Mengapa Biaya Cuci Helm Lebih Mahal dari Cuci Motor?

Tidak ada komentar :
Mengapa Biaya Cuci Helm Lebih Mahal dari Cuci Motor?

BIBLIOTIKA - Helm adalah perangkat yang melengkapi pengendara sepeda motor, yang ditujukan untuk keamanan, yaitu menjaga kepala jika terjadi kecelakaan. Belakangan, helm juga menjadi pelengkap gaya atau penampilan, sehingga muncul helm-helm cantik dengan desain yang lebih modis, meski juga sama-sama berfungsi sebagai pengaman kepala.

Sebagaimana sepeda motor yang perlu dicuci secara rutin agar senantiasa bersih, helm juga perlu dicuci secara rutin. Karena, meski digunakan di kepala, helm juga bisa kotor. Bagian luar helem bisa ditempeli debu yang lalu menumpuk dan mengeras, sehingga menjadikannya kusam. Sementara bagian dalam helm juga bisa kotor dan menghitam.

Di banyak tempat, saat ini, sudah ada penyedia jasa cuci helm. Sebagaimana cuci motor, kita tinggal menyerahkan helm ke tempat jasa cuci, lalu mereka akan mencuci serta membersihkan helm kita hingga kembali bersih. Mudah dan praktis, sebagaimana jasa cuci motor.

Meski mudah dan praktis, namun ternyata banyak orang yang merasa enggan mencuci helm di tempat jasa cuci semacam itu. Alasannya, biaya cuci helm sering kali lebih mahal dibanding jasa cuci sepeda motor.

Di kawasan Jakarta Pusat, misalnya, tarif rata-rata untuk satu kali cuci helm di gerai cuci helm itu bekisar Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Sebagai perbandingan, biaya itu lebih mahal, atau setidaknya sama dengan harga untuk satu kali membersihkan motor. Mengapa mencuci helm yang ukurannya tak seberapa memiliki biaya yang sama atau bahkan lebih mahal dari biaya cuci sepeda motor?

Mahalnya biaya pencucian helm, dikarenakan tingkat kesulitannya. Meski serara ukuran tentu lebih kecil dibandingkan ukuran sepeda motor, namun mencuci helm lebih sulit dibandingkan mencuci sepeda motor.

Pencucian helm tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika asal mencuci, helm bisa rusak. Misalnya, untuk membersihkan busa bagian dalam helm, tidak bisa dilakukan sembarangan dengan menggunakan sabun yang kandungan detergennya terlampau banyak. Sebab, dalam jangka waktu panjang akan merusak busa.
 
Selain itu, proses pengeringannya harus dilakukan secara hati-hati. Suhu dan waktu untuk proses pengeringan harus tepat. Jika tidak, busa pada bagian dalam helm akan rusak.

Karena proses yang lebih sulit dan rumit itulah, yang menjadikan biaya mencuci helm rata-rata lebih mahal dibandingkan biaya mencuci sepeda motor.

Baca juga: Mengapa Beli BBM Tidak Boleh Pakai Jeriken?

Tidak ada komentar :

Posting Komentar