Aneka Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Jambu air (Syzygium aqueum) adalah jenis jambu yang mengandung banyak air. Meski bentuknya mirip jambu biji, namun jambu air berbeda dengan jambu biji. Jika jambu biji relatif kering, jambu air memiliki kandungan air berlimpah.

Asal usul tumbuhan jambu air tidak diketahui dengan pasti, namun diperkirakan dari wilayah Asia Tenggara. Sejak dulu, tanaman ini telah dipelihara sebagai pohon buah-buahan di kawasan Asia, mulai dari wilayah Indocina hingga ke bagian timur Nusantara. Jambu air memiliki rasa manis dan asam yang menyegarkan, serta dapat menjadi pengobat rasa haus karena kandungan airnya yang banyak.

Selain kaya kandungan air, jambu air juga kaya vitamin C, serat makanan, vitamin A, kalsium, thiamin, niacin, besi, dan kalium. Senyawa organik di dalamnya mengandung jambosine, asam betulinic, dan lain-lain. Karena kandungan nutrisinya yang kaya, jambu air pun memiliki manfaat dalam kesehatan, yang di antaranya berikut ini.

Menjaga kesehatan kulit

Dalam 100 gram jambu air, kira-kira terdapat 93 gram air. Karenanya, selain dapat menjadi pencuci mulut, jambu air juga dapat memberi asupan air bagi tubuh yang menyegarkan. Dampak positif cairan tubuh yang tercukupi adalah kulit terlihat lebih segar dan tidak kering.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam jambu air juga memiliki peran dalam merawat kecantikan kulit. Vitamin C membantu melancarkan darah, menstimulasi tumbuhnya kolagen bagi kulit, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Membantu mengontrol diabetes

Salah satu senyawa yang terdapat dalam jambu air adalah jambosine, yang diketahui dapat membantu mengatur konversi pati menjadi gula. Hal itu merupakan sesuatu yang penting bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko mengembangkan diabetes.

Menyehatkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam jambu air memiliki manfaat dalam membantu tubuh untuk lebih mudah mengatur perjalanan makanan melalui saluran cerna, sehingga dapat menjauhkan masalah seperti sembelit. Biji jambu air bahkan memiliki khasiat dalam mencegah diare dan disentri.

Mencegah kanker

Penelitian menemukan bahwa menambahkan jambu air dalam diet dapat mencegah kanker. Hal itu dimungkinkan, karena jambu air mengandung senyawa organik berupa vitamin A dan vitamin C yang memang dikenal efektif dalam menangkal masalah kanker.

Mengeluarkan racun tubuh

Selama ratusan tahun, rebusan jambu air telah dimanfaatkan sebagai zat diuretik untuk membersihkan hati dan ginjal. Selain itu, rebusan jambu air juga membantu dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan efisiensi metabolisme tubuh.

Menyehatkan jantung

Kandungan serat dan nutrisi dalam jambu air diketahui memiliki efek signifikan dalam hal mengontrol kadar kolesterol. Mengonsumsi jambu air juga diketahui membantu mencegah komplikasi kardiovaskular, seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai senyawa dalam jambu air diketahui memiliki efek antimikroba dan antijamur. Penelitian menemukan bahwa kandungan jambu air dapat melindungi kulit dari serangan infeksi, sekaligus membantu kekuatan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi penyakit karena infeksi.

Mencegah dehidrasi

Kandungan terbesar buah jambu air adalah air. Karenanya, memakan jambu air dapat menambah cairan tubuh, yang artinya dapat mencegah kemungkinan dehidrasi. Kandungan air yang melimpah pada jambu air juga dapat membantu kesehatan ginjal serta pencernaan, dan meningkatkan mood.

Meningkatkan kesuburan

Kandungan vitamin C dalam jambu air juga dikenal sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh, termasuk memeperbaiki kesehatan sel yang mungkin rusak. Selain itu, antioksidan dalam vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dengan lebih baik.

Melindungi kesehatan mata

Selain vitamin C, jambu air juga memiliki kandungan vitamin A yang baik dalam menunjang kesehatan mata.

Mencerahkan kulit

Kulit yang kusam serta berkerut disebabkan oleh oksidasi senyawa pada tubuh. Kandungan vitamin C dalam jambu air dapat membantu mengikat jaringan kulit satu dengan yang lain, sehingga kulit lebih elastis dan lebih kencang. Selain itu, kadar vitamin C yang tinggi dalam jambu air juga membantu mencerahkan kulit.

Catatan:

Meski jambu air memiliki banyak manfaat dalam kesehatan, namun mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik, bahkan dapat menyebabkan batuk serta filum di paru-paru, serta sakit pada tenggorokan dan dada. Sangat disarankan untuk mengombinasikan konsumsi dengan buah-buahan lain jika Anda mengonsumsi buah jambu air.

Baca juga: Aneka Manfaat Jeruk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar