Panduan Lengkap Merias Wajah secara Benar

Tidak ada komentar :
Panduan Lengkap Merias Wajah secara Benar

BIBLIOTIKA - Seringkali, yang menjadikan seorang wanita menjadi cantik adalah karena ketepatan dalam merias wajahnya, yang disesuaikan dengan bentuk wajah serta jenis kulit wajah. Tidak jarang seorang wanita cantik menjadi kehilangan kecantikannya karena salah dalam menangani wajahnya sendiri karena ketidaktahuannya.

Dengan tata rias yang tepat, maka kekurangan-kekurangan tertentu yang terdapat pada wajah dapat dihilangkan atau diminimalkan sehingga tidak terlalu kelihatan. Hasilnya, wajah pun akan menjadi nampak sempurna kecantikannya setelah proses riasan. Tata rias yang baik dan tepat tentu saja akan menambah nilai kecantikan wanita. Riasan yang tidak terlalu menor atau berlebihan seringkali menjadi riasan yang baik dan nampak enak dipandang.

Merias wajah secara tepat juga perlu mempertimbangkan tempat yang akan dikunjungi. Selain itu, sebagaimana yang telah disinggung di atas, tata rias yang tepat haruslah mempertimbangkan jenis kulit dan karakter kulit. Kulit yang berbeda jenis akan membutuhkan perawatan dan tata rias yang berbeda, kosmetik yang berbeda, serta hasil yang berbeda. Tahapan riasan juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan kecantikan yang sempurna.

Nah, berikut ini adalah saran-saran untuk merias wajah secara benar, sekaligus untuk menghindarkan efek negatif yang bisa saja ditimbulkan dari kosmetika yang dipergunakan secara tidak benar.

Tahap membersihkan wajah

Sebelum Anda menggunakan kosmetika apapun pada wajah Anda, sebaiknya wajah terlebih dulu dibersihkan dari kotoran yang mungkin saja menempel. Dalam memilih pembersih wajah, kenalilah terlebih dulu jenis kulit Anda untuk menentukan pembersih wajah yang paling pas dan tepat. Berikut ini panduannya:

Untuk jenis kulit yang kering; bersihkanlah wajah dengan menggunakan krim pembersih yang dilanjutkan dengan tonic penyegar. Usahakan untuk sesedikit mungkin menggunakan sabun serta pembersih yang mengandung alkohol untuk mempertahankan lemak kulit. Pilihlah bahan pembersih yang bahan dasarnya kaya akan minyak. Di samping membersihkan kulit, bahan pembersih yang kaya mengandung minyak akan mempertahankan kelembaban kulit sehingga tidak sering mengalami pecah-pecah atau kering.

Untuk jenis kulit yang berminyak; bersihkanlah wajah dengan menggunakan susu pembersih yang memiliki kadar lemak yang rendah. Untuk pemakaian astringen, disarankan yang mengandung alkohol.

Untuk jenis kulit kombinasi atau normal; bersihkanlah wajah dengan menggunakan krim pembersih yang mengandung kadar minyak sedang (tidak terlalu banyak juga tidak terlalu sedikit). Gunakan astringen, terutama pada bagian dahi, hidung dan bagian dagu (bagian-bagian wajah yang cenderung berminyak).

Untuk jenis kulit yang sensitif; khusus untuk jenis kulit yang sensitif ini diperlukan perhatian yang lebih khusus dalam permbersihannya. Krim pembersih yang digunakan disarankan yang sesuai dengan kecenderungan jenis kulit, apakah kering ataukah berminyak. Sebaiknya, menggunakan pembersih yang berkadar minyak rendah, tidak mengandung suatu jenis pafum dan atau anti alergi. Bahan penyegar yang digunakan juga disarankan yang tidak mengandung alkohol.

Tahap pengolesan pelembap

Pelembab merupakan imulsi air dan minyak yang merangsang pertumbuhan sel-sel kulit. Pelembab bermanfaat untuk mengedarkan bahan makanan bagi lapisan kulit luar, menghindarkan kurangnya zat yang memberi kelembutan pada kulit, serta juga berfungsi untuk mempertahankan rias wajah:

Untuk jenis kulit kering; pilihlah pelembab yang berbentuk krim, lalu usapkan pada seluruh bagian wajah. Krim ini tidak hanya kaya akan minyak, namun juga memiliki bahan yang mampu menyaring ultraviolet pada sinar matahari. Pada prinsipnya, semua produk untuk kulit wajah yang kering umumnya mengandung bahan yang bisa mencegah penguapan air dari kulit.

