10 Tanda Umat Manusia Menuju Perang Dunia III (Bagian 3)

Tidak ada komentar :
10 Tanda Umat Manusia Menuju Perang Dunia III

BIBLIOTIKA - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (10 Tanda Umat Manusia Menuju Perang Dunia III - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Sementara itu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan Bank Dunia menyatakan, jika tidak ada antisipasi yang dilakukan, maka pada tahun 2050 nanti tidak akan ada cukup makanan bagi seluruh penduduk bumi.

Kita bisa membayangkan apa yang akan terjadi, jika kelak berbagai penduduk di banyak negara telah sama-sama mengalami krisis makanan. Jika kelangkaan makanan telah terjadi, maka setiap negara tidak akan ragu untuk saling serang satu sama lain, demi bisa mencukupi kebutuhan makan penduduknya.

Krisis utang di Eropa

Negara-negara di wilayah Eropa sedang mengalami masalah lain, yaitu krisis utang. Masalah keuangan di sana telah dimulai sejak tahun 2009, dan tampaknya terus memburuk dari waktu ke waktu. Jumlah rata-rata pengangguran di Yunani dan Spanyol, misalnya, telah menunjukkan angka sebesar 27% di tahun 2013.

Karena kenyataan itu, The Telegraph melaporkan, “Ketegangan di antara negara-negara Eropa yang tidak pernah terlihat selama puluhan tahun, kini mulai meningkat.”

Selain risiko timbulnya konflik di antara negara-negara Eropa akibat persoalan utang yang tidak terbayar, jumlah pengangguran yang terlalu banyak di negara-negara tersebut juga diprediksi akan menyumbang kekacauan di seluruh kota.

Kerusakan lingkungan yang kian parah

California hari ini dan California sepuluh tahun yang lalu adalah dua tempat yang berbeda. Sepuluh tahun lalu, California adalah tempat yang hijau, dengan sawah-sawah terhampar luas. Tetapi, California hari ini adalah hamparan padang tandus yang kering. Kekeringan selama tiga tahun telah mengurangi pasokan air dengan jumlah yang sangat signifikan, dan mengubah California selamanya.

Michael Klare, pemerhati masalah lingkungan, menyatakan, “Naiknya permukaan laut dalam 50 tahun berikutnya akan menghapus banyak daerah pesisir, menghancurkan kota-kota besar, infrastruktur penting (termasuk jalan, rel kereta api, pelabuhan, bandara, jaringan pipa, kilang, dan pembangkit listrik), dan lahan pertanian utama.”

Jika kerusakan lingkungan terus terjadi, dan menghancurkan sebuah negara, maka penduduk di sana akan membutuhkan tempat yang lebih baik untuk tinggal. Jika negara lain tidak mau menerima mereka, tidak mustahil hal itu akan memicu peperangan.

Masalah Korea Utara

Masalah Korea Utara adalah masalah yang bisa dibilang tak terlalu terlihat, tapi menyimpan potensi berbahaya. Negara itu memang tertutup, dan sekilas tampak baik-baik saja. Tetapi, Korea Utara termasuk negara yang menguasai persenjataan nuklir, dan aktif dalam hal tersebut.

Pada tahun 2006, misalnya, Korea Utara telah melakukan tiga kali percobaan senjata nuklir. Mereka juga diketahui mengembangkan rudal balistik yang mampu menyeberang lautan untuk menyerang negara lain yang ada di belahan dunia lain. Kenyataan itu membuat negara-negara lain jadi khawatir.

Memang, PBB telah mengatur permasalahan nuklir, dan hanya negara-negara tertentu yang boleh mengembangkan senjata nuklir. Tetapi, tidak menutup kemungkinan justru “negara-negara tertentu” itulah yang akan memulai Perang Dunia III dengan persenjataan nuklir mereka.

Permusuhan Israel dan Iran

Terkait Iran dan Israel, ada dua teori yang mengemuka. Teori pertama menyatakan bahwa sebenarnya Iran dan Israel bersahabat, meski mereka tampak bermusuhan. Teori kedua menyatakan, kenyataannya Iran memang membenci Israel.

Terlepas teori mana yang benar, yang jelas Iran terang-terangan mengatakan ingin menghancurkan Israel. Dick Cheney, mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, pernah mengatakan, “Iran menyatakan kebijakan bahwa tujuan utama mereka adalah menghancurkan Israel.”

Baca lanjutannya: 10 Tanda Umat Manusia Menuju Perang Dunia III (Bagian 4)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar