Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan (1)

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Anda mungkin biasa mendengar buah plum, tapi tidak atau jarang mendengar buah prem. Padahal, sebenarnya, “plum” adalah istilah Inggris. Dalam bahasa Indonesia, plum disebut “prem”. Namun, karena jarang digunakan, istilah “prem” kurang dikenal.

Buah plum atau prem berasal dari Cina, dan memiliki tiga kelompok, yaitu Eropa-Asia, Jepang, dan Damson. Cina menjadi penghasil buah plum terbesar di dunia, disusul Amerika Serikat, Serbia, dan Rumania. Di Amerika Serikat, negara bagian yang paling banyak menghasilkan plum adalah California.

Plum menjadi buah populer di mana-mana, karena memiliki rasa yang menyegarkan, sekaligus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara nutrisi yang terkandung dalam plum adalah vitamin dan mineral. Vitamin yang ada dalam buah plum adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E, dan vitamin B6.

Plum juga mengandung asam askorbat dan asam folat. Sedangkan mineral yang ada dalam buah plum berupa fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, dan seng. Sebagaimana umumnya buah lain, plum juga memiliki kandungan serat tinggi, kaya antioksidan, dan tidak memiliki lemak jenuh.

Lebih lengkap, berikut ini kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah plum (tanpa biji), per 100 gram:
  1. Energi: 192 kJ (46 kkal)
  2. Karbohidrat: 11,4 g
  3. Gula: 9,9 g
  4. Serat pangan: 1,4 g
  5. Lemak: 0,28 g
  6. Protein: 0,70 g
  7. Vitamin A: 345 IU
  8. Vitamin C: 9,5 mg 
  9. Fosfor: 16 mg 
  10. Kalium: 157 mg 

Sebagai perbandingan, berikut ini kandungan nutrisi buah plum yang dikeringkan, namun tidak dimasak, per 100 gram:
  1. Energi: 1,006 kJ (240 kkal)
  2. Karbohidrat: 63,88 g
  3. Gula: 38,13 g
  4. Serat pangan: 7,1 g
  5. Lemak: 0,38 g
  6. Protein: 2,18 g
  7. Vitamin A: 781 IU
  8. Vitamin C: 0,6 mg 
  9. Fosfor: 69 mg 
  10. Kalium: 732 mg 

Nutrisi-nutrisi dalam buah plum—sebagaimana yang disebut di atas—masih ditambah senyawa-senyawa lain yang juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu senyawa yang terdapat dalam buah plum adalah ferulid acid, yang merupakan senyawa antikanker. Penelitian menemukan, senyawa tersebut dapat menurunkan risiko kanker usus.

Plum juga mengandung hydroxycinnamate, antioksidan yang dapat mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Bersama dengan berbagai serat yang dikandungnya, buah plum dapat melindungi tubuh dari serangan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Kemudian, plum mengandung zat boron, sejenis mineral yang membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga mengonsumsi 10-12 buah plum yang dikeringkan per hari dapat membantu mencegah kehilangan massa tulang, dan mengurangi risiko osteoporosis. Sebagai tambahan, buah ini juga banyak mengandung serat dan potassium.

Lebih lengkap, berikut ini uraian mengenai aneka manfaat buah plum dalam menunjang kesehatan.

Menjaga kebersihan darah

Berdasarkan penelitian, kandungan serat dalam buah plum dapat membantu mencegah pembekuan trombosit, yang dapat menyebabkan kelainan darah seperti arteriosklerosis dan tekanan darah tinggi.

Plum membantu memurnikan darah dengan oxygenating, dan buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi orang-orang yang rentan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner. Selain itu, plum dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan hati, serta dapat mencegah sembelit.

Memberi energi dan stamina

Seusai berolahraga, atau bekerja dan beraktivitas seharian, Anda biasanya merasakan tubuh yang lelah, atau bahkan sangat kelelahan. Buah plum dapat mengatasi hal itu. Sebelum berolahraga atau sebelum bekerja sehari-hari, Anda bisa mengonsumsi plum terlebih dulu. Buah ini mengandung asam sitrat yang dapat mencegah kelelahan dan kram otot.

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam buah plum merupakan serat larut, yang mampu mengikat kolesterol, dan meningkatkan ekskresinya dari tubuh. Hal itu memberikan efek yang sama dengan glukosa darah, dan membantu menormalkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa. Hasil akhirnya, kesehatan jantung lebih terjaga.

Selain itu, plum juga mengandung vitamin K yang baik dalam mencegah pembekuan darah dalam tubuh, sehingga darah dapat mengalir lebih lancar, dan hal itu bermanfaat bagi kesehaan jantung. Kemudian, plum juga mengandung kalium, yaitu mineral yang membantu mengatur tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko stroke.

Menjaga kesehaan mata

Mengonsumsi plum secara rutin dapat meningkatkan kesehatan mata. Plum memiliki kandungan vitamin A yang membantu mencegah degenerasi makula dan infeksi pada mata. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata, dan membantu selaput lendir mata lebih sehat. Selain itu, kandungan serat dalam plum, yang disebut zeaxanthin, juga baik untuk kesehatan retina mata.

Sumber antioksidan

Karena memiliki kandungan antioksidan yang kaya, buah plum dapat membantu melawan penyakit kanker, dan efektif untuk membantu pasien penderita kanker atau penyakit jantung.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan berbagai nutrisi dan antioksidan dalam buah plum tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, namun juga kecantikan. Mengonsumsi buah plum secara rutin setiap hari dapat membantu kulit lebih cerah dan rambut lebih indah.

Menangkal radikal bebas

Radikal bebas berasal dari zat polutan dan zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Plum memiliki senyawa-senyawa yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas. Senyawa tersebut adalah vitamin C dan fitonutrisi, cryptoxanthin, zeaxanthin, asam neochlorogenic, dan klorogenat.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan (2)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar