Tips Seputar Perawatan Gelas dan Bak Cuci

Tidak ada komentar :
Tips Seputar Perawatan Gelas dan Bak Cuci

BIBLIOTIKA - Sepele, namun penting. Berikut ini adalah tiga tips seputar menghilangkan noda di gelas, menjernihkan gelas yang kusam, serta cara menghilangkan bau pada bak cuci piring/gelas.


Menghilangkan noda di gelas 

Minuman seperti teh atau kopi kadang meninggalkan noda di gelas, khususnya kalau gelas itu tidak cepat dicuci. Apabila sudah cukup lama menempel di gelas, noda bekas air teh atau kopi itu kadang tidak mudah dibersihkan, meski telah menggunakan bubuk deterjen.

Untuk mengatasi masalah semacam itu, gunakan saja jeruk nipis. Caranya, iris jeruk nipis, kemudian gosokkan pada bagian noda tersebut. Setelah itu cucilah gelas seperti biasa. Dijamin noda membandel itu pun segera hilang.

Selain tip di atas, ada cara lain yang juga dapat digunakan untuk membersihkan gelas dari noda teh atau kopi, yakni dengan menggunakan bagian tengah buah nanas.

Kalau Anda mengupas nanas, jangan buang bagian tengahnya, karena bagian itu dapat membersihkan noda di gelas dengan mudah. Caranya, gosokkan bagian tengah nanas tersebut pada gelas dan cangkir yang terdapat noda, kemudian cucilah seperti biasa. Noda teh atau kopi yang membandel pun segera sirna.


Menjernihkan gelas yang kusam

Gelas-gelas yang terbuat dari kaca biasanya akan menjadi kusam apabila lama tidak dipakai. Kacanya tidak bening lagi, dan biasanya kita pun jadi semakin malas mengurusinya.

Untuk membuat gelas-gelas lama Anda menjadi bening kembali, gunakan saja tip ini.

Rendamlah gelas-gelas Anda dalam baskom air, yang dicampur dengan cuka sebanyak kurang lebih satu cangkir. Rendam selama satu malam, kemudian cuci seperti biasa, dan keringkan. Gelas-gelas Anda pun akan bening cemerlang lagi.


Tips menghilangkan bau bak cuci piring

Bak cuci piring kadang menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini terjadi karena masuknya sisa-sisa makanan ke dalam lubang air. Ketika sisa-sisa makanan itu membusuk di dalamnya, maka bak cuci piring pun mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Nah, untuk mengatasi hal semacam ini, gunakan tip berikut.

Setiap kali selesai mencuci piring—khususnya jika dalam jumlah banyak—siramkan air panas pada lubang bak cuci piring. Dengan cara begitu, bau yang tidak sedap itu akan dapat dihindarkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar