Aneka Manfaat Kelapa untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Kelapa untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Kelapa (Cocos nucifera) adalah jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae, dan merupakan anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia, sehingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Pohon kelapa menghasilkan buah yang disebut buah kelapa.

Berbeda dengan umumnya buah lain yang biasa dimakan sebagai buah segar, kelapa lebih sering dikonsumsi setelah diolah. Umumnya, orang memanfaatkan kelapa untuk dibuat santan dengan cara diparut. Santan menjadi bahan untuk membuat aneka masakan atau makanan.

Di samping santan, kelapa juga kerap dijadikan minyak, yang disebut minyak kelapa. Minyak mengandung 87 persen lemak jenuh yang disebut mampu meningkatkan kadar kolesterol. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada minyak kelapa. Sebab setengah dari jumlah lemak jenuh tersebut memiliki rantai medium yang mudah dicerna.

Selain dijadikan santan dan minyak, kelapa juga sering dikonsumsi sebagai bagian minuman, biasanya untuk kelapa yang masih muda. Untuk minuman, bagian yang digunakan adalah buah dan airnya, dan biasa disebut es degan atau es kelapa muda. Rasanya enak dan menyegarkan, selain juga bergizi karena daging buah kelapa—yang dimasukkan sebagai bagian es—merupakan makanan rendah lemak namun memiliki serat tinggi.

Sementara air kelapa yang juga dijadikan bagian minuman mampu mengatasi dehidrasi setelah berolahraga atau bekerja. Meminum segelas air kelapa bahkan sudah bisa memenuhi 10 persen kebutuhan kalium setiap hari.

Karena kelapa lebih sering dimanfaatkan untuk santan atau diambil airnya untuk minuman, uraian berikut ini akan membahas manfaat santan dan air kelapa, terkait dengan kesehatan.

Manfaat santan kelapa

Santan kelapa memiliki manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tulang, dan menurunkan tekanan darah tinggi, karena kandungan potassium di dalamnya. Santan kelapa juga mengandung serat alami yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan, sementara kandungan elektrolit di dalamnya dapat menjadi antivirus yang dapat mencegah serangan flu.

Manfaat air kelapa

Air kelapa sudah terkenal sebagai minuman yang tidak hanya menyegarkan, namun juga menyehatkan. Ada banyak manfaat yang terkandung di dalam air kelapa, khususnya air kelapa hijau, dan berikut ini uraiannya:

Sebagai detoks alami yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Karena itu, orang-orang di masa lalu sering menggunakan air kelapa hijau untuk mengobati keracunan makanan.

Membantu meningkatkan energi. Anda yang merasa kurang bergairah dapat menikmati kesegaran air kelapa untuk menumbuhkan kembali semangat yang hilang. Kandungan vitamin yang cukup banyak pada air kelapa hijau dapat menambah energi saat sedang beraktivitas. Air kelapa hijau dapat diminum dengan mencampurkannya dengan madu, untuk menambah khasiatnya.

Magnesium dalam air kelapa dapat membantu melemaskan otot yang tegang. Karenanya, Anda yang mengalami otot kejang akibat stres atau kesibukan sehari-hari dapat meminum air kelapa untuk mengatasinya.

Air kelapa mengandung elektrolit yang sama seperti kandungan cairan dalam tubuh kita. Karenanya, meminum air kepala akan menjauhkan dehidrasi, karena sama artinya mengganti cairan tubuh yang mungkin hilang.

Kandungan lemak, gula, dan kalori, dalam air kelapa sangat rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi Anda yang sedang menjalani diet.

Air kelapa mengandung tanin dan zat antiracun dalam kadar tinggi, sehingga dapat mengurai serta menetralisir racun-racun di dalam tubuh.

Air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat, yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat juga ditemukan dalam ASI, dan memiliki kesamaan karakteristik untuk antijamur, antibakteri, dan antivirus. Karenanya, air kelapa hijau baik dikonsumsi ibu hamil.

