Aneka Manfaat Buah Rambusa untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Rambusa untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Rambusa (Passiflora foetida) adalah buah kecil berbentuk bulat dan berwarna kuning cerah, yang dihasilkan tanaman merambat. Umumnya, rambusa ditanam sebagai tanaman pagar atau tanaman penutup tanah untuk melindungi tanah dari erosi. Pohon rambusa dapat tumbuh setinggi 1,5 sampai 5 meter. Di Aceh, buah rambusa dikenal dengan nama “boh rambut bue” atau “rambutan monyet”.

Tanaman rambusa diperkirakan berasal dari Amerika Selatan, dan kini banyak tumbuh liar di berbagai tempat. Tanaman ini mudah dijumpai di daerah perdesaan, karena umumnya rambusa tumbuh liar di hutan, perkarangan rumah, dan perkarangan yang berumput.

Buah rambusa berukuran kecil, dan terbungkus selaput mirip bulu atau jaring-jaring. Rasa buahnya merupakan campuran antara asam dan manis, khususnya yang telah matang. Sayangnya, buah yang masih muda mengandung racun. Hal itu tampaknya menjadikan buah ini tidak populer.

Sebenarnya, rambusa memiliki kandungan nutrisi yang baik, sebagaimana umumnya buah-buahan. Rambusa memiliki kandungan air sebanyak 64,2 ml dan serat sebanyak 9,8 gram; memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh, di antaranya mineral sodium sebanyak 2 mg, mineral potassium sebanyak 491 mg, mineral kalsium sebanyak 10 mg, mineral magnesium sebanyak 4 mg, zat besi sebanyak 8,4 mg, serta seng sebanyak 1,1 mg.

Rambusa juga memiliki kandungan kalsium sebesar 10 mg, yang sangat penting untuk kesehatan gusi, tulang, serta gigi. Selain itu, rambusa juga memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat dalam menghidupkan sel-sel darah merah dalam tubuh kita. Mineral ini dapat mencegah penyakit anemia, batuk, dan anemia pada saat hamil. Kandungan mineral yang paling dominan dalam buah rambusa adalah potassium, kalsium, dan zat besi.

Mineral potassium sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya dapat menguatkan otot, mencegah stroke, menormalkan tekanan darah, mengurangi stres dan gelisah, menyembuhkan gangguan ginjal serta hati, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, menjaga sistem saraf, dan lain-lain. Berikut ini uraian manfaat buah rambusa dalam menjaga kesehatan.

Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium yang tinggi dalam buah rambusa bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang, menjaga kepadatan tulang, dan menghindarkan risiko terkena osteoporosis.

Mencegah anemia

Buah rambusa memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu tubuh memproduksi sel-sel darah merah, sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit anemia.

Mencegah kanker

Rambusa memiliki kandungan zat antroksidan, yang terdiri dari vitamin C, flavonoid, dan potassium, yang memiliki kemampuan dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker dan kerusakan jaringan kulit.

Mengontrol tekanan darah

Kandungan fitonutrisi dalam buah rambusa sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Menjaga kesehatan gusi dan gigi

Selain membantu menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium di dalam buah rambusa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Mengatasi masalah ginjal

Buah rambusa mengandung mineral, yang memiliki kemampuan dalam membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam proses ekskresi urin.

Mengurangi stres

Kandungan senyawa di dalam buah rambusa dapat membantu meningkatkan hormon rasa senang pada tubuh, dan dapat menstabilkan saraf-saraf pusat sehingga tubuh dan otak lebih rileks.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Raspberry untuk Kesehatan