Aneka Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dihasilkan oleh tumbuhan perdu dengan banyak cabang, yang tingginya dapat mencapai 6 meter. Buahnya berwarna hijau atau kuning, dengan diameter 3-6 cm, dengan kulit yang tipis. Umumnya, daging buah memiliki rasa asam, mirip dengan lemon. Meski mungkin mirip dengan jeruk limau, namun jeruk nipis berbeda dengan jeruk limau.

Tanaman jeruk nipis diperkirakan berasal dari daerah India sebelah utara, dan dapat tumbuh baik di dataran rendah yang banyak terkena sinar matahari. Buah jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan perasan airnya sering digunakan untuk memasamkan makanan, semisal soto. Selain itu, sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal khasiat jeruk nipis untuk pengobatan tradisional, di antaranya menurunkan demam dan mengatasi batuk.

Tidak hanya di Indonesia, masyarakat di negara lain—semisal Belanda—juga telah lama mengenal manfaat jeruk nipis sejak berabad-abad lalu. Masyarakat di Amerika bahkan mengenal khasiat jeruk nipis sejak zaman Indian kuno.

Ohio State Biotechnology Centre di kota Columbus, Ohio, Amerika Serikat, pernah melakukan penelitian terhadap jeruk nipis, yang menemukan bahwa buah ini kaya vitamin dan mineral. Jeruk nipis yang memiliki khasiat tinggi adalah yang masih segar, berkulit tipis, serta berwarna hijau kekuningan.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, bagian lain pohon jeruk nipis juga memiliki khasiat yang sama. Buah jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C, asam sitrun, glukosa, lemak, minyak atsiri, kalsium, fosfor, belerang, dan asam amino. Daun jeruk nipis mengandung minyak atsiri yang dapat menghambat pertumbuhan staphylococcus aureus (kuman pada kulit). Air perasan jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan.

Karena berbagai kandungan minyak dan aneka zat di dalamnya, jeruk nipis juga bemanfaat untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, mengatasi ketombe, flu, demam, amandel, penyakit anyang-anyangan (kencing terasa sakit), mimisan, dan radang hidung. Jeruk nipis juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan, mengatasi batuk, peluruh dahak, dan peluruh keringat.

Rasa jeruk nipis yang asam bisa membantu membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut perokok. Kandungan zat limonin yang terdapat pada jeruk nipis dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang secara tidak langsung menurunkan hipertensi.

Mengonsumsi air jeruk nipis secara teratur dapat menjaga kestabilan tubuh sekaligus berat badan. Selain itu, air jeruk nipis juga berkhasiat dalam memperkecil pori-pori kulit, dan melenyapkan lemak pada kulit berminyak. Sementara daging buah jeruk nipis dapat mengatasi panas pada perut. Lebih lengkap, berikut ini uraian lebih detail mengenai aneka manfaat jeruk nipis bagi kesehatan.

Mengatasi batuk

Jeruk nipis bisa dijadikan obat batuk alami. Caranya, masukkan 5 ml sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan sesendok kecap, lalu aduk sampai merata, dan minum sampai habis. Beberapa saat kemudian, napas akan terasa lebih lega, dan batuk akan reda.

Saat meminum atau menelan ramuan ini, rasanya seperti mint yang segar tapi tidak begitu kuat.

Mengatasi mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan bisa terjadi dalam perjalanan darat, laut, maupun udara. Jika Anda juga sering mengalaminya, Anda bisa mengatasi hal itu dengan meminum air yang telah dicampur sari jeruk nipis. Ramuan itu bisa diminum sebelum Anda melakukan perjananan, atau dalam perjalanan. Ramuan itu akan membantu perut Anda lebih stabil dan nyaman selama perjalanan.

Mengatasi masuk angin

Untuk mengatasi masuk angin, tuangkan sari jeruk nipis ke dalam gelas, tambahkan 1 sendok teh madu, tuangkan air hangat, aduk merata, lalu minumlah sesendok demi sesendok. Ramuan ini akan membantu perut Anda lebih hangat, dan udara yang masuk ke tubuh akan dikeluarkan melalui sendawa.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut atau napas yang tidak sedap dapat diatasi dengan jeruk nipis. Caranya, peras sari jeruk nipis, lalu tambahkan madu. Setelah diaduk, minumlah setiap hari dengan dosis 1-2 sendok.

Rutin melakukan hal ini akan membantu mengatasi mulut atau bau napas yang kurang sedap. Meski Anda tentu harus tetap rajin gosok gigi setiap hari.

