Aneka Manfaat Jeruk Kingkit untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Jeruk Kingkit untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Jeruk kingkit (Triphasia trifolia) adalah kerabat jeruk (genus Citrus), namun bukan jeruk yang sebenarnya. Jeruk kingkit diperkirakan berasal dari Malaysia, dan tersebar ke pulau-pulau di Samudera Pasifik. Bentuk tumbuhannya berupa semak atau perdu, dengan ketinggian hingga 3 meter. Buahnya berwarna merah, dengan diameter sekitar 1,5 cm. Yang menarik, tumbuhan jeruk kingkit dapat dibuat menjadi bonsai, dan dijadian tanaman hias.

Jeruk kingkit memiliki sebutan yang berbeda di beberapa daerah. Dalam bahasa Melayu, buah ini dikenal sebagai jeruk kingkit, limau kiah, atau limau kunci. Bahasa Jawa juga menyebutnya jeruk kingkit. Dalam bahasa Sunda, disebut kalijage atau kingkip. Bahasa Madura menyebutnya jeruk rante, orang Makassar dan Ternate menyebutnya lemo-lemo, sementara di Tidore disebut joji koyo.

Buah jeruk kingkit dapat dimakan, meski kebanyakan orang menggunakannya sebagai obat, salah satunya untuk mengatasi sakit perut. Pada jeruk kingkit, tidak hanya buahnya, terkandung aneka senyawa seperti coumarin, umbelliferone, dan tripasol, yang memang memliki khasiat penyembuhan.

Jeruk kingkit juga mengandung senyawa linalool, sejenis tipe alkohol alami dengan manfaat antiseptik, antijamur, serta menenangkan. Berikut ini manfaat buah dan daun jeruk kingkit dalam menunjang kesehatan.

Mengatasi batuk

Caranya, ambil segenggam jeruk kingkit yang telah matang (dengan ciri warna merah tua), bersihkan, lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Biarkan sekitar 5-10 menit, hingga hangat, setelah itu diminum. Campurkan madu murni bila ingin mendapatkan rasa manis yang alami.

Catatan: Jika resep ini akan diminum untuk mengatasi batuk pada penderita diabetes, minumlah tanpa diberi tambahan pemanis apa pun, madu atau gula.

Mengatasi diare

Caranya, siapkan 7 lembar daun jeruk kingkit, lalu rebus dalam 110 ml air, dan tunggu sekitar 15 menit. Setelah itu diminum, 3-4 kali setiap hari. Resep ini tidak hanya mengatasi diare, namun juga mengatasi masalah perut seperti mual atau sakit perut.

Menjaga kesehatan kuku

Kuku yang rapuh, mudah patah, atau pecah-pecah, dapat diatasi dengan cairan atau lendir yang terdapat pada jeruk kingkit. Caranya, ambil cairan atau lendir pada jeruk kingkit, lalu oleskan pada kuku, dan biarkan sampai mengering. Rutin melakukan hal sederhana ini dapat menguatkan kuku Anda.

Mengatasi gatal-gatal

Gatal-gatal bisa disebabkan karena gigitan serangga atau alergi. Untuk mengatasinya, siapkan beberapa buah jeruk kingkit yang sudah matang, cuci sampai bersih, lalu remas-remas. Setelah itu, oleskan pada bagian yang gatal.

Baca juga: Aneka Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar