Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan (2)

Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan ~ 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Mencegah kram otot

Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengalami kram, terutama saat hamil tua, 8 atau 9 bulan. Kram otot bisa diatasi dengan mengonsumsi buah nanas, karena kandungan kalium dalam buah ini dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, sehingga kram otot bisa diatasi.

Meski begitu, wanita yang baru hamil, atau memasuki awal-awal kehamilan, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas, kecuali atas resep dokter.

Mengatasi peradangan

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas memiliki peran penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, juga mengurangi peradangan, karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Mengatasi masalah saluran kemih

Mengonsumsi jus nanas dapat membantu mengatasi masalah infeksi saluran kemih, karena nanas memiliki kemampuan diuretik. Selain itu, mineral dalam nanas—seperti tembaga, magnesium, kalsium, kalium, dan fosfor—dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita, serta baik untuk pencernaan.

Mengatasi sakit saat menstruasi

Saat menstruasi datang, sebagian wanita mengalami rasa sakit. Jika Anda kebetulan juga mengalami hal serupa, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jus nanas. Kandungan nutrisi dalam nanas bisa membantu mengatasi atau setidaknya meringankan rasa sakit yang muncul.

Membantu pencernaan protein 

Kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat membantu melancarkan proses pencernaan, serta dapat berperan sebagai pelega tenggorokan. Enzim bromelain juga berfungsi sebagai pencerna protein yang terdapat dalam makanan, sehingga dapat diserap oleh tubuh dengan lebih baik.

Berfungsi sebagai pembersih

Enzim bromelain dalam nanas dapat membantu menyeimbangkan kadar asam dalam darah, juga mengurangi kadar air yang berlebih dari dalam tubuh, sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit edema. Selain enzim bromelain, asam aspartic yang terkandung dalam nanas juga dapat membuang asam amonia yang merupakan racun berbahaya dari dalam tubuh.

Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam nanas membantu menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab masalah kanker. Selain itu, antioksidan dalam nanas juga baik dalam menurunkan risiko stroke dan serangan jantung.

Mengatasi amandel

Untuk mengatasi masalah amandel, Anda bisa mengikuti resep berikut. Ambil 1 buah nanas, parut, lalu ambil airnya sebanyak 10 gram. Tambahkan 8 gram perasan widara upas, 4 gram perasan jeruk nipis, 15 gram perasan daun jintan hitam, dan 5 gram madu murni. Campurkan semua bahan, lalu saring. Minum airnya 1 sendok makan setiap 15 menit.

Menurunkan berat badan

Upaya menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan menggunakan resep tradisional berbahan nanas. Caranya, ambil 1 buah nanas yang masak, parut, lalu peras, dan saring airnya. Minum 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Mengatasi gejala kemandulan

Siapkan sari hati buah nanas, daun seledri, dan buah kapri (semua dalam jumlah secukupnya). Giling halus semua bahan, kemudian tambahkan air matang secukupnya, dan saring. Minumlah air ramuan itu sebanyak 1 gelas, sehari sekali, secara rutin.

Mengatasi sembelit

Siapkan 40 gram buah nanas, dipotong kecil-kecil, 20 gram asam trengguli, 10 gram batang daun kaki kuda, dan 4 gram daun jarak. Campurkan semua bahan, lalu tumbuk dan rebus dengan 600 cc air. Saring dan minum air ramuan tersebut, dua kali sehari sebelum makan.

Mengatasi ketombe

Siapkan ¼ buah nanas yang masak, lalu parut dan peras airnya untuk kemudian disaring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis pada air saringan nanas, dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokan paginya, rambut dikeramas seperti biasa. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Mengatasi peradangan kulit

Siapkan ½ buah nanas yang telah masak, kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutan itu digosokkan pada kulit yang mengalami peradangan (bersisik atau mengelupas). Lakukan sehari sekali, pada malam hari sebelum tidur. Keesokan paginya dicuci bersih. Lakukan secara rutin setiap hari.

Manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, nanas juga masih memiliki manfaat lain, di antaranya:

Air perasan nanas atau jus nanas dapat mengatasi cacingan, radang tenggorokan, penyakit beri-beri, menurunkan berat badan, dan mengatasi masalah pencernaan.

Untuk mengatasi luka bakar, gatal, dan bisul, Anda bisa menggunakan daun nanas. Cuci bersih daun nanas, lalu ditumbuk halus, dan balurkan pada bagian yang sakit. Daun nanas juga berfungsi sebagai piretik (penurun panas).

Efek samping

Meski memiliki beragam manfaat, namun nanas juga memiliki efek samping yang harus diperhatikan dan diwaspadai. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan terkait nanas:

Nanas muda berpotensi sebagai abortivum, atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Begitu pula, wanita hamil dilarang mengonsumsi nanas muda, karena bisa berbahaya bagi kandungan.

Nanas dapat memicu reumatik. Saat berada di dalam saluran cerna, nanas akan terfermentasi menjadi alkohol. Hal itu bisa memicu kekambuhan reumatik gout. Karena itu, penderita reumatik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Karena itu, penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas.

Kadang-kadang, setelah makan nanas, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindari hal semacam itu, rendamlah potongan buah nanas dalam air garam sebelum dimakan.

Baca juga: Aneka Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan