Aneka Manfaat Buah Bisbul untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Buah Bisbul untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Bisbul (Diospyros blancoi) adalah buah mirip tomat, berwarna oranye kecokelatan saat masak, dan berkerabat dengan buah kesemek. Di Indonesia, buah ini juga kerap disebut buah mentega atau buah lemak, merujuk pada daging buahnya ketika masak yang memang mirip mentega. Orang Jawa kadang menyebut buah ini dengan nama sembolo, orang Thailand menyebutnya marit, sementara bahasa Inggris menyebutnya velvet apple.

Buah bisbul berasal dari Filipina, dan sempat masuk ke Indonesia, namun akhir-akhir ini buah bisbul makin langka dan jarang ditemukan. Rasa buah bisbul sedikit manis, hampir mirip dengan keju atau durian. Daging buahnya bisa dijadikan bahan membuat rujak atau sebagai campuran es. Dalam 100 gram buah bisbul, terkandung nutrisi sebagai berikut:
  1. Kalori: 39 kkal
  2. Lemak: 0,2 gram
  3. Fosfor: 17 mg
  4. Kalsium: 43 mg
  5. Karbohidrat: 9,7 g
  6. Protein: 0,7 g
  7. Vitamin A: 55 IU
  8. Vitamin B: 0 mg
  9. Vitamin C: 33 mg
  10. Zat besi: 1 mg

Dengan kandungan nutrisinya, buah bisbul memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini di antaranya.

Menjaga kesehatan jantung

Buah bisbul memiliki kemampuan dalam menjaga kesehatan jantung, karena buah ini memiliki kandungan kalium yang dapat membantu merenggangkan pembuluh darah, mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah. Bisbul juga mengandung serat yang tinggi, yang mampu menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mengurangi risiko aterosklerosis, bekuan darah, serangan jantung, dan stroke.

Menjaga sistem pencernaan

Dengan kandungan serat yang tinggi, buah bisbul memiliki kemampuan dalam meningkatkan proses pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Dalam pengobatan tradisional Filipina, bisbul sering dipakai untuk menyembuhkan disentri dan diare.

Menjaga sistem kekebalan

Sistem imun atau kekebalan tubuh dibutuhkan sebagai benteng untuk menghindari datangnya penyakit yang akan masuk pada tubuh. Sistem kekebalan yang kuat menjadikan tubuh sehat, dan begitu pula sebaliknya. Buah bisbul memiliki kandungan nutrisi yang mampu membantu menjaga sistem kekebalan, sehingga imunitas tubuh kita lebih terjaga.

Menjaga kesehatan kulit

Buah bisbul memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit agar sehat dan halus. Vitamin A yang terkandung dalam buah bisbul memiliki manfaat dalam melindungi kelembapan serta kesehatan jaringan kulit pada susunan bawah.

Sementara vitamin C pada buah bisbul bermanfaat untuk perlindungan kulit dari sinar UV matahari, serta membantu tubuh menghasilkan kolagen. Kolagen sangat penting dalam melindungi kulit agar selalu elastis serta kencang.

Menjaga kesehatan tulang

Buah bisbul memiliki kandungan kalsium cukup besar, yang dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh. Sebanyak 99% kalsium ada pada tulang dan gigi, sementara 1% beredar ke seluruh tubuh.

Kebutuhan kalsium yang 1% itulah yang harus dipenuhi oleh kita, melalui makanan yang mengandung kalsium. Dalam hal ini, buah bisbul bisa menjadi salah satu pengasup kalisum yang baik.

Menjaga sirkulasi darah

Buah bisbul juga memiliki kandungan zat besi yang berlimpah, yang dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Zat besi juga bisa meningkatkan oksigenasi jaringan penting dan kelompok otot, merangsang pertumbuhan rambut, mempercepat proses penyembuhan sel-sel, dan meningkatkan efisiensi metabolisme. Mengonsumsi buah bisbul sama artinya membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Meningkatkan kesehatan pernapasan

Orang-orang Filipina kerap menjadikan buah bisbul sebagai makanan untuk meredakan batuk, sesak napas, dan asma. Kandungan mineral dan vitamin dalam buah bisbul memang memiliki manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu meningkatkan kesehatan pernapasan.

Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Buah bisbul memiliki kandungan protein yang bermanfaat dalam menjaga dan memperbaiki pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh. Protein dalam buah bisbul memiliki peran penting dalam melakukan regenerasi pada sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah bisbul dapat membantu menjaga kesehatan mata. Rutin mengonsumsi buah bisbul dapat mengatasi masalah seperti kurang penglihatan atau rabun malam.

Memberi sumber energi

Kandungan kalori yang cukup tinggi pada buah bisbul dapat membantu menyuplai energi untuk tubuh kita. Karenanya, mengonsumsi buah bisbul dapat menjaga tubuh selalu memiliki energi selama bekerja dan beraktivitas.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Kelawi untuk Kesehatan 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar