Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan (1)

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

BIBLIOTIKA - Siapa yang tak kenal jeruk? Di antara buah-buahan lain, jeruk adalah salah satu buah yang sangat terkenal. Daging buahnya unik, rasanya kadang manis, asam, atau kecut, tapi menyegarkan. Jeruk juga terkenal sebagai sumber vitamin C dalam kadar tinggi.

Sebenarnya, kandungan nutrisi dalam jeruk tidak hanya sebatas vitamin C, tetapi juga vitamin A dan vitamin B. Jeruk merupakan sumber mineral seperti kalsium, zat besi, natrium, tembaga, fosfor, kalium, magnesium, dan sulfur, hingga klorin. Kemudian, dalam 100 gram buah jeruk terdapat kandungan 60 kalori.

Energi itu tersedia dalam bentuk gula yang dapat diserap oleh tubuh kita dengan mudah. Karenanya, jus jeruk sering diberikan kepada orang yang tubuhnya lemah karena sakit, untuk memulihkan kesehatan. Jus jeruk juga merupakan minuman segar yang baik untuk memulihkan kebugaran setelah tubuh mengalami kelelahan panjang.

Nilai gizi jeruk sejak lama telah diketahui sangat baik dalam mengatasi beberapa masalah seperti gangguan pencernaan, sembelit, gangguan usus, dan dispepsia. Jeruk juga sangat baik dalam merawat organ tubuh kita seperti perawatan gigi, gusi, dan kesehatan tulang.

Selain kaya vitamin dan mineral, jeruk juga mengandung serat makanan yang esensial bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh normal. Nilai serat dalam satu buah jeruk manis setara dengan 12 persen yang dibutuhkan tubuh per hari. Fungsi serat sangat penting, antara lain membantu melancarkan proses pencernaan.

Di samping vitamin C, kandungan senyawa yang penting dalam jeruk adalah potassium dan folic acid, yang dapat berfungsi dalam menghambat sel-sel kanker. Selain kaya serat, jeruk juga mengandung hesperidin yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kolesterol, serta menurunkan tekanan darah.

Wanita disarankan untuk mengonsumsi buah jeruk, karena kandungan lycopene yang ada di dalamnya dapat mencegah penyakit kanker payudara. Bagi ibu hamil, jeruk manis dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Sedangkan bagi anak-anak, kandungan flavonoid di dalam jeruk dapat menjadi sel imun dan antibodi yang berguna untuk kekebalan tubuh, agar tidak mudah terserang flu dan pilek.

Berdasarkan kenyataan itu, Anda bisa memberikan minuman jeruk peras pada anak-anak, sebagai pengganti minuman lain di pasaran. Meski begitu, sangat disarankan untuk membuat minuman jeruk sendiri di rumah, bukan membeli minuman jeruk manis dalam kemasan atau sachet, karena umumnya mengandung bahan pewarna dan pengawet.

Meski ada beberapa jenis jeruk—termasuk jeruk bali, jeruk nipis, jeruk mandarin, dan lain-lain—namun uraian ini hanya akan membahas jeruk yang biasa kita temukan. Berikut ini uraian manfaat jeruk dalam menunjang kesehatan.

Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk memiliki peran sebagai antioksidan. Selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, peran antioksidan juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga elastisitas kulit lebih terjaga.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan (2)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar