Aneka Manfaat Kakao untuk Kesehatan (2)

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Kakao untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Sebagaimana cokelat yang memiliki aneka kandungan nutrisi yang bermanfaat, begitu pula buah kakao. Buah kakao memiliki kandungan polifenol sekitar 6% yang berfungsi sebagai antioksidan untuk daya tahan tubuh. Selain itu, dalam buah kakao juga terkandung 9% protein, 14% karbohidrat, dan 31% lemak. Protein yang terdapat di dalam kakao memiliki kandungan fenilalanin, tyrosin, dan asam amino triptopan, dalam jumlah besar. Dalam 100 gram buah kakao terkandung nutrisi berikut ini:
  1. Kalori: 381 Kkal
  2. Protein: 9 g
  3. Lemak: 35,9 g 
  4. Kalsium: 200 mg
  5. Fosfor: 200 mg
  6. Vitamin A: 30 SI 

Berikut ini uraian manfaat buah kakao dalam membantu menunjang kesehatan. Manfaat ini tentu saja dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah kakao secara langsung, atau melalui produk cokelat sebagaimana yang kita kenal, karena cokelat memang terbuat dari kakao.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan flavonoid dalam kakao dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol LDL dapat merusak arteri, dan berpotensi menyebabkan masalah jantung.

Menurunkan tekanan darah

Selain mengandung flavonoid, buah kakao juga memiliki kandungan flavanols berkualitas baik, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Mengatasi diabetes

Buah kakao yang terdapat dalam cokelat hitam dapat membantu meningatkan pengolahan gula darah dalam tubuh, sehinga menurunkan risiko diabetes.

Mengatasi batuk

Senyawa theobromine yang terdapat di dalam buah kakao diketahui dapat mengurangi batuk, dengan cara mempengaruhi ujung saraf sensorik dari saraf vagus, yang mengalir lewat saluran udara di paru-paru.

Mengatasi penyakit hati

Penyakit hati atau liver dapat diatasi dengan mengonsumsi buah kakao, karena memiliki senyawa antioksidan yang diketahui dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi, serta dapat mengurangi kerusakan pada bagian pembuluh darah hati.

Mengatasi penggumpalan darah

Penggumpalan darah dapat menyebabkan serangan jantung. Rutin mengonsumsi buah kakao—atau cokelat—dapat mengatasi kemungkinan terjadinya penggumpalan darah.

Mencegah kanker

Sejauh ini, buah kakao memang diketahui tidak dapat menyembuhkan kanker. Namun, buah kakao memiliki manfaat dalam pencegahan kanker, di antaranya mengurangi kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab pertumbuhan tumor.

Mencegah stroke

Kandungan flavanol dalam buah kakao (disebut epicatechin) dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan, serta mencegah kemungkinan stroke.

Mengatasi kelelahan

Jika Anda menderita sindrom kelelahan kronis, sehingga sering merasa lelah, Anda bisa mengatasinya dengan buah kakao, atau dengan cokelat. Mengonsumsi cokelat secukupnya (tidak berlebihan) dapat memberi manfaat dalam mencegah dan mengatasi rasa lelah.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar