Aneka Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan “buah kaki”, bahkan nama ilmiahnya pun Diospyros kaki. “Kaki” yang terdapat pada nama ilmiah kesemek berasal dari bahasa Jepang, yang merujuk pada zat tanin yang dihasilkan buah tersebut. Sedangkan dalam bahasa Inggris, buah ini disebut Oriental persimmon.

Buah kesemek yang muda mengandung zat tanin yang dinamai tanin-kaki, yang menimbulkan rasa sepet pada buah. Zat itu akan berkurang bersama dengan masaknya buah. Tanin-kaki dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi.

Kesemek yang matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan, dan berdiameter antara 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi air kapur dan diperam, agar rasa sepetnya hilang. Kesemek juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim, dan lain-lain.

Kesemek kadang pula disebut “apel Jawa”, karena sekilas bentuknya memang mirip apel. Meski mungkin kalah populer dibanding apel, namun kesemek memiliki nilai lebih dibanding apel, khususnya dalam kandungan serat yang diketahui dua kali lebih banyak dibanding apel.

Berdasarkan riset lebih lanjut, diketahui bahwa kesemek memiliki banyak zat gizi yang sangat bagus. Di antaranya terdapat senyawa-senyawa antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker, juga menghambat proses penuaan dini. Mengonsumsi satu butir kesemek setiap hari juga diketahui dapat membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.

Hal itu dimungkinkan, karena kesemek mampu menjaga tekanan darah agar tidak melewati ambang batas normal. Dengan terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah, secara tidak langsung kesehatan jantung juga akan terpelihara.

Kesemek juga mengandung vitamin serta mineral yang sangat tinggi, dan sebagian senyawa organik yang tak biasa. Termasuk juga vitamin A, vitamin C, vitamin E serta vitamin B6, dan serat, mangan, tembaga, magnesium, kalium, serta fosfor. Senyawa organik yang paling penting termasuk katekin, gallocatechins, asam betulinic, serta beragam senyawa karotenoid dari vitamin B kompleks.

Dalam satu butir buah kesemek, terdapat 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 0,7% protein, vitamin A, dan kalium. Dalam setiap 100 gram kesemek terkandung energi 88 kkal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg, dan asam askorbat 20 mg.

Beberapa manfaat kesemek adalah untuk menyehatkan paru-paru, menguatkan limpa, dan menghilangkan rasa haus. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar, atau dapat diolah sebagai campuran kudapan. Yang terpenting, saat memetik atau membeli buah ini, pilihlah yang warna kulitnya sudah berubah kuning.

Berikut uraian lebih lengkap mengenai manfaat kesemek dalam menunjang kesehatan.

Mencegah kanker

Buah kesemek mengandung zat antikanker yang bisa meningkatkan kekuatan tubuh dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang bisa bermutasi dari sel sehat menjadi sel kanker, atau bisa menyebabkan rusaknya sistem organ.

Antioksidan dalam buah kesemek berfungsi menemukan radikal bebas serta menghilangkannya dari tubuh, hingga meningkatkan kesehatan serta melindungi tubuh dari beragam jenis penyakit. Kesemek juga memiliki kandungan tinggi vitamin C serta vitamin A, juga senyawa fenolik seperti katekin serta gallocatechins, yang berkaitan dalam pencegahan beragam kanker.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kesemek memiliki kandungan asam askorbat (vitamin C) yang sangat tinggi, yang dapat memenuhi sekitar 80% dari keperluan harian nutrisi ini. Vitamin C bermanfaat dalam merangsang sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan benteng pertahanan tubuh pada mikroba, virus, serta infeksi jamur, dan benda asing atau zat beracun.

Menyehatkan pencernaan

Kesemek mengandung serat yang dapat mengasup sekitar 20 persen kebutuhan harian tubuh. Serat membantu sistem pencernaan makanan agar lebih efektif, dengan merangsang gerak peristaltik untuk memindahkan makanan lewat saluran pencernaan, meningkatkan sekresi lambung serta cairan pencernaan, dan mengurangi gejala sembelit atau diare.

Mencegah dan mengatasi tumor

Kandungan antioksidan dalam kesemek dapat membantu menurunkan risiko kanker, juga menurunkan risiko perubahan tumor. Kesemek memiliki kandungan asam betulinic, yang merupakan senyawa antitumor, dan senyawa tersebut dapat mengurangi kemungkinan serangan tumor melalui induksi apoptosis. Bila Anda kebetulan telah memiliki tumor, mengonsumsi kesemek bisa mengurangi ukuran serta menghentikan perubahannya jadi kanker.

Mencegah penuaan dini

Kesemek memiliki kandungan vitamin, terutama vitamin A, betakaroten, lutein, likopen, serta cryptoxanthins, yang semuanya berperan sebagai antioksidan. Selain dapat menurunkan kadar stres, kandungan nutrisi itu juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit, semisal keriput, bintik-bintik hitam yang disebabkan usia, serta menghindari penyakit Alzheimer, kelelahan, pandangan kabur, dan lain-lain.

Menjaga kesehatan mata

Senyawa zeaxanthin, yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks, memiliki fungsi dalam meningkatkan kesehatan mata, karena sifatnya sebagai zat antioksidan. Studi menunjukkan bahwa zeaxanthin dalam kesemek bisa membantu mengurangi degenerasi makula, katarak, dan rabun senja.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kesemek mengandung kalium dalam jumlah cukup tinggi, dan kalium bisa melakukan tindakan sebagai vasodilator, yaitu menurunkan tekanan darah, serta melancarkan aliran darah ke semua anggota tubuh. Hasilnya akan mengurangi masalah pada sistem kardiovaskuler, dan menghindarkan berbagai macam penyakit, yang salah satunya adalah masalah jantung.

Meningkatkan metabolisme

Kesemek memiliki kandungan sebagian unsur vitamin B kompleks, di antaranya piridoksamin, asam folat (vitamin B9), serta thiamin, yang memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengatasi sakit perut

Sakit perut, termasuk nyeri dan panas pada perut, dapat diatasi dengan ramuan tradisional yang menggunakan kesemek sebagai bahannya. Selain mengatasi sakit perut, resep berikut ini juga dapat digunakan untuk mengatasi diare atau disentri.

Siapkan 2 potong buah kesemek kering, lalu direbus. Aduk-aduk hingga menjadi bubur, lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis dan beras ketan secukupnya. Makanlah ramuan tersebut tiga kali sehari.

Catatan:

Buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah. Karena itu, jika Anda kebetulan menderita tekanan darah rendah (hipotensi), sebaiknya hindari mengonsumsi kesemek, karena bisa berbahaya.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan