Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

 Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menghilangkan sel kulit mati

Sel-sel kulit mati kerap tertumpuk pada lapisan kulit kita, sehingga menjadikan kulit tampak keras, kusam, bahkan kehitaman. Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat menipiskan tumpukan sel kulit mati tersebut, sehingga penyumbatan pori-pori kulit dapat berkurang, dan kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

Menyediakan karbohidrat rendah

Jeruk mengandung karbohidrat, namun bukan jenis karbohidrat yang membuat Anda gemuk, melainkan karbohidrat yang menyehatkan. Kadar indeks glikemik dalam jeruk hanya 40, sehingga tergolong rendah dan bagus untuk kesehatan.

Menstabilkan asam dalam tubuh

Mengonsumsi jeruk diketahui dapat membantu menyeimbangkan kadar keasaman dalam tubuh, sehingga membantu mendukung kesehatan.

Menjaga kesehatan kulit

Jeruk mengandung betakaroten, yaitu antioksidan yang membantu menjaga kulit dari polusi udara dan panas matahari. Antioksidan dalam jeruk juga membantu mengatasi sel-sel kulit mati hingga membuat kulit senantiasa sehat. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya konsumsi buah jeruk secara rutin meski tidak perlu banyak-banyak.

Menstabilkan tekanan darah

Jeruk memiliki kandungan flavonoid, yaitu senyawa yang aktif dalam menstabilkan tekanan darah. Karena itu, mengonsumsi jeruk dapat memberi manfaat bagi penderita anemia, maupun penderita tekanan darah tinggi.

Menyehatkan mata

Jeruk mengandung karotenoid, yaitu zat yang dapat diubah menjadi vitamin A, sebagaimana vitamin A yang terdapat dalam wortel. Karenanya, rutin mengonsumsi jeruk juga membantu menjaga kesehatan mata.

Mengatasi konstipasi

Konstipasi atau sembelit dapat diatasi dengan mengonsumsi jeruk. Kandungan serat yang terdapat dalam jeruk tidak hanya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, tetapi juga melancarkan pencernaan dengan memudahkan buang air besar.

Melawan virus

Virus pembawa penyakit dapat masuk dan menyerang tubuh kapan pun. Dalam hal ini, jeruk memiliki manfaat dalam melawan virus yang masuk ke tubuh, karena zat polifenol yang terkandung di dalamnya. Polifenol adalah zat penting yang berfungsi mengusir setiap virus asing yang masuk ke tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C yang terdapat di dalam jeruk merupakan nutrisi penting dalam hal membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang ampuh dalam menjaga sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit atau kanker.

Menurunkan kadar kolesterol

Rutin mengonsumsi jeruk diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Karenanya, penderita kolesterol bisa rajin mengonsumsi buah ini.

Mencegah batu ginjal

Jus jeruk adalah minuman yang menyegarkan. Selain itu, rutin mengonsumsi jus jeruk juga diketahui dapat mencegah batu ginjal, atau bahkan mengatasi batu ginjal yang susah dikeluarkan.

Meski begitu, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi jus jeruk, karena kandungan gula yang pecah—ketika jeruk diolah menjadi jus—dapat berefek pada masalah gigi berlubang.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan (3)