Aneka Manfaat Nangka untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Nangka untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Nangka (Artocarpus heterophyllus) adalah buah yang berasal dari pohon yang banyak tumbuh di daerah tropis. Buah nangka terkenal di berbagai belahan dunia, dan istilah Inggris menyebut buah ini dengan nama jackfruit. Tumbuhan nangka diperkirakan berasal dari India selatan, kemudian menyebar ke daerah tropis lainnya, termasuk Indonesia.

Selain dimakan sebagai buah yang memiliki rasa manis dan enak, nangka juga biasa dimanfaatkan sebagai campuran es, dibuat jus, atau diolah menjadi berbagai makanan seperti dodol nangka, kolak nangka, keripik nangka, selai nangka, dan lain-lain. Bahkan biji nangka (biasa disebut beton) juga dapat direbus untuk kemudian dimakan, karena merupakan sumber karbohidrat.

Selain nangka yang telah masak, nangka yang masih muda pun bisa diolah untuk berbagai makanan atau sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, nangka muda biasa diolah menjadi gulai nangka. Di Jawa Barat, nangka muda biasa dijadikan sebagai salah satu bahan sayur asem. Di Jawa Tengah, terdapat berbagai macam masakan berbahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, megono, oseng-oseng gori, dan lain-lain. Di Yogyakarta, nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg.

Pohon nangka termasuk tumbuhan multi-manfaat, karena hampir semua bagiannya dapat memberi manfaat. Daun-daun nangka merupakan pakan ternak yang disukai kambing, domba, maupun sapi. Kulit batang pohon nangka yang berserat dapat digunakan sebagai bahan tali, dan pada masa lalu juga dijadikan bahan pakaian. Sementara getahnya digunakan dalam campuran untuk memerangkap burung, untuk menambal perahu, dan lain-lain.

Kayu dari pohon nangka juga memiliki kualitas baik, sekaligus mudah diolah/dibentuk saat dijadikan perkakas. Karenanya, kayu pohon nangka sering dijadikan perkakas rumah tangga, meubel, konstruksi bangunan, sampai untuk bahan pembuatan kapal. Kayu tersebut cukup kuat, awet, dan tahan terhadap serangan jamur atau rayap, bahkan memiliki pola alami yang menarik.

Kembali ke buahnya. Selain enak saat dimakan, nangka juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan C, dalam bentuk senyawa thiamin, riboflavin, dan niacin. Nangka juga mengandung mineral seperti kalsium, potassium, ferrum (zat besi), magnesium, dalam jumlah cukup banyak bila dibandingkan berbagai buah lain. Dalam 100 gram buah nangka terdapat 106 kalori, 27,6 gram karbohidrat, dan 1,2 gram protein.

Karenanya, nangka juga memiliki peran dalam membantu kesehatan, meski konsumsi nangka sebaiknya tidak berlebihan, karena dapat pula menimbulkan banyak gas dalam perut. Berikut ini uraian manfaat nangka dalam menunjang kesehatan.

Melancarkan pencernaan

Kandungan vitamin C dalam buah nangka tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi juga membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Mencegah kanker

Nangka memiliki kandungan lignan dan saponin, yang merupakan senyawa dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, senyawa tersebut juga memiliki peran dalam menjaga kesehaan kulit. Nangka juga mengandung fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin, yang membentuk proteksi tubuh dalam melawan timbulnya sel kanker.

Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A dalam nangka membantu menjaga kesehatan kulit, serta merawat elastisitasnya. Mengonsumsi nangka setiap hari—dalam kadar secukupnya—juga dapat mencegah infeksi pada kulit.

Menurunkan tekanan darah

Nangka mengandung zat kalium, yang memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi nangka secara rutin juga membantu mencegah penyakit jantung serta stroke.

Menjaga kesehatan tulang

Nangka mengandung magnesium dan kalsium yang membantu merawat kesehatan tulang, serta menurunkan risiko osteoporosis.

Mengatasi anemia

Nangka mengandung zat besi yang tinggi, dan dapat berperan dalam menjaga keseimbangan produksi sel darah merah. Karenanya, mengonsumsi nangka dapat membantu mengatasi anemia.

Mengatasi masalah tiroid

Zat tembaga dan mineral yang terkandung dalam buah nangka dapat membantu para wanita yang memiliki masalah ketidakseimbangan hormon tiroid.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam nangka merupakan antioksidan yang baik dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi sel darah putih.

Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Kandungan kalium dalam buah nangka membantu mengontrol tekanan darah, dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kandungan kalium dalam nangka juga baik untuk menjaga keseimbangan elektrolit.

Menambah energi

Di dalam buah nangka terkandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa. Karenanya, mengonsumsi buah nangka tidak hanya memberikan rasa enak yang manis, tapi juga membantu tubuh kembali segar.

Mengoptimalkan fungsi tubuh

Nangka mengandung banyak mineral, di antaranya mangan, zat besi, vitamin B6, niasin, asam folat, yang semuanya berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Mencegah penuaan dini

Nangka mengandung fitonutrien dan vitamin C yang membantu menjauhkan tubuh dari kanker, dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif. Selain itu, kandungan fitonutrien dalam nangka juga membantu menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan dini.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam nangka tidak hanya baik bagi kulit, namun juga membantu kesehatan mata. Nangka dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan pada mata, seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Rambusa untuk Kesehatan