Aneka Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan (1)

Aneka Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Gandaria (Bouea macrophylla) berasal dari beberapa daerah Asia Tenggara, dan menyebar ke pulau-pulau di samping timurnya hingga ke India. Di Indonesia, gandaria mempunyai penyebaran yang sempit. Yaitu di Pulau Sumatera, beberapa wilayah di Jawa, Maluku, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan serta Sulawesi Utara, dan Papua. Pohon gandaria tumbuh di hutan-hutan, atau ditanam di desa-desa sebagai tanaman buah. Tumbuhan gandaria dapat hidup di ketinggian 5-800 mdpl.

Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, lalu berubah menjadi kuning atau oranye saat mulai masak. Buah ini memiliki ukuran rata-rata sebesar bola bekel, dan memiliki biji berwarna ungu muda. Rasanya asam manis, dan sering dikonsumsi sebagai rujak, manisan, lalapan, atau untuk campuran sambal.

Selain kandungan air yang kaya, buah gandaria juga memiliki kandungan vitamin C serta serat yang sama banyak. Berikut ini kandungan nutrisi dalam buah gandaria per 100 gram:
  1. Air: 86,6 g
  2. Protein: 40 mg
  3. Lemak: 20 mg
  4. Karbohidrat: 11,3 g
  5. Serat: 150 mg
  6. Niacin: 0,5 mg
  7. Vitamin C: 100 mg
  8. Kalsium: 9 mg
  9. Fosfor: 4 mg
  10. Zat besi: 0,3 mg
  11. Betakaroten: 23 mg
  12. Thiamine: 0,11 mg
  13. Riboflavin: 0,05 mg

Karena kandungan nutrisinya yang kaya, buah gandaria sejak lama diketahui dapat membantu kesehatan, termasuk memelihara kesehatan kulit, mempercepat kesembuhan luka, meningkatkan ketahanan badan, menghindari kanker, mengatasi sariawan, memperlancar peredaran darah, melindungi kesehatan otak, melindungi paru-paru, menetralkan toksin, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain. Berikut ini uraian manfaat buah gandaria dalam hal kesehatan.

Menjaga kesehatan kulit

Buah gandaria memiliki kandungan vitamin C dalam kadar tinggi, dan hal itu membantu dalam pembentukan jaringan kolagen yang merawat kesehatan kulit. Betakaroten dalam buah gandaria juga memberi manfaat yang sama baik untuk kulit. Sementara kandungan air yang tinggi dalam buah gandaria menjaga kulit senantiasa lembap dan sehat.

Mempercepat penyembuhan luka

Selain membantu dalam pembentukan kolagen, buah gandaria juga memiliki manfaat dalam membantu metabolisme protein. Vitamin C dan protein yang terkandung dalam buah gandaria membantu meregenerasi sel-sel tubuh. Dalam hal itu, salah satu manfaat yang bisa diperoleh adalah mempercepat kesembuhan luka yang mungkin sedang dialami.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah gandaria memiliki kandungan air yang tinggi, dan kadar air itu membantu proses penyerapan zat besi hingga lebih efektif. Hasilnya, tubuh akan memiliki daya tahan yang lebih kuat, sehingga tidak rentan terhadap serangan virus atau kuman penyebab penyakit.

Menjaga kesehatan pencernaan

Masih terkait dengan kandungan air dalam buah gandaria, kandungan air tersebut sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh kita. Selain itu, buah gandaria juga memiliki kandungan serat yang sama dibutuhkan tubuh untuk melakukan proses penyerapan makanan lebih cepat dan lancar.

Menurunkan risiko kanker

Penelitian yang pernah dilakukan terhadap responden wanita menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 26 g serat dalam sehari memiliki risiko kanker lebih kecil hingga 25 persen dibandingkan wanita yang kurang mengonsumsi serat. Buah gandaria memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan risiko kanker.

Mengatasi sariawan

Salah satu dampak kekurangan vitamin C yang umum adalah timbulnya sariawan. Kaenanya, penderita sariawan pun disarankan untuk rajin mengonsumsi vitamin C, termasuk vitamin C dari buah-buahan. Kebutuhan harian tubuh terhadap vitamin C adalah 60 mg. Dalam hal ini, buah gandaria memiliki kandungan vitamin C lebih dari 60 mg, sehingga baik untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, termasuk mengatasi sariawan.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Gandaria untuk Kesehatan (2)