Aneka Manfaat Sawo untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Sawo untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Sawo adalah buah tropis yang memiliki rasa manis, khususnya yang telah matang. Buah ini diperkirakan berasal dari Amerika tengah, tepatnya Meksiko, lalu dibudidayakan di berbagai tempat, termasuk Indonesia. Ada tiga varian sawo yang populer, yaitu sawo manila, sawo duren, dan sawo mentega.

Sawo manila berbentuk lonjong, mengandung banyak air, dan memiliki daging buah yang tebal. Sawo manila adalah jenis sawi yang paling populer di Asia Tenggara. Kemudian, sawo duren, memiliki bentuk bulat hingga bulat telur, dengan kulit buah licin mengilap, kulitnya agak tebal, banyak mengandung lateks, dan tidak dapat dimakan. Sedangkan sawo mentega berbentuk bulat telur terbalik dan memanjang, berwarna hijau mengilap, dan memiliki rasa yang manis.

Sebagaimana buah-buahan lain, sawo juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram buah sawo, terkandung aneka nutrisi berikut ini:
  1. Kalori: 92 kkal
  2. Protein: 0,5 gr
  3. Lemak: 1,1 gr
  4. Karbohidrat: 22,4 gr
  5. Kalsium: 25 mg
  6. Fosfor: 12 mg
  7. Zat besi: 1 mg
  8. Vitamin A: 60 IU
  9. Vitamin B1: 0,01 mg
  10. Vitamin C: 21 mg

Berikut ini uraian manfaat buah sawo dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Memberi nutrisi untuk mata

Sawo merupakan sumber vitamin A yang melimpah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi sebagai upaya memberi nutrisi bagi kesehatan mata. Vitamin A memiliki kemampuan dalam menyehatkan mata, sehingga kemampuan penglihatan selalu terjaga.

Menangkal kanker

Buah berwarna cokelat ini memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menjaga tubuh dari kemungkinan terserang penyakit kanker, khususnya kanker paru dan kanker rongga mulut.

Menjaga kesehatan tulang

Seiring usia, kekuatan tulang kita semakin menurun. Mengonsumsi sawo secara rutin dapat membantu mengatasi hal itu, karena sawo memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi. Ketiga zat tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta menurunkan risiko osteoporosis.

Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi mungkin bukan penyakit yang berat. Namun, perasaan susah buang air besar dapat menyiksa siapa pun yang kebetulan mengalami. Jika Anda kebetulan mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar, Anda bisa mengonsumsi sawo. Kandungan serat di dalamnya dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E di dalam sawo dapat membantu menjaga kesehatan kulit, khususnya menjaga elastisitas kulit. Rutin mengonsumsi sawo dapat membantu Anda senantiasa awet muda, dengan kulit yang cerah. Meski begitu, kalau Anda kebetulan menderita diabetes, konsumsi sawo perlu dibatasi.

Memproduksi sel darah merah

Penelitian menemukan bahwa sawo memiliki kandungan asam folat sebesar 14 mkg/100 g. Asam folat diperlukan tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Mendukung pertumbuhan tulang

Konsumsi sawo pada orang tua dapat membantu mencegah kemungkinan oteoporosis. Sedangkan konsumsi sawo pada anak-anak dan remaja dapat membantu pertumbuhan tulang mereka. Hal itu dimungkinkan, karena sawo memiliki kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Mencegah kanker usus

Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo tidak hanya bermanfaat dalam menjaga dan melancarkan pencernaan, namun juga dapat mencegah serangan kanker dalam usus.

Mencegah infeksi

Sawo memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C dalam kadar cukup tinggi. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Sedangkan vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan pencegahan infeksi.

Menjaga kesehatan gigi

Kandungan fosfor dan kalium yang tinggi di dalam buah sawo tidak hanya membantu menjaga tulang yang sehat, namun juga dapat membantu memelihara kesehatan gigi. Meski begitu, sawo tidak dianjurkan untuk dikonsumsi balita, karena dapat mengganggu pencernaannya.

Mengatasi disentri

Untuk mengatasi disentri, Anda bisa menyiapkan buah sawo yang masih muda, lalu dihaluskan dan dicampur garam secukupnya, kemudian dimakan dua kali sehari.

Mengatasi radang mulut

Tidak hanya buah sawo, daun sawo juga memiliki khasiat, salah satunya untuk mengatasi radang mulut. Caranya, ambil satu mangkuk daun sawo, lalu dicincang, dan direbus dengan 2 gelas air. Tunggu selama 10 menit, lalu gunakan air rebusan itu untuk berkumur.

Mengatasi diare

Untuk mengatasi diare, Anda bisa memanfaatkan getah sawo. Caranya, ambil 15 tetes getah dari buah sawo yang masih muda, lalu seduh dengan setengah gelas air panas, dan minum sekaligus setelah dingin atau hangat.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan buah sawo yang masih muda, dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutan itu diperas dan disaring. Jika dibutuhkan, tambahkan sedikit air matang, lalu diminum dua kali sehari.

Baca juga: Aneka Manfaat Salak untuk Kesehatan