Aneka Manfaat Buah Bacang untuk Kesehatan

Aneka Manfaat Buah Bacang untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Bacang (Mangifera foetida) adalah buah mirip mangga, yang merupakan salah satu buah jenis Anacardiaceae. Selain dikenal dengan nama buah bacang, buah ini juga disebut pakel, horse mango, malmut, limus, dan machang. Buah ini memiliki rasa asam agak manis, dan baunya wangi. Meski begitu, buah bacang tidak boleh dikonsumsi saat masih mentah, karena kandungan getah di dalamnya dapat menimbulkan iritasi.

Seperti yang disebut tadi, buah bacang mirip buah mangga, dengan bentuk bulat sedikit menonjol. Kulitnya berwarna hijau, daging buahnya berwarna kuning saat matang, dan memiliki serat yang tampak.

Selain bentuk buah yang mirip mangga, pohon bacang juga memiliki ciri yang mirip pohon mangga, dengan tinggi 30-35 meter, dan kulit batang pohonnya berwarna cokelat atau cokelat keabu-abuan. Bila digores atau dilukai, batang pohon bacang akan mengeluarkan getah bening yang cukup berbahaya, karena dapat melukai kulit dan menimbulkan rasa panas.

Hal serupa terjadi saat kita mengupas buah bacang. Jika kita mengupas kulit buah secara tipis, kulit tersebut akan menimbulkan getah yang sama, yang dapat membuat kulit tangan kita terasa gatal, panas, atau bahkan bengkak.

Karenanya, saat akan mengonsumsi buah bacang, disarankan agar mengupas kulitnya lebih dalam, agar getah yang terdapat pada kulit buah tidak sampai tergores. Tentu proses pengupasannya harus menggunakan pisau yang tajam. Selain itu, sebelum dimakan, cucilah buah ini terlebih dulu sampai benar-benar bersih, untuk memastikan getahnya sudah tidak ada.

Selain dimakan sebagai buah segar, buah bacang juga kerap dijadikan pelengkap es atau minuman lainnya. Sejak zaman dulu, daun bacang telah dimanfaatkan untuk menurunkan panas atau demam, bijinya dapat mengatasi masalah jamur, kudis, serta eksim. Sementara buahnya, yang memiliki kandungan vitamin C, sangat baik dalam menunjang daya tahan tubuh. Lebih lengkap, dalam 100 gram buah bacang terkandung nutrisi berikut ini.
  1. Energi: 98 kkal
  2. Protein: 1,4 gr
  3. Lemak: 0,2 gr
  4. Karbohidrat: 25,4 gr
  5. Kalsium: 21 mg
  6. Fosfor: 15 mg
  7. Zat besi: 0 mg
  8. Vitamin A: 1.218 IU
  9. Vitamin B1: 0,03 mg
  10. Vitamin C: 56 mg

Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah bacang pun memiliki manfaat dalam menunjang kesehatan, dan berikut ini uraiannya.

Memberi energi 

Buah bacang memiliki kandungan energi yang cukup banyak, sehingga dapat membantu tubuh memperoleh asupan kalori. Di samping itu, buah bacang juga rendah lemak, sehingga baik untuk dijadikan menu tambahan harian bagi orang yang sedang diet.

Menjaga kesehatan otak

Kandungan air dalam buah bacang diketahui dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Manfaat itu serupa dengan kandungan lemak omega 3 yang terdapat pada ikan.

Meningkatkan stamina

Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, buah bacang mampu membantu meningkatkan stamina tubuh, khususnya untuk orang yang mudah lelah. Namun, sebaiknya konsumsilah buah ini setelah Anda makan nasi. Artinya, buah ini hanya difungsikan sebagai penambah karbohidrat tambahan, bukan utama.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah bacang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, buah bacang memiliki kandungan vitamin yang lengkap, yang dapat membantu melancarkan peredaran darah di tubuh kita.

Menjaga kesehatan kulit

Selain vitamin C, buah bacang juga memiliki kandungan vitamin E yang membantu menjaga kesehatan kulit. Vitamin E bekerja dalam membantu proses regenerasi kulit di tubuh kita, sehingga kulit tampak lebih bersih dan segar.

Selain itu, penelitian menemukan bahwa kandungan yang terdapat pada biji buah bacang dapat mengatasi penyakit kulit, seperti trichophylosif, kudis, dan eksim.

Mengatasi demam

Buah bacang diketahui efektif dalam mengatasi demam dan menurunkan panas. Tidak hanya buahnya, tapi juga daunnya. Karena hal tersebut, banyak pencinta alam yang menjadikan buah bacang sebagai obat, saat mereka kebetulan mengalami demam di tengah hutan.

Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi terkait dengan kurangnya mineral air di dalam tubuh. Mengonsumsi buah bacang dapat membantu tubuh mengatasi dan mencegah dehidrasi, karena buah ini memiliki kandungan air yang kaya. Menikmati jus bacang tidak hanya menyegarkan, namun juga memasok air yang cukup untuk tubuh.

Membantu menetralisir racun

Di dalam tubuh, air memiliki peran yang sangat penting, salah satunya membantu mengatur suhu tubuh dan membantu organ hati bekerja secara maksimal. Terpenuhinya air pada organ hati akan membantu proses pembuangan racun secara optimal. Karena buah bacang memiliki kandungan air yang tinggi, mengonsumsi buah ini dapat membantu tubuh mendapat pasokan air.

Menjaga kesehatan paru-paru

Salah satu organ tubuh yang juga membutuhkan pasokan air adalah paru-paru. Bahkan, 90 persen komposisi paru-paru terdiri atas air. Memenuhi kebutuhan organ ini terhadap air akan menjaga kesehatannya, sekaligus mengoptimalkan kinerjanya. Dalam hal ini, sekali lagi, buah bacang dapat memasok air ke dalam tubuh, karena kandungan airnya yang kaya.

Mengoptimalkan zat besi

Air di dalam tubuh juga memiliki peran dalam membantu proses penyerapan manfaat zat besi, sehingga lebih efektif. Zat besi yang berasal dari sumber makanan lain akan membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Catatan:

Meski memiliki aneka manfaat, namun buah bacang sebaiknya dihindari penderita maag. Buah bacang memiliki kadar asam yang tinggi dan serat yang tebal, sehingga dapat menimbulkan naiknya kadar asam lambung. Karena itu, jika Anda kebetulan penderita maag, sebaiknya hindari mengonsumsi buah ini.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Rambutan untuk Kesehatan