Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan ~ 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah dan mengatasi obesitas

Plum memiliki kandungan serat yang bermanfaat dalam proses diet. Mengonsumsi plum dapat mencegah Anda dari risiko obesitas. Obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit komplikasi, misalnya gangguan jantung, diabetes, stroke, dan lainnya.

Jika Anda telah menderita obesitas, plum masih dapat menolong. Karena, selain mengandung serat yang baik, plum juga memiliki kandungan senyawa dalam mengatasi obesitas. Senyawa itu adalah flavonoid, fenolix (anthocyanin, asam klorogenat, quercetin, dan cathechin), yang berfungsi untuk menghindarkan seseorang dari efek buruk obesitas, dan bermanfaat sebagai anti-inflamasi.

Menjaga kesehatan tulang

Hal yang paling sering mengancam tulang adalah pengeroposan atau osteoporosis. Rutin mengonsumsi plum dapat mencegah kemungkinan osteoporosis, karena plum memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tulang. Plum mengandung flavonoid yang bermanfaat dalam menghambat kerusakan jaringan dalam tulang, sehingga orang lanjut usia atau wanita pasca menopause akan terhindar dari osteoporosis.

Kemudian, plum juga mengandung polifenol serta kalium yang memberi manfaat dalam pertumbuhan dan pembentukan tulang, menjaga dan meningkatkan kepadatan tulang, juga mencegah pengeroposan tulang yang diakibatkan hormon yang ada di dalam ovarium.

Menyehatkan pencernaan

Plum merupakan sumber serat yang baik, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, dan mencegah sembelit. Plum juga mengandung sorbitol, senyawa yang membantu kesehatan usus, juga senyawa isatol yang membantu mengatur sistem pencernaan.

Kemudian, plum juga memiliki kandungan senyawa isatin, yang—bersama sorbitol—dapat memberi efek pencahar, sehingga bisa mendorong sekresi cairan dalam usus, dan meningkatkan pembersihan limbah di dalam usus besar.

Mencegah terjadinya penurunan kognitif

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan kognitif. Saat hal itu terjadi, tubuh akan mudah mengalami penyakit semacam parkinson, Alzheimer, juga stroke. Plum mampu melindungi tubuh dari penurunan kognitif, karena mengandung flavonoid, yang merupakan zat paling dominan dalam mencegah terjadinya masalah tersebut.

Fitonutrisi dalam plum juga membantu menghindarkan tubuh dari peradangan akibat proses neurologis. Selain itu, fitonutrisi bermanfaat dalam meningkatkan memori otak, sehingga terhindar dari Alzheimer.

Sumber kolesterol baik

Ada kolesterol buruk, ada pula kolesterol baik. Dalam hal ini, buah plum mengandung kolesterol baik, yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit dan gangguan.

Kolesterol baik bermanfaat dalam mencegah hiperkolesterolemia dan juga hiperlipidemia, yang merupakan gangguan di dalam tubuh akibat kolesterol jahat. Mengonsumsi jus plum juga dapat membantu mempertahankan kolesterol sehat dalam hati.

Mengatasi diabetes

Plum termasuk buah yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, plum juga dapat membantu mengatasi penyakit tersebut. Plum memberi efek positif, berupa anti-hiperglikemia, dan efek itu bermanfaat untuk mengatasi diabetes. Mengonsumsi jus plum atau buah plum bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa, dan meningkatkan trigliserida di dalam tubuh.

Kemudian, zat flavonoid di dalam plum bermanfaat dalam memberi perlindungan terhadap kadar insulin, dan meningkatkan sensitivitas insulin yang ada di dalam tubuh.

Melancarkan sistem saraf

Plum juga baik dikonsumsi orang yang menderita masalah penyumbatan sistem saraf, karena kandungan vitamin B6 di dalam plum dapat membantu melancarkan sistem saraf. Selain vitamin, plum juga mengandung triptopan dan asam amino yang bermanfaat dalam memproduksi neurotransmitter serotonin, yang merupakan zat penting dalam membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan konsentrasi, dan menambah nafsu makan.

Menyehatkan sel dalam tubuh

Kandungan antioksidan dalam buah plum dapat menyehatkan sel-sel tubuh. Zat tembaga dalam buah plum dapat menjaga kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Plum juga dapat mencegah penyakit anemia, karena memiliki kandungan zat besi.

Mengatasi depresi

Mengonsumsi plum dapat membantu mengatasi depresi atau perasaan cemas yang berlebihan. Hal itu dimungkinkan, karena plum mengandung anxiolytic, asam chlorogenic, dan antioksidan, yang membantu menghilangkan depresi serta kecemasan.

Mengatasi flu

Senyawa lektin yang terkandung dalam buah plum dapat mengatasi masalah flu, karena senyawa tersebut berfungsi dalam menghambat dan mengobati infeksi virus influenza.

Menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi adalah plum, karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama kehamilan. Senyawa di dalam plum memiliki manfaat untuk kesehatan mata, perkembangan tulang janin, dan pembentukan sel janin.

Sekadar catatan, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi plum dengan menggunakan gula, karena gula dapat menyebabkan kadar gula naik, dan bisa menimblulkan efek yang tidak diinginkan.

Mencegah kanker

Zat pigmen dalam plum, yang disebut anthocyanin, mampu melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kandungan betakaroten di dalam plum juga mampu menghindarkan tubuh dari senyawa penyebab kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan rutin mengonsumsi buah plum, karena buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Tip memilih buah plum

Jika Anda belum terbiasa dengan buah plum, bisa jadi Anda kebingungan saat memilih buah plum ketika membeli. Tip berikut ini bisa membantu:

Plum yang dalam kondisi baik memiliki bau harum dan aroma yang manis.

Plum yang sudah matang akan terasa lunak saat ditekan. Sedangkan plum yang sudah busuk (akibat terlalu matang) terasa sangat lunak ketika ditekan.

Hindari memilih plum yang tampak memar atau terasa sangat lunak.

Hindari pula memilih plum yang kulitnya tampak cacat, misalnya terdapat luka goresan atau tusukan. Kondisi semacam itu bisa menjadikan kandungan gizi di dalamnya sudah tidak maksimal.

Baca juga: Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan