Panduan Melindungi Kulit Wajah Sepanjang Hari

Tidak ada komentar :
Panduan Melindungi Kulit Wajah Sepanjang Hari

BIBLIOTIKA - Kulit, khususnya kulit wajah, adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Karenanya, apabila tidak dirawat dan dilindungi dengan baik, maka di kulit wajah pun biasanya akan timbul flek-flek hitam, atau timbul jerawat, mengalami iritasi, kulit kering, sampai bisa pula berakibat pada penuaan dini.

Nah, untuk mencegah hal-hal negatif yang dapat timbul pada kulit wajah, maka perlu dilakukan perlindungan sehari-hari pada kulit wajah dengan cara membersihkan dan menyegarkannya secara rutin, sekaligus pula memberikan nutrisi yang bersifat positif bagi kulit wajah seperti pelembab, bedak ataupun sun block.

Melakukan perawatan dan perlindungan pada wajah ini memang terkadang membuat orang malas melakukannya, apalagi kalau harus menggunakan beberapa produk sekaligus secara rutin. Alasan malas ini biasanya adalah karena kesibukan dan tidak adanya waktu. Padahal, aktivitas yang banyak dilakukan di luar ruangan akan menjadikan kulit wajah pun terkena paparan sinar matahari secara langsung, dan apabila ini tidak ditanggulangi, maka kulit wajah pun akan cepat menjadi rusak.

Nah, berikut ini adalah kiat-kiat praktis yang tidak akan banyak menyita waktu Anda, untuk melindungi kulit wajah Anda sehari-hari:

Sebelum Anda keluar rumah, entah untuk beraktivitas, bekerja ataupun bepergian, cucilah wajah dengan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Setelah itu, gunakanlah pelembab atau bisa pula krim pelindung matahari. Apabila Anda keluar rumah dengan mengendarai sepeda motor, jangan lupa untuk menggunakan penutup muka atau slayer agar terlindungi sementara dari asap motor di jalan raya.

Hindari mengusap muka secara kasar dengan sapu tangan karena berkeringat. Sebaiknya, usaplah dengan cara yang lembut, pelan dan teratur.

Apabila sedang berkeringat, jangan langsung cuci wajah dengan menggunakan air dingin, sebaiknya tunggu dulu sampai wajah Anda menjadi kering terlebih dulu. Lebih baik kalau Anda mencuci wajah dengan air hangat setelah berkeringat.

Seusai bepergian atau beraktivitas di luar rumah, cucilah wajah Anda kembali dengan menggunakan sabun muka.

Membuat larutan penyegar dengan mudah

Ini adalah tips cara membuat larutan penyegar dari bahan bengkoang. Tertarik untuk mencoba membuatnya?

Siapkan bengkoang segar, 1 sendok teh air jeruk nipis dan 1 sendok makan madu.

Cara membuatnya, bengkoang diparut, diperas dan kemudian disaring, lalu endapkan. Pisahkan pati dan sari bengkoang. Campurkan air jeruk nipis dan madu ke dalam sari bengkoang dan aduklah hingga tercampur merata.

Setelah wajah dibersihkan, gunakan larutan ini sebagai penyegar, khususnya pada siang hari atau setelah beraktivitas.

Larutan ini khususnya cocok bagi mereka yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat. Air sari bengkoang juga dapat diminum langsung tanpa campuran lain. Selain segar, sari bengkoang sangat efektif dalam menambah kekenyalan kulit dan menyegarkan tubuh. Sedangkan campuran air jeruk nipis dalam larutan ini berperan mengecilkan pori-pori dan melembutkan kulit, yang disempurnakan oleh madu.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar