Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Tidak ada komentar :
 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

BIBLIOTIKA - Banyak wanita yang kelihatan terlalu gemuk. Untuk menguranginya, mereka berusaha dengan sekuat tenaga, dengan beragam cara. Dari mulai rajin berolahraga hingga diet. Bahkan, ada yang menggunakan obat pelangsing tubuh, yang sesungguhnya berbahaya bagi kesehatan.

The Hope International Research Institute menyarankan beberapa kiat sehat untuk menurunkan beran badan. Jika Anda termasuk orang yang ingin menurunkan berat badan, mengapa tidak mencoba mengikuti saran-sarannya? Siamaklah kita-kiat berikut ini:

Apabila Anda frustrasi, kecewa, sedih atau merasa jenuh, cobalah untuk melakukan sesuatu yang lain daripada menyalurkannya pada makanan. Alasannya, banyak wanita yang tidak bisa mengendalikan nafsu makannya di kala stres atau marah. Mulai sekarang,  jangan turuti nafsu makan Anda di kala sedang marah. Baik saat marah atau normal, makanlah seperti biasa, sehingga Anda tidak terkejut menyaksikan timbangan berat badan Anda.

Janganlah ikut-ikutan makan lantaran orang-orang di sekitar Anda makan, padahal bukan dalam jam waktu makan. Bila Anda tidak merasa lapar, biasakanlah minum segelas jus atau air putih. Hal tersebut justru lebih menguntungkan berat badan dan kesehatan, dibandingkan harus ikut-ikutan makan dengan rekan-rekan Anda.

Bila sering timbul keinginan untuk jajan, bawalah makanan kecil rendah kalori dari rumah. Jangan sekali-kali membawa uang kecil saat berangkat bekerja, karena ini biasanya mendorong seseorang untuk membeli jajanan.

Kurangi konsumsi minuman yang banyak mengandung kafein. Ini penting, karena kafein (terutama pada kopi) dapat merangsang nafsu makan. Kurangi atau bahkan lebih baik tinggalkan dan gantilah dengan minuman air putih.

Bila Anda memaksakan diri membeli cemilan, boleh-boleh saja. Namun cobalah membeli dengan porsi kecil, bukan porsi keluarga. Sehingga tidak terlalu banyak porsinya.

Jangan makan kurang dari tiga kali sehari. Mengapa? Tidak lain lantaran ini bisa menjerumuskan Anda untuk makan lebih banyak. Untuk itu, makanlah seperti biasa, pada jam makan yang telah ditentukan, pagi, siang dan malam.

Buatlah catatan harian makanan. Ini penting karena dengan mencatat apa yang Anda makan, kapan dan bagaimana perasaan saat itu, akan menyadarkan Anda berapa banyak yang dikonsumsi dan penyebabnya. Cara ini akan membuat Anda dapat menanggulangi godaan untuk makan.

Rasa lapar yang Anda rasakan pada saat bekerja kadang-kadang disebabkan oleh stres atau frustrasi. Untuk mengatasinya, cobalah berjalan-jalan keluar untuk naik turun tangga daripada duduk menikmati kopi, teh manis dan kue. Tidurlah dengan cukup. Ini penting, lantaran banyak orang yang makan berlebihan pada saat mereka capek (kurang tidur atau tidak cukup tidur).

Minumlah es buah. Minum es buah justru lebih menguntungkan Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan, dibanding harus melahap es krim. Selain menyegarkan, es buah ini mengandung kalori rendah yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Memahami Dampak Negatif Silikon untuk Kecantikan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar