Aneka Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan ~ 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menyehatkan jantung

Penelitian menemukan bahwa rutin mengonsumsi sari buah ceri asam dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan molekul protein yang terlibat dalam pembentukan plak ateroskeloris, yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Ceri juga memiliki kandungan potasium yang membantu mengatur detak jantung serta tekanan darah dalam tubuh.

Menangkal radikal bebas

Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam buah ceri bermanfaat untuk menangkal efek radikal bebas, sehingga bisa membantu mencegah penuaan dini dan mencegah kanker. Kandungan antiinflamasi dalam buah ceri juga berkhasiat mencegah penyakit jantung.

Selain itu, buah ceri juga cocok dijadikan camilan atau makanan penutup, karena berkhasiat sebagai serat yang bisa memperlancar pencernaan, serta memelihara berat badan karena kandungan kalorinya rendah.

Baik untuk diabetes

Buah ceri memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Karenanya, buah ceri baik untuk dikonsumsi orang yang memiliki masalah diabetes, selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Berdasarkan penelitian, ceri juga dapat meningkatkan produksi insulin hingga 50%. Insulin meningkat saat dirangsang dengan antosianin dalam ceri. Produksi insulin bahkan meningkat hingga hampir 2 kali lipat saat terkena paparan antosianin yang paling aktif.

Mencegah stroke

Penelitian menemukan bahwa sari buah ceri asam tidak hanya menyediakan manfaat kesehatan kardiovaskular seperti obat-obatan yang biasa diresepkan dokter, namun juga mengurangi risiko stroke, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi yang signifikan, serta membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan risiko kanker

Mengonsumsi buah yang kaya antioksidan, termasuk ceri, dapat membantu menurunkan risiko kanker. Studi juga menemukan bahwa mengonsumsi ceri atau jus ceri secara rutin dapat membantu menghindarkan kanker usus besar.

Sebagai antiinflamasi

Rutin mengonsumsi ceri diketahui dapat membantu menurunkan inflamasi pada tubuh, mengurangi risiko radang sendi, encok, dan masalah asam urat.

Memperbaiki memori

Penelitian menemukan bahwa rutin mengonsumsi ceri dapat meningkatkan kualitas dan fungsi ingatan atau memori. Hal itu dimungkinkan, karena ceri mengandung antioksidan yang baik dalam mendukung hal tersebut.

Menurunkan tekanan darah

Ceri mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah, dengan menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh. Hal tersebut juga menjadikan kalium dan natrium dalam keseimbangan, sehingga secara tak langsung mencegah hipertensi.

Menurunkan kolesterol buruk

Ceri memiliki kandungan zat pektin, yaitu serat larut yang membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol buruk. Buah ini juga memiliki antioksidan kuat yang bermanfaat dalam pencegahan kanker dan penyakit kardiovaskular.

Meringankan nyeri dan sakit kepala

Penelitian yang dilakukan di East Lansing’s Michigan State University, menunjukkan bahwa jika Anda mengidap arthritis atau sakit kepala kronis, memakan semangkuk ceri dalam sehari bisa meringankan rasa sakit Anda. Mengonsumsi ceri juga dapat mengurangi asam urat dalam darah yang merupakan penyebab nyeri, reumatik, dan bengkak.

Mendukung program diet

Ceri mengandung nutrisi yang tinggi, sehingga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ceri memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga aman dikonsumsi. Hal itu tentu berguna bagi yang ingin menurunkan berat badan, karena ceri secara tak langsung ikut mendukung program diet yang sedang dijalani.

Membantu detoksifikasi

Mengonsumsi ceri juga dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh, secara alami. Dibandingkan melakukan detoks dengan cara lain, detoks dengan konsumsi ceri tentu lebih aman.

Mencegah penyakit kronis

Kandungan antosianin dalam buah ceri bermanfaat sebagai antiinflamasi. Karenanya, konsumsi ceri secara rutin dapat membantu mencegah penyakit berat atau kronis.

Meningkatkan gairah suami istri

Ada baiknya suami istri rutin mengonsumsi ceri, karena buah ini mengandung vitamin A dan C dalam dosis tinggi. Kombinasi vitamin itu memiliki khasiat dalam meningkatkan gairah pasangan suami istri.

Efektif untuk diuretik

Kandungan kalium dalam ceri memiliki khasiat untuk diuretik yang efektif. Sistem diuretik yang baik akan menjaga teraturnya proses pembuangan urin.

Merawat kesehatan kulit

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, buah ceri dapat membantu mengurangi masalah yang terjadi pada kulit. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi satu gelas jus ceri dapat mencegah penuaan, dan merawat kulit senantiasa awet muda.