Aneka Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, karena memiliki kandungan vitamin dan mineral, biji nangka juga memiliki manfaat yang sama. Karenanya, banyak orang mengonsumsi biji nangka dengan cara direbus. Biji nangka yang semula keras bisa berubah empuk setelah direbus. Selain itu, biji nangka juga merupakan sumber protein, karbohidrat, serat, vitamin A, B, dan C, kalsium, seng, serta fosfor.

Tidak jauh beda dengan buahnya, biji nangka juga memiliki kandungan fitonutrien seperti lignan, isoflavon, dan saponin, yang merupakan antioksidan yang baik. Berikut ini beberapa manfaat biji nangka dalam menunjang kesehatan:

Mengatasi keriput: Kandungan antioksidan yang tinggi pada biji nangka dapat mencegah atau setidaknya memperlambat penuaan di wajah. Campurkan biji nangka dengan susu dingin, kemudian hancurkan biji hingga halus, dan ratakan pada wajah. Jika dilakukan rutin, keriput di wajah akan berkurang.

Mencegah konstipasi: Kandungan serat dalam biji nangka dapat mencegah konstipasi. Mengonsumsi biji nangka juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Membersihkan noda pada kulit: Campurkan biji nangka kering ke dalam susu dan madu. Setelah beberapa waktu, hancurkan biji nangka menjadi pasta, dan ratakan pada kulit yang bernoda, tunggu sampai kering, kemudian bilas dengan air bersih.

Mengatasi penyakit kulit: Biji nangka memiliki kandungan protein dan mikronutrien lainnya, sehingga dapat menjadi bahan terapi masalah kulit. Mengonsumsi biji nangka secara rutin juga dapat menjaga kelembapan alami kulit Anda.

Menyuburkan rambut: Kandungan nutrisi dalam biji nangka dapat membantu melancarkan aliran darah, khususnya ke kepala, sehingga membantu pertumbuhan rambut lebih subur. Selain itu, kandungan mangan dalam biji nangka juga membantu menjaga kadar gula darah.

Mengatasi rambut rontok: Biji nangka mengandung vitamin A yang tidak hanya menunjang kesehatan mata, namun juga dapat bermanfaat dalam mengatasi rambut rontok.

Mencegah anemia: Biji nangka mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh, guna menghindari anemia.

Meningkatkan libido: Biji nangka juga diketahui dapat menjadi afrodisiak atau makanan peningkat libido. Caranya, cukup panggang biji nangka seperti chestnut, kemudian dimakan.

Baca juga: Aneka Manfaat Nangka untuk Kesehatan