Untuk jenis kulit berminyak; gunakanlah pelembab yang berupa lotion atau cair dan bebas minyak. Oleskanlah pelembab, terutama pada bagian-bagian yang kering, semisal pipi, bagian bawah mata, juga bagian leher.

Tahap pemakaian alas bedak

Khusus untuk jenis kulit yang kering, pilihlah foundation atau alas bedak yang berbentuk krim yang tepat dengan jenis kulit. Selain bermanfaat untuk melembabkan kulit, krim jenis ini juga akan memiliki efek melembutkan. Jenis alas bedak dengan bahan dasar air juga baik sekali untuk digunakan apabila akan berolahraga, karena biasanya mengandung zat yang dapat menyaring sinar ultraviolet. Pemakaiannya pun mudah dan efek yang ditumbulkan juga kecil.

Tahap penggunaan pemerah pipi

Untuk jenis kulit yang kering, pilihlah pemerah pipi yang berbentuk krim dan cair, karena jenis tersebut akan cepat menyatu dengan kulit. Bubuhkanlah pemerah pipi setelah memakai alas bedak atau foundation, dan juga sebelum memakai bedak.

Untuk jenis kulit yang berminyak, pilihlah pemerah pipi yang berbentuk padat, karena mengandung bahan talk dan kadar minyaknya rendah sehingga cocok untuk jenis kulit berminyak.

Tahap pemakaian bedak

Pemakaian bedak untuk jenis kulit kering atau berminyak bisa dikatakan tidak berbeda. Ambillah bedak dengan menggunakan spon yang halus, lalu usapkan pada muka dengan cara merata sambil sedikit ditekan.

Pada saat mengusapkan bedak ini, spon bedak jangan digosok-gosokkan pada kulit wajah, melainkan hanya ditabur atau ditepuk-tepukkan secara lembut. Tindakan menggosokkan spon bedak pada wajah akan dapat menghilangkan alas bedak yang telah dipakai.

Tahap peronaan mata

Perona mata dalam bentuk bedak cocok dipakai untuk segala jenis kulit, kecuali bagi wanita yang kulit mukanya telah berkeriput. Jenis perona mata berbentuk bedak ini tahan lama karena tidak mengandung minyak, sehingga juga tidak gampang lumer atau memudar. Tetapi bentuk ini tidak dianjurkan bagi Anda yang menggunakan lensa kontak.

Nah, untuk wajah yang berkeriput disarankan untuk menggunakan perona mata yang berbentuk krim. Ini akan lebih cocok dibanding perona mata dalam bentuk bedak. Namun, pilihlah yang tidak berkilau karena jenis seperti itu nantinya malah akan menonjolkan keriput yang terdapat pada kulit wajah.

Tahap pemakaian lipstik

Dalam pemakaian lipstik, sebenarnya tidak ada perbedaannya bagi semua jenis kulit, entah yang bermuka kering ataupun yang berminyak. Perbedaannya hanya terdapat pada Anda yang kemungkinan memiliki bibir terlalu kering. Karenanya, apabila jenis bibir Anda kebetulan seperti itu (terlalu kering), maka sebaiknya oleskanlah terlebih dulu pelembab bibir sebelum menggunakan lipstik.

Tahap pemakaian pensil alis

Saat ini sudah ada beberapa jenis pensil alis yang beredar di pasaran. Ada yang berbentuk lunak, ada pula yang berbentuk padat atau keras. Di dalam penggunaan pensil alis pun bisa dikatakan tidak ada perbedaan antara jenis kulit yang berbeda. Hanya saja Anda dianjurkan untuk berhati-hati dalam menggunakannya, serta dianjurkan untuk memilih jenis pensil alis yang lunak, agar tidak sampai melukai kulit.

Baca juga: Panduan Mengatasi Wajah Berminyak

Tidak ada komentar :

Posting Komentar