Menjaga Pola Makan yang Baik dan Sehat

Tidak ada komentar :
 Menjaga Pola Makan yang Baik dan Sehat

BIBLIOTIKA - Berapa kali Anda makan dalam sehari? Idealnya, dan bagusnya, ditinjau dari segi kesehatan makan yang baik dan sehat adalah tiga kali dalam sehari. Khusus untuk pagi dan siang hari, porsinya dapat diperbanyak karena orang biasanya akan melakukan aktivitas yang besar atau berat pada waktu-waktu ini.

Sedangkan untuk malam hari, cukuplah hanya mengkonsumsi makan yang sedikit atau porsinya dikurangi. Karena, sebagaimana yang telah dinyatakan di atas, makan banyak pada waktu menjelang tidur dikhawatirkan akan membuat penumpukan lemak pada tubuh.

Idealnya pula, istirahat yang baik dalam waktu sehari semalam adalah delapan jam. Ini biasanya istirahat dalam bentuk tidur yang cukup. Soal kapan waktunya sesungguhnya tidak terlalu masalah. Artinya, kalau Anda terbiasa tidur siang, maka Anda bisa saja membagi waktu istirahat yang delapan jam itu dengan cara tidur siang selama dua jam dan tidur malam selama empat jam.

Lalu bagaimana dengan berat badan yang ideal? Bagi wanita yang belum menikah, berat badan yang bisa dikatakan ideal adalah dengan menggunakan rumus ini: tinggi badan dikurangi 110, kemudian dikurangi lagi 5 persen. Sedangkan bagi wanita yang telah menikah, maka berat badan yang ideal adalah dengan mengurangi tinggi badan sebanyak 110 dan ditambah 5 persen.

Terakhir, kaum wanita juga perlu selalu mewaspadai bagian-bagian tubuh yang biasanya rentan terhadap kegemukan. Bagian-bagian tubuh yang rentan terhadap kegemukan itu biasanya adalah bagian perut, paha, lengan atas, pinggul dan pantat. Dari kelima daerah itu, biasanya yang paling sulit diatasi adalah pada bagian paha, meskipun tetap aja tidak tertutup kemungkinan bagian lain juga sama sulitnya diatasi.

Masalah kegemukan pada beberapa bagian itu biasanya tergantung pada anatomi tubuh seseorang. Ada kalanya orang gemuk namun perutnya saja yang berlemak, sedangkan bagian lainnya biasa-biasa saja (tidak gemuk atau berlemak). Langkah pencegahan sebelum terjadi kegemukan pada bagian-bagian tubuh di atas itu adalah dengan memperhatikan hal-hal di atas, selain pula membiasakan diri untuk melakukan stretching setiap hari, setidaknya lima sampai sepuluh menit secara teratur.

Diet yang baik juga dapat mengusir lemak, kalau memang dilakukan secara baik dan teratur. Seringkali, dalam upaya mencegah dan mengatasi kegemukan adalah keteraturan. Jangan pernah bosan melakukan upaya-upaya itu, karena rutinitas, kontinyuitas dan keteraturan adalah faktor utama dalam membantu menjaga berat badan, atau menurunkan berat badan.

Baca juga: Hal-hal yang Menyebabkan Kegemukan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar