Aneka Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Markisa adalah buah yang dihasilkan pohon yang termasuk tanaman genus Passiflora, dan berasal dari daerah tropis serta subtropis di Amerika. Nama lain yang dikenal untuk buah ini di antaranya maracuj√° (Portugis), maracuy√° (Spanyol), passion fruit (Inggris), granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), pasiflora (Israel), Chanh leo (Vietnam), dan lain-lain.

Di Indonesia, ada juga jenis markisa yang populer, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa di antaranya adalah Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. Selain itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat, yang disebut markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

Markisa, sebagaimana buah-buahan lain, mengandung aneka nutrisi yang baik untuk menunjang kesehatan. Dalam setiap 100 gram buah markisa, terdapat kandungan nutrisi berikut ini:
  1. Fosfor: 12 mg
  2. Zat besi: 0,3 mg
  3. Kalsium: 2 mg
  4. Potasium: 63 mg
  5. Sodium: 5 mg
  6. Vitamin A: 130 IU
  7. Vitamin C: 5 mg
  8. Magnesium: 5 mg
  9. Dan lain-lain

Berikut ini uraian mengenai manfaat buah markisa dalam membantu menunjang kesehatan.

Membersihkan pencernaan

Buah markisa memiliki kandungan serat tinggi, yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi markisa sama artinya mengasup serat yang membantu membersihkan pencernaan, bahkan bisa menjadi pencahar ringan. Biji markisa juga memiliki kandungan serat tinggi, dan banyak orang yang juga memakan biji markisa.

Mencegah pertumbuhan kanker

Kulit buah markisa memiliki warna ungu, dengan daging berwarna oranye, yang menunjukkan bahwa buah ini memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Antioksidan memiliki peran penting dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Markisa juga mengandung air serta antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang terkandung dalam markisa adalah betakaroten.

Mengatasi asma

Buah markisa sangat baik dikonsumsi penderita penyakit asma, karena memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang membantu menenangkan asma. Vitamin C yang terkandung dalam buah markisa juga memberi efek bagus dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Menenangkan saraf

Meminum segelas jus markisa dingin dapat membantu Anda mengendurkan urat saraf yang tegang, dan menjadikan perasaan lebih tenang. Selain itu, markisa juga sering dijadikan sarana untuk mengatasi masalah pencernaan dan gangguan lambung.

Mengatasi insomnia

Markisa memiliki kemampuan dalam menenangkan saraf pada tubuh manusia, dan hal itu juga memberi efek pada tubuh agar lebih rileks. Efek semacam itu dibutuhkan penderita insomnia atau sulit tidur, karena saraf yang tenang dan tubuh yang rileks dapat memudahkan datangnya kantuk. Jika Anda kebetulan sulit tidur atau menderita insomnia, Anda bisa mencoba meminum jus markisa sebelum tidur.

Sumber nutrisi yang baik

Markisa memiliki kandungan vitamin C, sebesar 30 mg per 100 gram. Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan merupakan antioksidan. Buah markisa juga mengandung vitamin A yang membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan kesehatan mata, membantu melawan infeksi, menjadikan kulit sehat dan bersinar, serta membantu pertumbuhan sel.

Selain vitamin A dan C, markisa memiliki kandungan kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, serta melancarkan aliran darah dalam tubuh. Selain kalium, markisa juga mengandung zat besi, magnesium, dan kalsium. Dengan semua nutrisi tersebut, mengonsumsi markisa sama artinya mengasup beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Mendukung diet

Markisa bisa dijadikan salah satu buah pendukung diet, dalam upaya menurunkan berat badan. Markisa hanya memiliki 97 kalori per 100 gram, sehingga kadarnya sangat rendah. Selain rendah kalori, markisa juga rendah sodium dan rendah lemak. Kemudian, markisa memiliki kandungan karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik.

Nutrisi dalam markisa bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sementara kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak ingin ngemil.

Meningkatkan sistem kekebalan

Buah markisa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena buah ini mengandung vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin. Kandungan vitamin C dalam buah markisa bahkan lebih dari 100 persen total asupan yang dibutuhkan untuk diet sehat.

Semua vitamin dan zat lain dalam markisa berfungsi sebagai antioksidan, yang mengikat radikal bebas dari tubuh, dan menetralkannya sebelum dapat membahayakan sistem organ dan mengakibatkan masalah. Selain itu, vitamin C merangsang aktivitas sel-sel darah putih dan sistem pertahanan kekebalan tubuh, sehingga melindungi tubuh dari penyakit umum dan penyakit serius.

Mencegah kanker

Markisa memiliki sumber nutrisi yang kuat sebagai anti-karsinogenik dalam tubuh. Penelitian di University of Florida juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker.

Kandungan antioksidan dalam buah markisa terutama menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Markisa juga mengandung vitamin A, berbagai flavonoid, dan senyawa fenolik, yang semuanya berkaitan dengan sifat antikanker, terutama kanker mulut dan paru-paru.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat sebagaimana yang disebutkan di atas, kandungan nutrisi dalam buah markisa juga memiliki manfaat lain, di antaranya adalah mengatasi batuk, mengatasi alergi, menenangkan anak hiperaktif, melancarkan ASI, memelihara kecantikan, menurunkan kolesterol, mengatasi penyempitan pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, mengatasi peradangan, menurunkan panas (antipiretik), mencegah hipertensi, menghilangkan nyeri (analgesik), dan lain-lain.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan