Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan (3)

Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah kanker

Jeruk diketahui memiliki kandungan limonoid, yaitu senyawa yang terbukti mampu mencegah penyakit kanker kulit, paru-paru, payudara, lambung, dan usus besar.

Menurunkan risiko kanker hati

Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi jeruk dapat menurunkan risiko kanker hati. Hal itu diperkirakan karena kandungan vitamin A dalam buah jeruk yang dikenal dengan nama karotenoid.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam buah jeruk berperan dalam menjaga detak jantung agar tetap seimbang. Karena itu, mengonsumsi jeruk juga mampu mencegah penyakit kardiak aritmia (detak jantung tidak teratur).

Mengatasi bronkhitis

Selain buahnya, kulit jeruk ternyata juga memiliki khasiat, salah satunya untuk meredakan masalah bronkhitis. Air rebusan kulit jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah bronkhitis.

Menjadikan tubuh berenergi

Memasukkan bubuk kulit jeruk pada minuman Anda sehari-hari bisa menjadikan tubuh Anda semakin berenergi. Anda juga bisa membuat minuman kulit jeruk dengan merebusnya dalam air.

Aneka manfaat lain

Selain setumpuk manfaat yang telah disebutkan di atas, jeruk masih memiliki aneka manfaat lain, di antaranya berikut ini:

Mengonsumsi jeruk dapat mengurangi panas perut, menyembuhkan penyakit empedu, serta penyakit wasir.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan vitamin C dalam jeruk dapat mengobati panas dalam, dan menyembuhkan sariawan.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi satu buah jeruk manis setiap hari dapat menekan risiko stroke hingga 19%.

Jeruk memiliki enzim pektin, yang berfungsi menurunkan LDL (kolesterol jahat), memperkecil penyumbatan pembuluh darah, dan memperkecil risiko serangan jantung.

Merendam biji jeruk manis di dalam air hangat, kemudian airnya diminum, dapat membantu menetralisir racun dalam tubuh.

Jeruk merupakan sumber alami asam folik yang mengurangi risiko wanita hamil melahirkan bayi dengan down syndrome. Asam folik juga membantu mencegah penyakit fatal yang berkaitan dengan usia, seperti penyakit jantung dan Alzheimer.

Sari jeruk manis bermanfaat dalam menyembuhkan gangguan pendarahan karena wasir, menyembuhkan demam, mengurangi keasaman darah, memperlancar pengeluaran air seni, serta mengatur pengeluaran cairan empedu.

Air jeruk manis yang ditambah sedikit lada dan garam, bermanfaat mengobati gangguan pencernaan. Sementara itu, air jeruk manis yang ditambah sedikit garam dan madu berkhasiat mengatasi gangguan bronkhitis, asma, tuberkulosis (TBC), dan masuk angin.

Kulit jeruk manis berkhasiat melembutkan kulit dan mengusir bintik hitam pada raut wajah. Caranya, rebus kulit jeruk hingga mendidih, lalu saring. Minum airnya dalam kondisi hangat, satu gelas per hari selama 3 bulan.

Meletakkan kulit jeruk pada lemari pakaian dapat mencegah ngengat atau tungau yang biasa menempal pada pakaian. Aroma kulit jeruk juga bisa menetralisir udara kotor. Selain itu, apabila ditahan di mulut (dikulum-kulum), kulit jeruk bisa mengharumkan atau mengurangi bau mulut tak sedap. Terakhir, apabila digunakan sebagai campuran makanan, kulit jeruk dapat membantu proses pencernaan.

Baca juga: Aneka Manfaat Ceremai untuk Kesehatan