Air kelapa dapat dimanfaatkan untuk menambah kandungan gizi di dalam tubuh, karena memiliki banyak vitamin dan mineral yang mudah diserap oleh tubuh.

Air kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal, karena memiliki kandungan kalium yang memainkan peran kunci dalam proses alkali urin, dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Air kelapa bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, dan sistem pencernaan. Anda yang kebetulan mengalami masalah seperti susah buang air besar, dapat mencoba air kelapa hijau sebagai obatnya. Selain dapat mengurai racun, kandungan air kelapa hijau juga dapat mengurai sampah atau kotoran yang terdapat dalam tubuh, untuk dikeluarkan melalui buang air besar.

Air kelapa hijau mengandung zat antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas, sehingga menghambat penuaan dini pada kulit.

Air kelapa hijau juga mengandung magnesium dan kalium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Karenanya, air kelapa baik untuk penderita darah tinggi sebagai obat alami.

Kandungan magnesium yang terkandung dalam air kelapa hijau dapat membantu masalah migrain.

Kandungan lemak yang rendah pada air kelapa hijau dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Kandungan lemak yang rendah pada air kelapa hijau dipercaya dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

Mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang bisa mengganggu tingkat kesuburan pria. Karena itu, jika Anda kebetulan perokok, Anda perlu rajin mengonsumsi air kelapa untuk menetralisir nikotin dalam tubuh.

Air kelapa hijau memiliki kemampuan dalam mengatasi virus, bakteri, dan jamur, sehingga dapat membantu menyembuhkan alergi pada kulit Anda.

Air kelapa juga dapat mengatasi masalah rambut. Kandungan glukosa, asam amino, fruktosa, mineral, dan sukrosa dalam air kelapa, dapat membantu mengatasi rambut rontok akibat ketombe. Penggunaan air kelapa untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan cara mencampurkan garam ke dalam air kelapa hijau, lalu diamkan semalam. Setelah semalam didiamkan, usapkan pada kepala mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut, dan pijat-pijat sebentar. Setelah itu, bungkus dengan handuk, dan diamkan semalam, lalu bilas dengan air hangat keesokan harinya.

Senyawa yang terdapat dalam air kelapa bermanfaat untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit, sehingga menjaga kesehatan kulit. Untuk memanfaatkan hal itu, Anda cukup mengonsumsi air kelapa secara rutin.

Air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin, dua elemen penting yang digunakan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Kandungan itu memiliki peran signifikan sebagai anti penuaan dini, membantu meminimalkan penuaan kulit, menyeimbangkan tingkat PH, dan menjaga jaringan kulit.

Banyaknya zat yang terdapat pada air kelapa juga dapat membantu menurunkan panas demam. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama, yaitu dengan mencampurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu ke dalam air hangat, lalu diminumkan pada penderita deman.

Air kelapa sangat kaya nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niasin, thiamin, piridoksin, dan folat. Air kelapa memiliki sifat antivirus dan antibakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melawan infeksi virus.

Air kelapa juga membantu dalam mengontrol diabetes. Bila dikonsumsi secara teratur, air kelapa memiliki kemampuan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Proses ini akan sangat membantu dalam melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena pembentukan plak, dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes. Hal ini juga membantu melawan aterosklerosis.

Penelitian telah menunjukkan, orang dengan tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium yang rendah. Manfaat minum air kelapa secara teratur sangat efektif dalam mengatur tekanan darah, karena memiliki kandungan kalium dan asam laurat. Air kelapa juga dipercaya meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

Air kelapa memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan elektrolit, sehingga dapat digunakan sebagai penyeimbang elektrolit dalam tubuh.

Air kelapa diketahui lebih bernutrisi dari susu penuh (whole milk), karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.

Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah, dan mampu membersihkan saluran pencernaan.

Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkannya keluar dari tubuh.

Air kelapa juga dikenal dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

Pusing kepala atau mabuk perjalanan juga dapat dipulihkan dengan mengonsumsi air kelapa.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan