Aneka Manfaat Buah Loofah untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Buah Loofah untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Bisa jadi, Anda masih asing dengan nama buah ini. Loofah (Luffa aegyptiaca) adalah buah asal Vietnam dengan bentuk yang unik. Meski buah ini relatif asing di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan Anda bisa menemukannya di swalayan atau supermarket sebagai buah impor. Buah loofah memiliki bentuk unik, bulat berwarna merah muda, dengan ujung membesar, dan dihiasi benjolan hitam.

Di Vietnam, buah loofah sering digunakan untuk bahan makanan atau masakan semisal sup. Meski lebih sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan, namun loofah juga memiliki kandungan nutrisi seperti umumnya buah lain. Loofah mengandung kalori, lemak, karbohidrat, vitamin, folat, dan lain-lain. Karenanya, buah loofah juga memiliki aneka manfaat dalam hal kesehatan, dan berikut ini di antaranya.

Mengatasi masalah pencernaan

Buah loofah yang matang memiliki kandungan serat tinggi, yang sangat baik dalam membantu melancarkan pencernaan. Karenanya, mengonsumsi buah ini dapat mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar.

Mengatasi batuk

Buah loofah bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Caranya, ambil buah loofah secukupnya, lalu rebus dalam air sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Minum ramuan tersebut secara teratur, sampai batuk mereda.

Mengatasi sakit persendian

Rebusan air buah loofah diketahui dapat menghilangkan rasa sakit pada persendian. Sakit pada persendian biasanya dialami oleh orang-orang yang mulai menanjak tua. Jika Anda ingin mendapatkan sarana pengobatan yang alami, Anda bisa memanfaatkan buah ini.

Mengatasi bengkak

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, buah loofah dapat membantu mengatasi bengkak pada area sinus atau nasal. Caranya mudah, Anda cukup mengonsumsi buah loofah sebagaimana Anda mengonsumsi buah segar lain.

Melancarkan siklus haid

Sebagian wanita memiliki siklus haid tidak lancar. Jika Anda kebetulan mengalami masalah yang sama, Anda bisa memanfaatkan buah loofah untuk melancarkan siklus haid Anda. Caranya juga mudah, yaitu hanya mengonsumsinya sebagai buah segar.

Mengatasi lingkaran hitam pada mata

Kadang-kadang muncul lingkaran hitam pada mata, biasanya terjadi pada orang yang sering begadang atau tidur larut malam. Pada wanita, hal itu bisa menjadi masalah dalam penampilan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan buah loofah sebagai masker, dan menggunakannya pada bagian yang terdapat lingkaran hitam. Atau bisa pula dengan mengiris buah loofah, dan menempelkannya pada bagian tersebut.

Manfaat lain

Di luar urusan kesehatan, buah loofah juga memiliki manfaat lain, salah satunya menjadi bahan baku spons mandi.

Di Vietnam, banyak pabrik yang mengolah buah loofah untuk menjadi spons mandi, tentu setelah melalui pemrosesan terlebih dulu. Pada proses itu, buah loofah dibersihkan, dan hanya disisakan seratnya, yang disebut xylem, yang kemudian diproduksi sebagai bahan utama pembuat spons.

Selain untuk mandi, loofah yang sudah mengering dapat digunakan sebagai spons untuk mencuci peralatan makan. Dalam hal itu, loofah kering sangat efektif, karena kandungan seratnya yang banyak mampu menyapu kotoran-kotoran sisa yang terdapat pada peralatan makan.

Catatan:

Terlalu sering mengonsumsi buah loofah, atau mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan, dapat menyebabkan kepala pusing, iritasi, kehilangan konsentrasi, hingga kurang kesadaran. Untuk itu, perlu diperhatikan jumlah dan intesitas konsumsi buah ini.

Kemudian, loofah juga memiliki sifat mempercepat pendarahan. Karena itu, jika Anda kebetulan sedang mimisan, sebaiknya jangan mengonsumsi buah loofah, karena dapat memperparah pendarahan.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar