Cerita Bohong yang Dimuat Wikipedia Hingga 10 Tahun

Tidak ada komentar :
Cerita Bohong yang Dimuat Wikipedia Selama 10 Tahun

BIBLIOTIKA - Banyak orang percaya Wikipedia adalah situs ensiklopedia terpercaya. Karena itu, banyak pula orang yang menggunakan Wikipedia sebagai rujukan saat menulis artikel, atau bahkan saat menyusun skripsi dan tugas kuliah. Bahkan, sebagian orang sepertinya sangat bangga jika artikelnya merujuk pada keterangan pada Wikipedia, yang seolah secara tak langsung menunjukkan bahwa artikelnya absah dan terpercaya.

Tapi benarkah begitu? Benarkah semua artikel di Wikipedia layak dijadikan rujukan, karena semua yang ada di situs ensiklopedia online itu memang dapat dipercaya? Kisah berikut ini akan menunjukkan pada kita, bahwa tidak selamanya yang ada di Wikipedia bisa dipercaya.

Sejak tahun 2005, di Wikipedia ada cerita mengenai seseorang bernama Jack Robichaux. Dia digambarkan sebagai seorang pemerkosa berantai yang beraksi pada abad ke-19, dan melancarkan aksinya di sekitar New Orleans, Louisiana, AS. Selain terkenal sebagai pemerkosa, Robichaux juga merupakan musisi jazz andal yang dikenal di New Orleans. Kejahatannya pun seakan telah menjadi rahasia umum kala itu.

Ternyata, tokoh bernama Jack Robichaux adalah sosok fiktif, atau tidak pernah ada. Dengan kata lain, cerita tentang Jack Robichaux di Wikipedia bohong belaka. Memang benar di Louisiana ada musisi jazz yang bernama belakang Robichaux. Lebih spesifik, John Robichaux. Tapi dia bukan pemerkosa, karena nyatanya Jack Robichaux adalah tokoh fiktif yang sengaja direkayasa.

Kisah dramatis tentang Jack Robichaux yang sebenarnya bohong itu dibuat oleh dua orang, yaitu Bill Maas dan Van Robichaux. Saat membuat kisah pemerkosa berantai itu, keduanya masih berkuliah di Washington University, AS.

Pada 8 Februari 2016, dalam wawancara dengan BusinessInsider, Bill Maas menyatakan bahwa ia dan kawannya memang sengaja membuat artikel fiktif atas motif iseng. Sebelum membuat cerita Jack Robichaux, mereka sudah beberapa kali mengunggah artikel bohong di Wikipedia, namun semuanya berumur pendek. Artikel-artikel bohong itu ketahuan editor di sana, dan dihapus.

Hanya kisah Jack Robichaux yang mampu bertahan lama, hingga 10 tahun, dan tidak terdeteksi kalau itu cerita bohong. Kebohongan itu baru terungkap setelah 10 tahun, hingga mencatat rekor dalam sejarah Wikipedia, sebagai artikel hoax yang bertahan paling lama.

“Kami hanya ingin menyajikan informasi palsu di Wikipedia, lebih kurang sebagai tantangan. Kami sudah mencoba pada banyak artikel berbeda sebelumnya, tetapi selalu gagal,” kata Bill Maas.

Baca juga: Fakta-fakta Mengerikan di Balik Virus Zika

Tidak ada komentar :

Posting Komentar