Aneka Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Rambutan (Nephelium lappaceum) adalah buah yang dihasilkan tanaman tropis dari suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Nama “rambutan” berasal dari bentuk buahnya yang memiliki kulit menyerupai rambut. Buah rambutan termasuk musiman, dan pohonnya banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Sri Lanka.

Meski kebanyakan rambutan memiliki warna merah, namun sebenarnya tidak semua rambutan pasti berwarna merah. Ada pula rambutan yang memiliki perpaduan warna antara merah dan kuning, atau bahkan kuning seutuhnya.

Rambutan juga memiliki rasa yang beraneka, biasanya tergantung pada asal pohonnya. Ada yang memiliki rasa manis, asam, juga kecut. Rambutan yang berkualitas tinggi biasanya memiliki ciri daging buah yang tebal, rasa manis, dan mudah terlepas dari bijinya.

Karena daging buah rambutan tergolong kecil, rambutan pun lebih sering dikonsumsi sebagai buah segar, dan jarang dijadikan jus seperti buah-buahan lain yang memiliki daging buah berukuran besar. Meski buahnya kecil, banyak orang menyukai rambutan, bahkan rambutan termasuk buah yang sangat populer. Selain enak, rambutan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik.

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam rambutan di antaranya adalah karbohidrat (berfungsi sebagai pemberi energi), protein (mengatasi kerusakan sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan sel yang baru), serat (melancarkan pencernaan), vitamin A (menyehatkan mata), vitamin C (memberikan antioksidan bagi tubuh), juga kalsium, zat besi, fosfor, niacin, potassium, zinc, serta magnesium. Lebih lengkap, berikut ini uraian manfaat buah rambutan untuk kesehatan.

Sumber vitamin A

Manfaat vitamin A bagi tubuh tidak hanya sebatas menjaga kesehatan mata, melainkan juga mengatasi masalah lain seperti anemia. Masalah anemia adalah salah satu tanda tubuh kekurangan vitamin A. Dengan mengonsumsi rambutan, Anda tidak hanya memperoleh asupan vitamin A, namun juga zat besi. Kandungan mineral zat besi dalam rambutan memiliki peran dalam memproduksi sel darah merah atau eritrosit.

Sumber vitamin C

Di antara tanda tubuh kekurangan vitamin C adalah munculnya sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan. Itu tanda-tanda yang mudah terlihat atau setidaknya dirasakan. Pada tanda yang tak terlihat, kekurangan vitamin C bisa berbentuk daya tahan tubuh yang melemah, sehingga mudah terserang penyakit.

Mengonsumsi rambutan sama artinya menambah vitamin C bagi tubuh, karena buah ini memiliki kandungan vitamin tersebut, bahkan dalam dosis yang cukup tinggi, sehingga mampu membantu mengatasi masalah-masalah seperti yang disebut di atas.

Mengatasi masalah pencernaan

Pencernaan yang bermasalah atau tidak sehat bisa ditandai dengan munculnya diare. Hal itu terjadi karena kondisi lambung mengalami gangguan akibat bakteri yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman. Mengonsumsi rambutan dapat membantu mengatasi hal itu, karena rambutan memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan.

Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan flavonoid dalam buah rambutan memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengatasi radang

Inflamasi atau peradangan dalam tubuh dapat menyerang pada bagian mana pun, sehingga kita mengenal radang sendi, radang otot, radang tenggorokan, sampai radang paru-paru. Rambutan memiliki senyawa yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi, sehingga mengonsumsi rambutan bisa membantu mengatasi masalah-masalah semacam itu.

Mendukung diet

Rambutan memiliki kandungan kalori namun tidak terlalu tinggi, bahkan relatif rendah, khususnya jika dibandingkan dengan avokad. Mengonsumsi rambutan dapat memberi tambahan energi tanpa harus mengkhawatirkan tambahan kalori.

Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki fungsi detoksifikasi, atau pembuangan racun. Ginjal memproses racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, lalu membuangnya keluar dari tubuh. Dalam proses itu, kadang-kadang ada racun yang tertinggal dan mengendap pada ginjal, lalu menimbulkan masalah.

Mengonsumsi rambutan dapat membantu kesehatan ginjal, karena memiliki kandungan mineral fosfor yang mampu menetralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal.

Mengatasi masalah selama hamil

Ibu hamil sering mengalami masalah seperti pusing, dan perasaan ingin muntah, yang terjadi terus menerus. Mengonsumsi rambutan dapat membantu mengatasi masalah semacam itu. Selain itu, kandungan nutrisi dalam rambutan juga membantu mencegah anemia, sesuatu yang kerap menyerang ibu hamil.

Mengatasi kencing manis

Tidak hanya buahnya, bahkan biji rambutan pun dapat membantu kesehatan. Untuk mengatasi kencing manis, Anda bisa menyiapkan 5 biji rambutan, cuci bersih, lalu panggang di atas api yang sedang (tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar). Setelah itu, giling biji rambutan itu sampai halus menjadi bubuk atau serbuk. Seduh bubuk tersebut dalam satu cangkir air panas, dan dinginkan. Setelah itu, diminum dua kali sehari.

Mengatasi demam

Untuk mengatasi demam, Anda bisa memanfaatkan kulit buah rambutan. Caranya, siapkan 15 gram kulit buah rambutan. Setelah dicuci bersih, rebus dengan 3 gelas air selama sekitar 15 menit. Kemudian angkat, dinginkan, dan saring. Air hasil saringan itu bisa diminum tiga kali sehari, masing-masing 1/3 bagian.

Mengatasi sariawan

Setelah buah, biji, dan kulit buah, ternyata kulit kayu rambutan juga memiliki khasiat. Salah satunya untuk mengatasi sariawan atau panas dalam. Caranya, siapkan kulit kayu rambutan sebanyak 3 ruas jari, dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih, hingga airnya tinggal 1 gelas. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur, selagi masih hangat.

Mengatasi disentri

Siapkan 10 kulit buah rambutan, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan 3 gelas air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa separuh (1,5 gelas). Setelah itu, angkat dan dinginkan. Setelah disaring, air ramuan itu dapat diminum dua kali setiap hari, masing-masing ¾ gelas.

Mengatasi demam

Siapkan 15 gram kulit buah rambutan yang telah dikeringkan, lalu rebus dengan 3 gelas air, dan tunggu sampai mendidih. Setelah itu, angkat dan dinginkan. Saring air ramuan itu, dan hasilnya diminum tiga kali sehari, masing-masing ¾ bagian.

Menghitamkan rambut beruban

Siapkan daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk merata, sampai menjadi adonan seperti bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Gunakan air yang terkumpul untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Binjai untuk Kesehatan