Harga Untuk Impian dan Cita-cita

Tidak ada komentar :
Harga Untuk Impian dan Cita-cita

BIBLIOTIKA - Ada sebuah kisah legenda yang sangat bagus sekali untuk kita renungkan. Kisahnya adalah tentang seorang Raja yang kaya-raya, yang ingin menyimpul-kan rahasia apa yang diperlukan untuk menjadi sukses. Sang Raja meminta kepada para cendekiawan dan orang-orang yang paling bijaksana dalam kerajaannya untuk merumuskan rahasia itu. “Aku akan memberi kalian waktu sepuluh tahun untuk menemukan jawabannya,” kata sang Raja.

Para cendekiawan dan orang-orang bijaksana itu pun mulai bekerja siang malam untuk menghasilkan rumusan yang pasti dari rahasia mencapai sukses. Sepuluh tahun kemudian, mereka pun kembali menghadap sang Raja dan mempersembahkan sebuah buku yang luar biasa tebal kepada Raja.

Sang Raja membuka buku itu dan mempelajarinya beberapa saat, kemudian dia berkata, “Ini kelihatannya terlalu sulit, juga terlalu rumit. Aku akan memberikan kalian waktu sepuluh tahun lagi untuk menemukan jawaban menuju sukses yang lebih ringkas.”

Para cendekiawan dan orang-orang bijaksana itu kembali bekerja siang malam untuk meringkas semua ajaran yang telah mereka tulis dalam buku terdahulu. Lalu sepuluh tahun kemudian, mereka kembali menghadap sang Raja. Kali ini mereka membawa buku yang lebih tipis, kurang dari separuh dari buku yang terdahulu.

Sang Raja mengambil buku itu, membukanya, kembali mempelajarinya beberapa saat, dan kemudian menggelengkan kepalanya. “Ini juga masih terlalu sulit,” katanya, “Ambillah waktu sepuluh tahun lagi untuk merumus-kan rahasia sukses itu. Buatlah seringkas mungkin.”

Waktu sepuluh tahun lagi pun berlalu, dan ketika saatnya tiba, para cendekiawan serta orang-orang bijaksana itu kembali menghadap sang Raja. Para cendekiawan dan orang-orang bijaksana itu kini sudah lebih tua dan kelelahan, dan kini mereka mempersembahkan sehelai kertas saja kepada Raja. Di atas kertas itu tertulis sebuah kalimat.

Sang Raja sangat bersukacita. Ia tersenyum dan mengangguk-anggukkan kepalanya saat membaca tulisan yang ada di kertas itu, dan dia pun mengucapkan selamat kepada para cendekiawan dan orang-orang bijaksana itu. “Akhirnya,” kata sang Raja, “kalian berhasil menemukan rahasia meraih sukses. Ya, ini adalah rahasia yang tepat sekali!”

Kamu ingin tahu kalimat apa yang terdapat di atas kertas itu hingga membuat sang Raja begitu bersukacita karena akhirnya orang-orang bijaksana itu berhasil menemukan dan merumuskan rahasia sukses? Kalimat itu adalah ini: “Tidak ada yang cuma-cuma di dunia ini”.

Ya, kesuksesan, kebahagiaan, pencapaian prestasi, imbalan dari impian, cinta, uang, atau apa saja yang berharga lainnya hanya bisa diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan, karena tidak ada yang cuma-cuma alias gratis di muka bumi ini. Semuanya membutuhkan harga, semuanya memerlukan pembayaran. Begitu pun dengan terwujudnya sebuah impian, itu juga memerlukan harga untuk dibayar.

Lalu, apa yang menjadi harga untuk dapat memperoleh sukses yang diimpikan? Apa yang diperlukan untuk mewujudkan impian?

Setidaknya ada enam hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan. Inilah harga yang harus dibayar bagi sebuah impian. Kalau kamu mau melakukan enam hal ini dengan bersungguh-sungguh, artinya kamu telah membayar harganya, dan itu artinya pula bahwa kamu layak untuk memperoleh impianmu. Apa saja enam hal itu?

Baca lanjutannya: Kekuatan Keyakinan dan Keteguhan Impian 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar