Sejak Kapan Manusia Mengenal Nasi Goreng?

Tidak ada komentar :
Sejak Kapan Manusia Mengenal Nasi Goreng?

BIBLIOTIKA - Nasi goreng sudah menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian orang Indonesia, juga orang-orang di beberapa negara lain. Selain enak, cara membuat nasi goreng juga relatif mudah. Nasi putih tinggal dimasukkan ke wajan, ditambah kecap dan bumbu-bumbu lain, maka jadilah nasi goreng. Ditambah telur dan kerupuk, lengkaplah sudah hidangan yang nikmat.

Karena telah terbiasa menikmati nasi goreng, kita mungkin sudah terbiasa pula dengannya, sehingga tidak sempat memikirkan sejak kapan manusia mengenal nasi goreng.

Berdasarkan sejarah, nasi goreng sudah dikenal manusia sejak tahun 4000 Sebelum Masehi. Orang pertama di dunia yang mengenal nasi goreng adalah orang-orang Tionghoa.

Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka menikmati makanan dingin dan juga tidak suka membuang sisa makanan. Karenanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.

Dari Tionghoa, nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara, dibawa oleh para perantau dari Tionghoa. Para perantau itu kemudian ada yang menetap di tempat-tempat lain, dan mengenalkan nasi goreng di sana. Belakangan, nasi goreng yang tersebar di berbagai tempat itu mendapat variasi bumbu dan pelengkap lain, sesuai selera masyarakat lokal.

Baca juga: Tips Pintar agar Nasi Tidak Cepat Basi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar