Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan (1)

Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Nanas (Ananas comosus L.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan nanas termasuk dalam famili nanas-nanasan (Bromeliaceae). Dalam bahasa Inggris, buah ini disebut pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Sementara di Indonesia, orang kadang menyebutnya nanas, nenas, atau ananas. Subang merupakan daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia.

Selain dapat dinikmati sebagai buah segar, nanas juga dapat dibuat selai, sirup, rujak, bahkan obat tradisional. Nanas mengandung vitamin C dan mineral yang baik dalam menunjang kesehatan.

Khasiat nanas di antaranya adalah mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencerna makanan di lambung, sebagai antiradang, peluruh urin (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mencegah pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan memiliki aktivitas fibrinolitik.

Nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain dan mineral seperti tembaga, magnesium, kalsium, kalium, fosfor, dan lain-lain. Berikut ini uraian manfaat nanas dalam membantu menjaga kesehatan.

Sumber vitamin dan mineral

Seperti yang disebut di atas, nanas memiliki kandungan vitamin dan banyak mineral, dari kalsium, kalium, serat, hingga vitamin C. Semua itu dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Selain itu, nanas juga rendah lemak dan rendah kolesterol.

Membantu memperkuat tulang

Salah satu kandungan dalam nanas adalah mangan, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Mengonsumsi satu cangkir nanas dapat memberi 73 persen dari jumlah mangan yang disarankan per hari. Kandungan mangan dalam nanas dapat membantu pertumbuhan tulang pada orang muda, dan menguatkan tulang pada orang tua.

Mencegah degenerasi makula

Kandungan betakaroten pada nanas memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mata dan penglihatan. Penelitian menemukan bahwa mengonsumsi nanas tiga porsi atau lebih setiap hari dapat menurunkan risiko degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang tua.

Mengatasi arthritis

Enzim bromelain pada nanas diketahui berperan sebagai anti-inflamasi yang efektif. Mengonsumsi nanas segar satu setengah cangkir secara teratur dapat membantu meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera, karena dianggap mampu mengurangi inflamasi dan pembengkakan.

Meredakan batuk dan pilek

Mengonsumsi nanas pada saat terserang flu atau batuk tidak jauh beda dengan mengonsumsi jus jeruk pada saat flu dan batuk. Sama-sama memberi manfaat, karena memasok vitamin C ke tubuh. Bahkan, nanas memiliki nilai plus, karena mengandung enzim bromelain yang dapat membantu menekan batuk dan melegakan selaput lendir.

Melancarkan pencernaan

Masih terkait dengan bromelain, enzim itu juga memiliki kemampuan dalam membantu melancarkan pencernaan. Mengonsumsi satu potong nanas setelah makan dapat mengurangi gas, kembung, mual, sembelit, dan gejala sindrom iritasi usus besar. Meminum jus nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.

Meringankan sinusitis dan bronkhitis

Enzim bromelain telah terbukti bermanfaat dalam mengatasi infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti sinusitis dan bronkhitis. Bromelain juga membantu mengurangi inflamasi hidung dan memecah lendir di hidung, mengurangi sinus, dan melegakan pernapasan.

Mencegah pembekuan darah

Kandungan nutrisi dalam buah nanas dapat membantu mengurangi risiko pembekuan darah. Artinya, mengonsumsi nanas juga dapat mencegah terjadinya masalah pada jantung.

Selain mencegah pembekuan darah, nanas juga membantu produksi hemoglobin dalam tubuh. Nanas juga mengandung zat tembaga. Tubuh yang kekurangan zat tembaga rentan mengalami osteoporosis, anemia, masalah tiroid, dan penurunan jumlah sel darah putih.

Efektif menunda lapar

Selain kaya vitamin dan mineral, nanas juga mengandung beberapa mikronutrien dan serat, yang mampu menunda rasa lapar. Hal itu tentu bagus bagi orang yang sedang menjalani program diet.

Mencegah kembung

Enzim bromelain dalam buah nanas dapat membantu memecah makanan, sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu, bromelain juga efektif dalam mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit karena oesteoarthritis.

Membantu menghilangkan lemak

Mengonsumsi nanas menjadikan suhu tubuh meningkat, dan panas tubuh yang terjadi akan membantu membakar lemak dalam tubuh, sehingga tumpukan lemak akan luruh.

Mencegah kanker

Kandungan zat dan nutrisi dalam nanas dapat membantu menurunkan risiko kanker. Nanas melindungi sel sehat dari kerusakan, sekaligus menyembuhkan sel-sel yang mudah rusak. Sel-sel rusak dalam tubuh dapat menyebabkan penuaan dini, serta dapat menimbulkan risiko beragam penyakit.

Menjaga kesehatan gusi

Selain membantu memperkuat tulang, kandungan mineral dalam nanas juga membantu menyehatkan dan menguatkan gusi. Gusi yang sehat dan kuat menunjang kesehatan gigi.

Mengatasi luka memar

Mengonsumsi nanas adalah cara yang paling alami dan mudah untuk menyembuhkan luka memar. Hal itu dimungkinkan, karena nanas mampu menurunkan inflamasi yang terjadi pada kulit. Selain dimakan secara langsung, nanas juga bisa dinikmati dalam bentuk jus.

Baca lanjutannya: Aneka Manfaat Nanas untuk Kesehatan (2)