10 Universitas Terbaik di Dunia 2018

10 Universitas Terbaik di Dunia 2018

BIBLIOTIKA - Bisa jadi, banyak dari kita yang ingin masuk ke universitas atau perguruan tinggi dunia yang dinilai paling top dan berkualitas, semisal Harvard University, atau MIT, dan semacamnya. Namun, sayang, memasuki universitas top semacam itu sering kali sulit. Selain tes masuk yang bisa jadi berat, biaya pendidikan di kampus-kampus top juga mahal. Namun, jika kita kebetulan punya dua hal itu—kemampuan otak yang bagus dan uang yang cukup—tak ada salahnya mencoba. Siapa pun tentu ingin kuliah di universitas terbaik di dunia.

Lalu universitas mana yang bisa dianggap terbaik di dunia? Kita bisa merujuk pada data QS World University Rankings untuk mendapatkan jawabannya.

QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Setiap Tahun, QS menilai universitas-universitas di seluruh dunia berdasarkan reputasi akademi, reputasi alumni, kulitas tenaga pengajar, dan penampilan internasional.

QS University Ranking juga merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.

Pada Kamis, 8 juni 2017, QS merilis peringkat universitas di dunia untuk tahun ajaran 2017-2018. Ada lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia yang masuk dalam hitungan QS.

Pengumuman pemeringkatan itu dirilis di www.topuniversities.com. Hasilnya adalah sepuluh universitas terbaik didominasi oleh Amerika Serikat, disusul oleh Inggis dan Swiss.

Lima universitas di Amerika Serikat masuk dalam daftar 10 kampus terbaik di dunia. Sedangkan di Inggris ada 4 universitas yang masuk 10 besar. ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology dari Swiss berhasil meraih posisi ke 10 kampus terbaik dunia.
Berikut ini adalah 10 universitas terbaik dunia untuk tahun 2018, dengan nilai teratas:

1. Massachusettes Institute of Technology (MIT), AS

Kampus yang merupakan institusi riset yang terletak di distrik Back Bay, Boston, Amerika Serikat ini selama 6 tahun berturut-turut menempati peringkat teratas sebagai universitas terbaik di dunia.

Universitas di Amerika ini juga memperoleh nilai yang luar biasa dalam peringkat kali ini, dan merupakan satu-satunya universitas di dunia yang diberi nilai 5+ oleh QS.

2. Standford University, AS

Universitas yang terletak di tenggara San Fransisco ini memiliki jurusan Art and Humanities, Engineering and Technology, Life Sciences and Medicine, Social Sciences and Management, dan Natural Sciences.

Selama 2 tahun berturut-turut, Stanford berhasil menggeser Harvard ke peringkat no. 3. Menurut tabel penilaian, semua indikator Standford sebenarnya tidak kalah dari MIT. Namun, sayangnya jumlah mahasiswa internasionalnya kalah jauh jika dibandingkan dengan MIT.

3. Harvard University, AS

Harvard dikenal sebagai pencetak para tokoh terkenal, seperti Barack Obama dan Michele Obama, juga Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang juga belajar di Harvard.

Meskipun kedudukan harvard telah digeser ke ranking 3 sejak 2 tahun berturut-turut oleh Stanford, tapi reputasi akademik dan prospek kerja lulusan universitas ini tetap mendapat skor 100.

4. California Institute og Technology (Caltech), AS

Caltech adalah universitas yang mengedepankan ilmu alam dan teknik. Caltech juga merupakan universitas yang terkemuka dalam riset.

Sebelumnya, selama 2 tahun berturut-turut, Caltech berada di peringkat ke-5. Namun, tahun ini, Caltech berhasil naik 1 peringkat. Mungkin, ini berkat perolehan nilai yang tinggi dalam kategori rasio dosen – mahasiswa, dan publikasi dari tenaga pengajar.

5. University of Cambridge, Inggris

Universitas yang berdiri pada tahun 1209 ini memiliki sejarah yang sangat kaya. Beberapa alumninya yang paling terkenal adalah Sir Isaac Newton (fisikawan Inggris yang menemukan gravitasi), aktor Ian McKellen, matematikawan Stephen Hawking, aktris Emma Thompson, dan redaktur surat kabar Arianna Huffington.

Berbeda dengan 4 peringkat sebelumnya, peringkat ke-5 ditempati oleh universitas Inggris: University of Cambridge.

Walau posisi universitas ini terus bergeser turun dari peringkat ke-3 di tahun 2016 ke peringkat ke-4 di tahun 2017, dan kemudian ke peringkat ke-5 di tahun 2018, reputasi akademik dan prospek kerja lulusan masih tetap mendapatkan nilai sempurna.

6. University of Oxford, Inggris

University of Oxford merupakan universitas dengan jurusan English Language, Literature, Geography, Archeology, Anatomy and Physiology, dan Arts and Humanities terbaik di dunia.

University of Oxford bertahan selama 3 tahun berturut-turut di posisi ke-6. Setidaknya, ia tidak turun peringkat. Namun, jumlah mahasiswa dan dosen internasional di universitas ini lebih banyak dari University of Cambridge.

7. University College London (UCL), Inggris

UCL merupakan kampus pusat pengajaran dengan keunggulan dalam bidang kedokteran, bahasa, hukum, teknik, dan sejarah astrofisika. UCL juga telah meraih 29 penghargaan Nobel sejak didirikan pada tahun 1901.

UCL masih bertahan di posisinya yang sama selama 2 tahun. Pada tahun ini, UCL berhasil meraih peringkat No.1 untuk kualitas pendidikan dan pelatihan. UCL adalah salah satu universitas yang memiliki keberagaman mahasiswa tertinggi di dunia.

8. Imperial College London, Inggris

Universitas yang didirikan oleh Pangeran Albert pada 1907 ini mengedepankan pengajaran pada sains, perdagangan, dan seni. Imperial College London berhasil naik 1 peringkat dari tahun sebelumnya.

9. University of Chicago, AS

Universitas yang dikenal sebagai pencetak ilmuwan dan milyarder ini berdiri pada tahun 1890. Alumninya yang paling terkenal adalah Carl Sagan, seorang astronom, penulis Saul Bellow, dan aktivis Susan Sontag.

University of Chicago berhasil naik 1 peringkat setelah 2 tahun berturut-turut menempati peringkat ke-10. Reputasi akademik universitas ini meraih skor yang nyaris sempurna, yaitu 99,9.

10. Swiss Federal Institute of Technology (ETH Zurich), Swiss

Satu-satunya universitas yang masuk sepuluh besar dari Swiss adalah ETH Zurich. Universitas yang berdiri pada 1854 ini merupakan tempat lahirnya para jenius. Alumni pentingnya adalah Albert Einstein, Lino Guzella, Mileva Maric, dan masih banyak lagi.

Akhirnya, ada universitas di luar Amerika dan Inggris yang mendominasi peringkat 10 besar. Namun, sayangnya universitas ini turun 2 peringkat dari tahun lalu. Mungkin, rasio mahasiswa dan dosen yang belum ideal.

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia