Mengenal Rich Chigga, Rapper Indonesia yang Mendunia

Tidak ada komentar :
 Mengenal Rich Chigga, Rapper Indonesia yang Mendunia

BIBLIOTIKA - Bagi pengguna internet yang sering mengakses YouTube, khususnya lagi yang menyukai hip hop, kemungkinan besar mengenal Rich Chigga, rapper remaja asal Indonesia yang kini mendunia. Video lagunya di YouTube bahkan telah ditonton lebih dari 21 juta kali. Kenyataan itu menjadikan Rich Chigga sebagai ikon baru di internet, khususnya di dunia hip hop.

Nama aslinya Brian Imanuel, dan dia lahir di Jakarta, 17 tahun yang lalu. Semula, dia tidak bisa berbahasa Inggris. Ia belajar bahasa Inggris lewat YouTube, sampai kemudian bisa membuat dan menyanyikan lagu hip hop berjudul Dat $tick yang menggunakan bahasa Inggris, dan video itu populer di dunia yang juga melambungkan namanya. Melalui hip hop itu pula Brian Imanuel menggunakan nama Rich Chigga.

Sebegitu populer sosok remaja ini, sampai majalah TIME menulis tentangnya, dan mengunggah videonya di situs mereka. Dalam ulasan TIME, lagu yang dinyanyikan Rich Chigga “lumayan bagus” meski tidak ada yang revolusioner dalam lagu-lagu hip-hop.

Lirik lagu Rich Chigga mengemukakan keresahan soal kelompok gangster. Dalam klip video Dat $tick yang diunggah ke YouTube, Rich Chigga tampak sedang memegang pistol dan botol rum, serta berjoget-joget dengan gaya berlebihan mirip Drake dalam klip video Hotline Bling.

Orang-orang yang membagi video Rich Chigga di media sosial tampaknya memang menyukai musiknya, tapi kebanyakan suka dengan gaya rap Rich Chigga yang bicara soal “membunuh babi” dan mengendarai Maserati. Dalam video itu, Rich Chigga tampil mengenakan kaos Polo warna pink, serta mengenakan tas pinggang Reebok.

Tory Lanez, seorang penyanyi rap, juga rapper-rapper terkenal lain seperti Ghostface Killah and Cam’ron, memberi banyak pujian dalam sebuah video yang diunggah khusus sebagai reaksi terhadap video Rich Chigga. Cam’ron menyatakan, “Saya melihat sisi komedinya. Yang dia sampaikan di rapping-nya itu keren. Aliran rap-nya berat.”

Sementara Ghostface Killah, tetua hip hop yang pernah bergabung di Wu-Tang Clan, sampai membuat remix lagu Dat $tick.

Siapakah sebenarnya Rich Chigga? Dia remaja Jakarta, yang masih tinggal bersama orangtuanya. Dia menjalani homeschooling (belajar/sekolah di rumah). Karenanya, sehari-hari dia menghabiskan waktu di rumah. Sementara orangtuanya sibuk mengurusi bisnis kafe. “Saya punya banyak waktu sendiri,” ujarnya.

Sebagai pribadi, Brian Imanuel alias Rich Chigga adalah sosok serius. Ia anak bungsu dari empat bersaudara. Dia tidak mau menjelaskan mengapa memilih homeschooling. Namun, rekan dekatnya mengatakan bahwa Rich Chigga tidak bersekolah dan hanya belajar di rumah, karena orangtuanya terlalu sibuk untuk mengantarnya sekolah. Sementara Sonia, kakak Rich Chigga, menyebut adiknya sebagai anak aneh yang anti-sosial di sekolah.

Yang jelas, dalam kesendiriannya di rumah, Rich Chigga menikmati waktunya dengan bermain rubik. Ia juga kerap menggunakan komputer milik orangtuanya untuk mencari tahu strategi memecahkan rubik lebih cepat di internet. Itu pula yang lalu menjadi awal cerita dia menemukan YouTube. Dia juga menemukan Twitter, dan mendaftar pada 2010, saat usianya masih di bawah 11 tahun.

Pada waktu itu, Rich Chigga belum bisa berbahasa Inggris. Namun, melalui tutorial rubik di video-video YouTube, dia menyadari bisa cepat belajar. Kemudian, pada 2012, seorang temannya mengenalkannya pada hip hop. Lagu hip hop yang pertama kali didengarnya adalah Thrift Shop, yang dinyanyikan Chainz and Macklemore.

Sejak itu, Rich Chigga tertarik dengan hip hop, dan mencoba menyanyikan lagunya sendiri. “Bahasa Inggris saya saat itu jelek sekali,” katanya sambil tertawa. “Belajar nge-rap sebenarnya membantu melancarkan bahasa Inggris saya, karena memaksa saya untuk ngomong cepat, dan biasanya saya buruk dalam hal itu.”

Sekarang, dia lebih suka berbahasa Inggris. “Saya lebih suka pakai bahasa Inggris, karena bisa bicara lebih banyak ketimbang pakai bahasa Indonesia,” terangnya.

Kini, setelah populer sebagai penyanyi hip hop, sosok Brian Imanuel alias Rich Chigga pun menjadi salah satu selebritas internet. Di Twitter, dia memiliki follower sekitar 250 ribu orang. Di SoundCloud, jumlah pengikutnya sekitar 100.000. Dia juga sudah memiliki manajer di Los Angeles.

Dalam video lagu Dat $tick, Rich Chigga tampak membawa botol rum. Meski begitu, dalam kehidupan nyata, dia tidak merokok dan jarang minum. Dia menceritakan, “Saya pernah mengalami fase suka dugem, tapi sudah tidak lagi karena membosankan. Isinya cuma anak-anak orang kaya, dan mereka yang ingin kelihatan kaya. Mereka bukan mau pesta, intinya pamer di Instagram kalau kamu pernah ke klub.”

Karena telah populer, sosok Rich Chigga pun jadi mudah dikenali. Saat di dunia nyata, ketika sedang berada di mal, misalnya, dia kadang dikerubungi orang-orang yang mengajaknya selfie. Dalam hal itu, dia mengakui, ia tak begitu suka.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar