Aneka Manfaat Kesehatan di Balik Buah-buahan

Tidak ada komentar :
Aneka Manfaat Kesehatan di Balik Buah-buahan

BIBLIOTIKA - Berdasarkan pomologi (ilmu yang mempelajari segala sesuatu mengenai buah), definisi buah adalah organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yaitu sebagai pemencar biji tumbuhan.

Dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan, pengertian buah lebih luas daripada pengertian atau definisi tersebut. Buah dalam pengertian ini tidak hanya terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.

Dalam pandangan botani, yang disebut buah mencakup bakal buah yang telah berkembang lanjut, beserta jaringan yang mengelilinginya. Bagi tumbuhan berbunga, buah adalah alat untuk menyebarluaskan biji-bijinya; adanya biji di dalam bisa mengindikasikan bahwa organ tersebut adalah buah, meski ada pula biji yang tidak berasal dari buah. Dalam batasan tersebut, variasi buah bisa sangat besar, mencakup buah mangga, buah apel, buah tomat, buah manggis, dan lain-lain.

Terlepas dari hal itu, buah sering kali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri, karena di dalamnya terdapat berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, dan lain-lain. Kenyataan itu pula yang menjadikan buah-buahan dianggap sebagai makanan yang baik, khususnya dalam menunjang kesehatan manusia.

Kita mungkin telah sering mendengar ungkapan terkenal, yang menyatakan, “Mengonsumsi sebutir apel setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter.” Ungkapan itu mengandung makna bahwa rutin mengonsumsi apel dapat menunjang kesehatan tubuh, sehingga dijauhkan dari kemungkinan terserang penyakit. Dengan kata lain, rutin mengonsumsi apel akan menghindarkan kita berurusan dengan dokter, karena tubuh kita selalu sehat.

Namun, yang memiliki manfaat semacam itu tidak hanya apel. Buah-buahan lain juga memiliki manfaat serupa dalam menunjang kesehatan, mulai dari apel, belimbing, jeruk, sampai buah zaitun. Masing-masing buah memiliki khasiat dan manfaat tersendiri, terkait aneka nutrisi yang dikandungnya.

Yang jelas, mengonsumsi buah secara rutin memungkinkan tubuh kita memperoleh nutrisi yang baik, yang dapat membantu menjaga kesehatan. Buah juga dapat meningkatkan energi dan mengasup vitamin yang dibutuhkan manusia.

Dalam buah-buahan terkandungan aneka vitamin, bahkan segala macam vitamin terdapat di dalam buah. Buah juga merupakan sumber antioksidan, bahkan dianggap sebagai sumber antioksidan alami terbesar di dunia. Air dan gizi juga terkandung di dalam buah, sehingga mengonsumsi buah dapat memberikan kebutuhan gizi dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Dengan segala hal tersebut, buah pun diketahui dapat mencegah aneka penyakit, dan menghindarkan tubuh kita dari kemungkinan terserang penyakit. Selain itu, buah juga sering kali menjadi teman diet yang baik.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika rutin mengonsumsi buah-buahan:

Mencegah atau menurunkan risiko kanker. Buah memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas, yang salah satunya menjadi pemicu terjadinya kanker.

Mencegah penyakit jantung. Aneka nutrisi dalam buah di sekitar kita memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol, yang secara tak langsung menghindarkan kita dari kemungkinan terserang penyakit jantung. Mengonsumsi buah secara rutin juga dapat menurunkan risiko terjadinya stroke dan masalah hati.

Buah dapat menjadi sarana diet alami, yang dapat mencegah atau menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyerang kesehatan tubuh kita.

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah dapat mencegah hipertensi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

Buah-buahan juga memiliki kandungan aneka vitamin, mineral, dan berbagai zat gizi penting, yang dapat menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh kita sehari-hari.

Baca juga: Aneka Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar