Aneka Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Melancarkan peredaran darah

Lebih dari separuh bagian tubuh kita terdiri dari air, dan itulah penyebab kenapa kita selalu disarankan untuk mencukupi kebutuhan air bagi tubuh. Kecukupan air dalam tubuh, di antaranya bermanfaat dalam menjaga kekentalan darah dalam sistem peredaran darah di tubuh kita.

Buah gandaria mengandung air dalam jumlah banyak, sehingga dapat membantu dalam hal itu. Mengonsumsi jus gandaria dapat memberi asupan yang baik untuk membantu melancarkan peredaran darah.

Menjaga kesehatan otak

Tak jauh beda dengan organ tubuh kita yang lain, otak juga membutuhkan pasokan air, untuk mempertahankan fungsinya dengan baik. Karenanya, memberi asupan air yang cukup untuk tubuh sama artinya memberi asupan air yang cukup untuk organ-organ, termasuk otak, agar dapat lancar menjalankan fungsinya.

Menjaga kesehatan paru-paru

Jika otak dibutuhkan untuk berpikir, paru-paru dibutuhkan tubuh untuk bernapas. Sebagaimana otak, paru-paru juga membutuhkan asupan air agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Mengonsumsi buah gandaria dapat memenuhi kebutuhan tersebut, karena buah ini memiliki kandungan air yang tinggi.

Menetralisir racun dalam tubuh

Terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh sangat penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi organ tubuh. Fungsi air dalam tubuh, di antaranya adalah membantu mengatur suhu tubuh dengan proses keluarnya keringat.

Hal itu baik untuk membersihkan kotoran serta racun-racun tubuh. Selain itu, air yang masuk ke dalam tubuh akan membantu proses reabsorpsi lebih cepat, sehingga urin dapat mengeluarkan limbah tubuh dengan baik.

Mengatasi sembelit

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, buah gandaria juga memiliki serat yang sama tinggi. Dua hal itu sangat baik dalam membantu mengatasi masalah seperti sembelit atau susah buang air besar, karena air dan serat dapat membantu proses penyerapan makanan menjadi lebih lancar dan cepat.

Membantu program diet

Serat adalah salah satu elemen penting dalam kesuksesan program diet. Saat tubuh mendapat asupan serat dalam jumlah cukup, proses pencernaan akan lebih baik dan lebih lancar. Itu menjadikan tubuh mudah membuang limbah atau kotoran. Kandungan serat dalam buah gandaria cukup tinggi untuk membantu hal tersebut, selain memberi perasaan kenyang lebih lama.

Menurunkan kadar kolesterol

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan membuangnya bersama feses. Kandungan serat tinggi dalam buah gandaria dapat membantu mengikat kolesterol secara efektif, sehingga menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Serat juga diketahui merupakan penangkal yang baik dalam melawan penyakit jantung. Penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan serat 26 g per hari menurunkan risiko penyakit jantung 40%.

Menurunkan risiko diabetes

Selain risiko penyakit jantung, serat juga membantu menurunkan risiko diabetes. Studi yang dilakukan American Medical Association menemukan bahwa konsumsi serat yang cukup dapat mencegah diabetes. Jenis serat yang baik dalam hal ini adalah serat yang larut dalam air, seperti misalnya yang terkandung dalam buah gandaria.

Menjaga kesehatan mata

Buah gandaria juga memiliki kandungan betakaroten, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Betakaroten adalah nutrisi yang cepat berubah menjadi vitamin A yang diserap tubuh. Salah satu fungsi vitamin A yang penting adalah menjaga kesehatan mata.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatan