10 Film dengan Durasi Paling Lama di Dunia

Tidak ada komentar :
10 Film dengan Durasi Paling Lama di Dunia

BIBLIOTIKA - Banyak orang menyukai menonton film. Selain memberi hiburan, film juga sering kali memberi inspirasi, wawasan, dan pengetahuan baru. Biasanya, film dibuat dengan durasi antara 1 sampai 2 jam. Beberapa film tertentu, karena jalan ceritanya yang panjang, kadang sampai berdurasi 2 jam lebih. Namun, umumnya, sangat jarang ada film yang mencapai durasi 3 atau 4 jam.

Karena hal itu pula, orang pun mempersepsikan kalau durasi umum untuk film memang sekitar 2 jam. Bisa kurang, bisa lebih. Yang jelas, 2 jam dianggap durasi normal untuk menonton film, karena tidak terlalu lama, juga tidak terlalu cepat.

Namun, ternyata, di dunia ada film-film yang memiliki durasi sangat gila, karena durasi filmnya tidak sekadar 2 jam atau 4 jam, tapi sampai puluhan hingga ratusan jam, sehingga ada film yang durasinya sampai berhari-hari! Berikut ini 10 film yang memiliki durasi paling lama di dunia.

10. The Clock (24 jam)

Film ini merupakan karya seni instalasi dari Christian Marclay. Film ini menampilkan cuplikan klip selama 24 jam film-film ikonik, yang mereferensikan waktu dalam sehari.

9. Four Stars (25 jam)

Film ini dibuat oleh seniman pop art terkenal, Andy Warhol. Film yang dibuat pada 1967 ini terdiri dari 83 gulungan, yang masing-masing berlangsung sekitar 30 menit.

8. The Longest Most Meaningless Movie in the World (2 hari/48 jam)

Film berdurasi dua hari atau 48 jam ini berisi kompilasi film yang tak selesai, iklan, potongan berita, dan beberapa klip cuplikan. Film ini bercerita seperti judulnya, yakni Meaningless atau "tidak berarti".

7. The Cure for Insomnia (3 hari, 15 jam atau 87 jam)

Film ini bercerita pembacaan puisi yang dilakukan oleh aktris L D Groban. Ia membaca 4.080 halaman puisi yang berjudul A Cure for Insomnia. Selain itu, juga terdapat beberapa potongan klip porno dan heavy metal.

6. Matrjoschka (3 hari, 23 jam atau 95 jam)

Film ini dibuat oleh seorang sutradara asal Jerman, Karin Hoeler. Dalam film ini, terlihat gambar-gambar seorang anak laki-laki yang mengendarai sepeda, sebuah jalan, rumah-rumah, garasi, dan langit.

5. Untitled #125 Hickory (5 hari atau 120 jam)

Film ini merupakan karya seni dari Josh Azzarella. Ia mendasarkan pada 6 menit dan 30 menit The Wizard of Oz saat penonton melihat tornado.

4. Beijing 2003 (6 hari, 6 jam atau 150 jam)

Film ini merupakan film dokumenter tempat sang artis, Ai Wei Wei, tinggal. Film ini menunjukkan cuplikan pandang dari sebuah mobil yang melaju di setiap jalan di jalan lingkar Beijing.

3. Cinematon (7 hari, 18 jam atau 186 jam)

Sutradara asal Perancis, Gerard Courant, adalah pembuat film ini. Ia mengombinasikan 2.792 buku catatan dari tahun 1978 hingga 2006. Film ini terdiri dari klip pendek selebritas, seniman, jurnalis, dan teman-teman sutradara. Klip-klip tersebut disusun secara acak dan memakan waktu 35 tahun dalam pembuatannya.

2. Modern Times Forever (10 hari atau 240 jam)

Film ini diputar di depan gedung Stora Enso di Helsinki, Finlandia, pada 2011. Ia menunjukkan sejarah selang waktu suatu bangunan dalam rentang beberapa ribu tahun.

1. Ambiancé (30 hari atau 720 jam)

Film ini dibuat oleh sutradara asal Swedia, Anders Weberg. Rencananya, film ini akan dirilis pada 31 Desember 2020, dan akan diputar secara global. Setelah film selesai diputar, Weberg akan menghancurkan film yang digadang-gadang akan menjadi film terakhirnya tersebut.

Meski akan diputar pada tahun 2020, film ini telah merilis cuplikannya, yang durasi waktunya juga lama, yakni 7 jam lebih.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar