Akhir Misteri Hilangnya Pesawat MH370

Tidak ada komentar :
 Akhir Misteri Hilangnya Pesawat MH370

BIBLIOTIKA - Kita tentu masih ingat dengan peristiwa hilangnya pesawat MH370 yang sempat menggegerkan dunia, beberapa waktu lalu. Kasus hilangnya pesawat itu bahkan dianggap misterius oleh banyak orang, sehingga sampai memunculkan aneka teori konspirasi.

Kisah ini dimulai pada 8 Maret 2014. Pesawat terbang MH370 berangkat dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur menuju Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing, mengangkut 12 awak kabin dan 227 penumpang dari 15 negara, termasuk Indonesia. Ketika pesawat sedang terbang di atas Teluk Thailand, mereka kehilangan kontak dengan pengendali lalu lintas udara (air traffic control). Sejak itulah, pesawat tersebut dianggap hilang misterius.

Yang menjadikan hilangnya pesawat itu tampak misterius, karena tidak ada bangkai pesawat yang ditemukan. Jika memang pesawat MH370 jatuh, mestinya ada tanda-tanda kejatuhan, atau bangkai pesawat akibat kejatuhannya. Kenyataannya, pesawat itu hanya hilang, tanpa meninggalkan bekas apa pun, seolah lenyap ditelan kabut. Dari situlah kemudian muncul aneka teori, dari yang masuk akal sampai yang tidak masuk akal.

Selama waktu-waktu itu, sempat muncul isu bahwa pesawat MH370 dari maskapai Malaysia Airlines hilang akibat peretasan yang dilakukan Rusia. Ada pula yang mengaitkannya dengan CIA. Bahkan, ada yang menyebut bahwa hilangnya pesawat MH370 karena ulah alien atau UFO. Situs TheWeek sempat mengabarkan bahwa ada sekitar lima persen orang Amerika yang percaya pesawat tersebut hilang akibat diculik oleh makhluk asing. Survei tersebut dilakukan oleh Reason.com.

Sementara kantor berita Reuters waktu itu melaporkan, teori konspirasi jadi marak karena banyak pakar siber dan amatir melakukan pelacakan terkait insiden ini secara terpisah. Jeff Wise, seorang ahli penerbangan, dengan rasa heran mengatakan, “Sangat menakjubkan betapa banyak informasi yang tidak kita miliki setelah melihat insiden MH370 selama ini.”

Tetapi, kini, misteri hilangnya pesawat MH370 akhirnya terungkap. Bahwa pesawat itu hilang bukan karena diculik alien atau UFO, melainkan karena jatuh ke Samudera Hindia. Kenyataan itu diungkapkan pemerintah Malaysia, berdasarkan temuan dan penyelidikan Inmarsat, sebuah perusahaan satelit komunikasi swasta asal Inggris. Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, menyatakan bahwa Inmarsat memiliki peran dalam penemuan pesawat yang hilang tersebut.

Kepada BBC, pihak Inmarsat mengatakan telah memberikan data-data temuannya kepada Air Accidents Investigation Branch (AAIB) atau badan penyelidik kecelakaan transportasi udara Inggris. Data-data itu diminta untuk diperiksa kembali sebelum diumumkan ke publik.

Inmarsat mengatakan, misteri MH370 terungkap setelah dilakukan analiss data, yang berfokus pada sejumlah faktor, termasuk pergerakan dari pesawat-pesawat lain di sekitar pesawat tersebut.

Sementara juru bicara AAIB menjelaskan, “Seperti yang diungkapkan oleh Perdana Menteri Malaysia, kami bekerja sama dengan perusahaan Inggris, Inmarsat, menggunakan data satelit, untuk menentukan wilayah yang dijadikan fokus pencarian. Kami tidak bisa berkomentar lebih jauh terkait penyelidikan, yang dipimpin oleh otoritas Malaysia.”

Simon Boxall, pakar kelautan Inggris dari University of Southampton, mengatakan bahwa Inmarsat melakukan pelacakan data dalam pencariannya, bukan pelacakan lokasi.

“Algoritma dan teknik yang mereka terapkan dalam menentukan lokasi, tempat transmisi terakhir dipancarkan,” ujar Simon Boxall. “Mereka meneliti semua sinyal yang mereka miliki, semua rekaman, dan memprosesnya berkali-kali untuk menentukan dari mana sinyal pesawat itu dipancarkan.” Selain itu, ia menambahkan bahwa Inmarsat pasti telah melakukan perhitungan berkali-kali dan tidak akan merilis hasil analisisnya sebelum yakin 100 persen.

Jadi, sekarang, kita tahu bahwa pesawat MH370 tidak hilang karena diculit alien atau seperti diungkapkan teori konspirasi lainnya, melainkan karena jatuh ke Samudera Hindia.

Lalu bagaimana cara Inmarsat bisa menemukan dan mengetahui lokasi hilangnya pesawat MH370? Penjelasannya ada di sini: Cara Inmasrat Menguak Misteri Hilangnya Pesawat MH370

Tidak ada komentar :

Posting Komentar