adegan-adegan berbahaya. Namun, karena itu pula, Guinness Book of World Record memasukkan nama Jackie Chan sebagai “Most stunts by a living actor”.

Tidak suka seri Rush Hour

Rush Hour adalah film seri yang ikut melambungkan nama Jackie Chan di kancah perfilman Hollywood. Meski begitu, Jackie Chan secara terang-terangan mengatakan kalau dia tidak menyukai seri film itu. Satu-satunya alasan kenapa dia mau membintangi Rush Hour, karena dia dibayar sangat mahal.

Putranya tidak dapat warisan

Pada 1982, Jackie Chan menikah dengan Lin Feng-jiao, seorang aktris Taiwan. Dari perkawinan itu, dia mendapatkan seorang anak laki-laki bernama Jaycee Chan. Selain itu, Jackie Chan juga berselingkuh dengan seorang wanita bernama Elaine Ng Yi-Lei, dan perselingkuhan itu menghasilkan satu anak perempuan.

Meski kaya-raya (tercatat memiliki kekayaan lebih dari 130 juta dolar), Jackie Chan menyatakan tidak akan mewariskan uang dan kekayaannya kepada anak-anaknya. Dia ingin anak-anaknya mandiri, dan menyadari bahwa kehidupan begitu keras, agar mereka menjadi mansia sejati.

Sosok yang unik

Jackie Chan mampu berbicara dalam 7 bahasa, yaitu Bahasa Kanton, Mandarin, Inggris, Jerman, Korea, Jepang, Thai, dan Inggris-Amerika. Meski begitu, dia mengidap fobia pada jarum, dan selalu ketakutan jika diminta berbicara di hadapan publik.

Baca juga: 5 Orang yang Dikagumi dan Menginspirasi Bill Gates