Aneka Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Leci (atau lici) adalah buah-buahan dari genus Litchi yang tergolong famili Sapindaceae. Pohon leci tumbuh di iklim tropis, dan buahnya dapat ditemukan di Cina, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan bagian selatan dan tengah, Vietnam utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan, dan Meksiko.

Buah leci memiliki aroma yang wangi dan rasa yang manis. Selain itu, dalam 100 gram buah leci terdapat 66 kalori, serat makanan, vitamin, antioksidan, dan tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol. Penelitian juga menemukan bahwa oligonol, polifenol dengan berat molekul rendah, ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol memiliki manfaat sebagai antivirus dan antioksidan.

Leci juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk tubuh kita. Dalam 100 gram buah leci terdapat 71,5 mg vitamin C, atau 119% dari nilai harian vitamin C yang disarankan. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh dalam mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dari penyakit berbahaya, radikal bebas, dan anti-inflamasi. 

Selain kaya vitamin C, buah leci juga mengandung vitamin B kompleks yang baik, seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin B kompleks sangat penting karena bermanfaat dalam membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Leci juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, sehingga memberi perlindungan terhadap risiko penyakit kardiovaskuler. Berikut ini aneka manfaat buah leci dalam menunjang kesehatan.

Sebagai antioksidan 

Seperti yang disebut di atas, buah leci mengandung zat oligonol, yaitu antioksidan yang mampu memerangi virus flu. Antioksidan tersebut juga dipercaya ampuh melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV matahari.

Mengatasi anemia

Anemia atau kurang darah bisa dibantu dengan mengonsumsi leci, karena buah ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi, dan dapat membantu menambah kadar hemoglobin dalam tubuh.

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam buah leci dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, dan mencegah pertumbuhan kanker, khususnya kanker payudara dan kanker prostat.

Selain itu, leci mengandung flavonoid yang juga sangat efektif untuk memerangi kanker. Selain flavonoid, leci mengandung quercitin dan kaempferol yang dapat membantu mengurangi penyebaran sel-sel kanker.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan nutrisi di dalam buah leci mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Hasilnya, sirkulasi darah lebih lancar, dan risiko penyakit jantung dapat diturunkan.

Leci juga membantu kesehatan jantung, karena mengandung polifenol yang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut juga membantu menstabilkan tekanan darah dan detak jantung, dapat menghindarkan stroke, dan penyakit jantung koroner lainnya.

Menguatkan sistem imun

Sebagai sumber vitamin C, buah leci dapat berperan dalam membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Hal itu masih ditunjang dengan kandungan antioksidan lain dalam buah ini. Rutin mengonsumsi leci dapat membantu tubuh melawan agen-agen infeksi, dan mengurangi inflamasi radikal bebas yang berbahaya.

Membentuk sel darah merah

Buah leci memiliki kandungan mineral seperti folat, mangan, zat besi, dan copper, yang berperan dalam membentuk sel darah merah. Selain itu, keberadaan vitamin C dalam leci juga membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal.

Membantu metabolisme

Leci memiliki kandungan serat dan vitamin B kompleks yang mampu merangsang metabolisme, dan mempercepat tubuh dalam membakar kalori. Vitamin B kompleks berupa thiamin, riboflavin, niasin, dan folat, membantu tubuh dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara betakaroten dalam leci membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi hati serta organ lainnya.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan antioksidan dalam leci diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium dalam leci berperan dalam menjaga kadar garam dalam tubuh tetap seimbang. Hal itu bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko stroke serta serangan jantung.

Mendukung diet

Dengan kandungan vitamin B kompleks dan serat di dalamnya, leci mampu membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, dan menekan nafsu makan sehingga Anda lebih mampu menjaga berat badan.

Mencegah penuaan dini

Kandungan sejumlah besar antioksidan dalam buah leci membantu melawan radikal bebas, dan mencegah proses penuaan dini. Leci juga bermanfat dalam mencerahkan kulit, selain dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat dan memperlancar aliran darah di kulit sehingga kulit lebih awet muda.

Memperbaiki pencernaan

Leci memiliki sifat astringent yang dapat membersihkan pencernaan dari racun-racun dan bakteri penyebab sakit perut. Karenanya, mengonsumsi buah leci dapat membantu memperbaiki dan menyehatkan sistem pencernaan kita.

Memberi nutrisi untuk kulit

Leci mampu memberi nutrisi untuk kulit, karena memiliki kandungan thiamin, niacin, dan tembaga, yang sangat bermanfaat untuk kulit. Thiamin membantu tubuh dalam memetabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Niacin meningkatkan hidrasi pada kulit, sementara zat tembaga membantu mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.
Menjaga kesehatan tulang

Leci mengandung fosfor dan magnesium yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan mineral seperti tembaga dan mangan dalam leci bermanfaat dalam memperkuat tulang. Kemudian, mineral seng dan tembaga membantu meningkatkan efektivitas vitamin D, dan mempengaruhi asimilasi kalsium yang memelihara kesehatan tulang.

Menangkal radikal bebas

Kandungan polifenol dalam leci membantu menangkal radikal bebas. Oligonol, antioksidan yang terdapat dalam buah leci, juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan, dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Oligonol menurunkan lemak dan meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan stamina, serta mengurangi garis-garis wajah dan bintik-bintik cokelat pada kulit.

Memelihara kesehatan rambut

Kandungan vitamin C dalam leci juga membantu memelihara kesehatan rambut. Vitamin C berperan aktif dalam menjaga sirkulasi dan pasokan darah yang memadai untuk folikel rambut.

Baca juga: Aneka Manfaat Kedondong untuk Kesehatan