Mengenal Jaket Pintar Karya Google dan Levi’s

Tidak ada komentar :
Mengenal Jaket Pintar Karya Google dan Levi’s

BIBLOTIKA - Google tampaknya tidak berhenti berinovasi di dunia teknologi. Setelah menghasilkan aplikasi android, kacamata pintar, dan lain-lain, kini Google menghasilkan karya lain dalam bentuk jaket. Bukan jaket sembarangan, karena jaket karya Google ini disebut jaket pintar.

Sejak tahun 2015, Google telah memulai kerjasama pembuatan jaket pintar, bersama perusahaan Levi’s. Jaket pintar itu dirancang untuk dapat digunakan mengendalikan smartphone. Kini, jaket pintar rancangan Google dan Levi’s itu telah selesai dibuat, dan telah menjadi produk yang direncanakan segera dapat dimiliki siapa pun.

Levi’s menyebut jaket pintar itu dengan nama Commuter Trucker. Pada bagian lengan kiri jaket tersebut terdapat sebuah panel sentuh tipe kapasitif, yang bisa merespons perintah berupa ketukan atau usapan di permukaannya. Panel sentuh di lengan jaket itu memiliki baterai yang dapat diisi ulang, dan bisa bertahan selama dua hari dalam sekali pengisian.

Pemilik jaket pintar ini mesti mengunduh sebuah aplikasi smartphone agar bisa menyambungkan panel dengan smartphone, sekaligus memanfaatkan berbagai fiturnya. Misal untuk mengatur bahwa dua ketukan di panel sentuh berarti perintah untuk menyalakan aplikasi musik.

Sementara ini, panel sentuh tersebut hanya bisa dipakai menjalankan aplikasi tertentu di smartphone. Di antaranya memulai atau menghentikan aplikasi musik, menjawab panggilan telepon, membaca pesan teks, serta menjalankan aplikasi Google Maps dan Calendar.

Dalam rilisnya, Google menyatakan mereka sedang berusaha mengembangkan jaket pintar ini lebih jauh. Mereka berharap bisa memasang berbagai aplikasi pihak ketiga ke platform jaket pintar, sehingga pengguna memperoleh fitur yang lebih kaya. Sekadar catatan, saat ini jaket Commuter Trucker tidak/belum bisa berfungsi dengan baik jika dipasangkan dengan iPhone. Hanya smartphone Android yang dapat dengan lancar terhubung ke panel sentuh di jaket tersebut.

Jaket pintar ini sempat dipamerkan oleh Google pada konferensi I/O tahun 2016, dan diresmikan pada ajang SXSW 2017. Rencananya, Levi’s menjadi pihak yang akan menjual jaket Commuter Trucker tersebut, dengan pilihan ukuran untuk pria dan wanita. Harga Commuter Trucker dibanderol 350 dolar AS atau sekitar Rp 4,6 juta.

Baca juga: Tap Strap, Alat untuk Mengubah Semua Benda Menjadi Keyboard

Tidak ada komentar :

Posting Komentar