Mengatasi pegal dan lelah

Aktivitas dan bekerja seharian sering membuat kita merasa lelah saat malam hari, atau seusai kerja sore hari. Jika ingin tubuh tetap bugar setelah bekerja dan beraktivitas seharian, Anda bisa mengikuti resep berikut.

Ambil 2 sendok teh sari jeruk nipis, 1 cm jahe (dimemarkan), 1 sendok teh madu, 200 ml air hangat, dan campurkan semua bahan, lalu diaduk rata. Setelah itu, minum selagi hangat, dan cobalah untuk tidur. Ramuan ini memang sebaiknya diminum pada malam hari sebelum tidur. Keesokan hari, saat bangun tidur, badan akan terasa lebih segar, dan tidak mudah lelah.

Melegakan tenggorokan

Berkumur dengan air perasan jeruk nipis (yang dicampur air biasa) dapat melegakan sakit pada tenggorokan. Kemudian, kulit jeruk nipis dapat membantu mengurangi bau mulut tak sedap. Untuk memanfaatkannya, Anda tinggal mengulum atau menahan kulit jeruk nipis dalam mulut selama beberapa saat. Kulit jeruk nipis memiliki kandungan zat asam yang dapat mematikan kuman.

Mengatasi amandel

Untuk mengatasi masalah amandel, siapkan 3 butir jeruk nipis, dipotong kecil-kecil, lalu rebus dalam 2 gelas air. Didihkan hingga air tersisa tiga perempatnya, lalu angkat. Gunakan air tersebut sebagai bahan berkumur 3-4 kali sehari.

Mengatasi bau badan

Potong buah jeruk nipis, lalu campurkan dengan kapur sirih. Oleskan ke ketiak yang berbau, seperti Anda memakai deodoran. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Mengatasi batu ginjal

Ambil 2 butir jeruk nipis, peras airnya, lalu campurkan dengan 2 gelas air hangat. Minum saat malam hari usai makan. Ulangi hingga 10 hari.

Mengatasi difteri

Siapkan 1 gelas air panas, campurkan dengan perasan 2 butir jeruk nipis dan 1 sendok madu. Minum ramuan itu sampai habis. Lakukan 3 kali sehari.

Mengatasi haid tak teratur

Campurkan 3 sendok air jeruk nipis dengan 2 gelas air panas, beri madu, diaduk, dan tunggu sampai hangat. Setelah itu diminum secara rutin.

Mengatasi sakit gigi

Siapkan air jeruk nipis secukupnya, 1 sendok teh akar kecubung hitam dan legetan warak yang digiling, lalu tambahkan 1 sendok garam. Aduk, kemudian disaring, dan ambil perasan airnya. Tambahkan air hangat pada perasan air tersebut, lalu gunakan untuk berkumur.

Menurunkan berat badan

Siapkan 1 gelas teh hijau, tambahkan air jeruk nipis, lalu minum pagi dan sore secara rutin.

Mengatasi demam

Campurkan air jeruk nipis dengan potongan bawang merah dan minyak kelapa, lalu oleskan ke kening penderita demam.

Merawat kesehatan rambut

Masukkan air perasan jeruk nipis ke dalam air hangat secukupnya, lalu gunakan untuk membasuh rambut. Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih, atau Anda bisa berkeramas memakai shampo. Rutin melakukan ini akan membantu mengatasi masalah rambut, seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rontok, dan rambut yang sulit diatur.

Mengatasi wasir 

Wasir atau ambeien dapat diatasi dengan cara berikut. Sediakan 10 gram akar pohon jeruk nipis, dicuci bersih, lalu direbus dengan 1 liter air selama setengah jam, kemudian disaring. Minum air tersebut saat masih hangat, 3 kali sehari.

Mengatasi anyang-anyangan

Cuci jeruk nipis, peras untuk diambil airnya, tambahkan dengan segelas air panas, lalu beri gula batu secukupnya. Aduk-aduk, dan tunggu sampai hangat. Setelah itu diminum sehari sekali.

Mengatasi batuk yang disertai flu

Potong satu buah jeruk nipis matang yang mengandung air cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan setengah sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Setelah airnya hangat, minum 2 kali sehari, dengan dosis 2 sendok makan.

Mengatasi hipertensi

Sediakan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci sampai bersih, lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih, sampai tersisa dua perempat gelas. Setelah dingin, saring airnya, dan diminum 3 kali sehari. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari.

Baca juga: Aneka Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan