Tren Teknologi yang Akan Mengubah Dunia di 2018

Tren Teknologi yang Akan Mengubah Dunia di 2018

BIBLIOTIKA - Kita hidup di abad modern, ketika teknologi berjalan tidak dengan melangkah, tapi melompat. Satu teknologi baru datang, dan tidak lama kemudian muncul yang lebih baru, dan begitu seterusnya. Pada tahun 2017, misalnya, jutaan orang mulai akrab dengan mata uang digital, padahal di tahun-tahun sebelumnya masih sangat jarang yang mengenal. Mata uang digital bahkan sempat menjadi tren di 2017, setelah bitcoin mencapai peningkatan nilai gila-gilaan.

Hadirnya hal-hal semacam itu tampaknya akan terus berlangsung, dan akan ada hal-hal baru di 2018, terkait teknologi-teknologi yang akan akrab dengan kehidupan manusia. Di antara teknologi yang akan muncul, berikut ini yang diramalkan akan menjadi tren di 2018.

IoT yang berubah menjadi BIoT

IoT merupakan salah satu bidang teknologi yang cukup diminati dan juga diprediksi akan menjadi disruptive technology. Namun, blockhain yang merupakan teknologi dasar dari Bitcoin yang populer tahun bisa menjadikan IoT device menjadi semakin bermanfaat. Dengan menggabungkan IoT dan BlockChain (BIoT), risiko hacking terhadap IoT dapat menurun drastis, karena di setiap device IoT akan tercipta ratusan record digital.

Kebangkitan Fintech

Bitcoin, Blockchain, Mobile Payment, dan Smart Contract, hanyalah beberapa inovasi di dunia Fintech yang masih akan berperan besar mengubah dunia di tahun 2018. Teknologi biometrik seperti Facial Recognition, Voice ID, dan fingerprint, akan membantu kita berbelanja lebih cepat tanpa harus menggesek kartu kredit. Sebagai gantinya, kita bisa melakukan verifikasi hanya dengan melakukan scanning pada mata dengan smartphone.

Augmented Reality (AR) menjadi hal biasa

Seiring kesuksesan pokemon go, dan semakin murahnya kacamata augmented reality, Ponsel kita akan tetap ada di kantong dan terhubung dengan Heads Up Displays (HUD) yang akan mengubah cara bekerja, berbelanja, dan bermain.

AR akan menyesuaikan pengalaman berbelanja di toko, seperti mencocokkan manekin yang sesuai dengan jenis tubuh apabila ingin mencoba baju, atau Merchant akan menciptakan pengalaman AR dengan kemasannya sendiri, sehingga video demonstrasi dapat muncul saat Anda melihat produk di rak. Toko pop-up virtual dapat dibangun untuk muncul di mana saja kerumunan orang berkumpul.

Dengan hanya gerakan tangan, kita bisa mengubah model, warna, dan fitur mobil yang dipamerkan di showroom dealer. Potensi AR yang sebenarnya adalah untuk membawa informasi yang dibutuhkan kepada seseorang tanpa harus memintanya.

Tahun para Bot

Perkembangan inteligensi buatan yang semakin pesat membuat penggunaan bot juga semakin intensif, baik buat perusahaan maupun untuk pengguna rumahan. Penggunaan Bot yang menggunakan bahasa natural juga akan sangat membantu kita. Pernahkah Anda membayangkan mempunyai seorang advisor yang selalu ada di samping Anda?

Homebot juga diprediksi tidak hanya sekadar merespons perintah, tetapi bisa memberikan informasi yang kita butuhkan, seperti saat Anda harus minum obat, atau tidur, dan lain sebagainya. Selain itu, salah satu jenis bot, yaitu Chatbot, tampaknya akan semakin intensif digunakan oleh pihak perusahaan untuk melayani pelanggan mereka.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Dunia 2018