Aneka Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

BIBLIOTIKA - Zuriat adalah buah asal Mesir, yang juga dapat ditemukan di Sudan, Sudan Selatan, Kenya, dan Tanzania. Buah ini juga sering masuk ke Indonesia, dan dibawa oleh para jamaah haji yang kembali ke Tanah Air.

Di tempat aslinya, pohon zuriat tumbuh hingga setinggi 50 kaki atau 15,2 meter, dengan batang yang ramping dan cabang yang halus. Masing-masing cabang berujung kecil, kaku, berwarna hijau, sementara daunnya mirip kipas. Pohon zuriat termasuk anggota palem (Arecaceae).

Batang pohonnya yang kecil sering bercabang dua, membentuk huruf Y, dan pada setiap cabang juga terdapat hal yang sama, yaitu percabangan lain yang sama membentuk huruf Y. Hal itu menjadikan penampilan pohon zuriat tampak unik dan sangat khas.

Kayu yang dihasilkan pohon zuriat sering dimanfaatkan untuk konstruksi serta pembuatan alat-alat rumah tangga, sementara daunnya yang mirip kipas bisa dijadikan bahan membuat tikar, tali, atau diolah untuk menjadi kertas. Mengenai buahnya, sejak dari zaman dulu telah diketahui dapat membantu menyembuhkan luka. Buah zuriat juga sering ditemukan pada makam-makam Mesir selama 5.000 tahun.

Buah zuriat memiliki warna merah oranye, bentuknya mirip apel, dan biasa dinikmati sebagai buah segar, atau dijadikan manisan, sirup, dan bahan sayuran. Daging buahnya berserat tebal, kenyal, dan rasanya agak manis.

Orang-orang yang hidup di gurun biasa menggunakan buah zuriat sebagai makanan untuk mempertahankan hidup. Ketika wilayah Turkana di Kenya mengalami wabah kekeringan selama 1992-1994, masyarakat di sana juga mengandalkan buah zuriat untuk mencegah kelaparan.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, buah zuriat juga memiliki kemampuan sebagai penunjang kesehatan. Karenanya, minuman yang dibuat dari buah ini telah dihargai selama berabad-abad. Jika sewaktu-waktu ada saudara atau tetangga Anda yang datang dari ibadah haji, dan membawa buah zuriat sebagai oleh-oleh, jangan segan memakannya, karena buah ini memiliki aneka manfaat. Berikut ini di antaranya.

Sebagai antioksidan

Buah zuriat memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik, meliputi phytochemical, vitamin, flavonoid, kumarin, hydroxycinnamates, dan komponen lignin, yang bermanfaat untuk mencegah atau mengurangi stres oksidatif karena radikal bebas.

Selain itu, zuriat juga memiliki kandungan flavonoid serta hydroxycinnamates yang tinggi, yang dapat berfungsi sebagai antialergi, antivirus, anti-inflamasi, dan mencegah sel-sel tubuh dari serangan penuaan dini.

Sumber nutrisi yang baik

Penelitian menemukan bahwa buah zuriat memiliki kandungan nutrisi yang baik, meluputi mineral, protein, dan asam lemak, khususnya asam linoleat yang penting. Buah zuriat juga memiliki kandungan senyawa saponin, coumarin, hydroxycinnamates, dan flavonoid, yang semuanya baik untuk kesehatan manusia.

Mencegah hipertensi

Mengonsumsi zuriat sebagai buah segar dapat membantu menurunkan tekanan darah. Untuk dapat menikmati buah zuriat sebagai buah segar, Anda harus memilih buah yang masih muda. Karena buah zuriat yang sudah tua memiliki daging buah yang alot, sehingga sulit dikunyah.

Mencegah radikal bebas

Sejak dua ribu tahun yang lalu, pengobatan tradisional Cina telah merekomendasikan buah zuriat sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Hal itu disebabkan karena buah ini memiliki senyawa antoksidan yang tinggi, seperti polifenol dan karotenoid, yang memiliki efek positif bagi kesehatan, salah satunya untuk mencegah radikal bebas. Di Mesir, minuman berbahan buah zuriat juga telah lama dikenal sebagai minuman kesehatan.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar