Tips Mengusir Kuman dari Buah dan Sayuran

Tidak ada komentar :
 Tips Mengusir Kuman dari Buah dan Sayuran

BIBLIOTIKA - Buah-buahan atau sayur-sayuran sering kali dianggap sebagai makanan yang penuh kuman, jika tidak melalui pengolahan di atas api. Karenanya, banyak orang yang masih enggan menyantap sayuran mentah. Nah, untuk mengurangi kekhawatiran akan kuman-kuman pada sayuran, sehingga Anda bisa lebih tenang selama menyantap lalapan, berikut ini tips yang bisa Anda lakukan:

Cucilah tangan sebelum memegang sayur atau buah yang hendak dikonsumsi, dan bersihkanlah buah-buahan atau sayuran tersebut dengan cermat.

Anda bisa membilas buah atau sayur yang akan disantap dengan menggunakan air hangat. Hanya saja jangan pernah menggunakan sabun atau detejen lainnya.

Pada waktu memotong-motongnya, gunakanlah talenan yang tidak menyerap air, serta mudah dibersihkan.

Dalam penggunaan pisau, sebaiknya pisau dicuci setiap kali selesai memotong dan akan digunakan untuk memotong buah atau sayuran yang lain.

Simpanlah sisa sayuran atau buah-buahan dalam lemari es dengan tekanan udara di bawah 5 derajat Celcius, atau dalam pendingin.

Jika membeli salad di restoran swalayan, jangan memilih buah dan sayur-sayuran yang warnanya mulai kecokelatan, menyusut, dan mulai kering.


Tips agar sayur yang dipanaskan tidak berlendir

Ketika sayur dipanaskan di dalam panci, ia sepertinya mengeluarkan lendir, karena pengaruh panas. Jika Anda ingin menghilangkan hal semacam itu, silakan gunakan tip berikut ini.

Rendamlah kapur sirih, lalu endapkan sampai air rendaman kapur itu menjadi jernih. Setelah itu, ambillah air rendaman pada bagian yang sudah jernih, dan lalu campurkan pada sayur yang sedang dipanaskan. Aduk sampai merata. Dengan cara ini, maka sayur Anda tidak akan berlendir lagi selama dipanaskan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar