Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (1)

Tidak ada komentar :
Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari

BIBLIOTIKA - Kehidupan sehari-hari tidak bisa dilepaskan dari berbagai kesibukan, masalah, dan aneka barang yang ada di sekitar kita, dari yang berat sampai yang remeh-temeh. Hal-hal semacam itu kadang membuat bingung atau menyita banyak waktu, karena kita tidak mengetahui cara menghadapinya. Berikut ini kumpulan tips praktis yang mungkin Anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk berbagai keperluan.


Mengenal tanda peringatan di label makanan

Ketika berdiri di depan lemari pendingin di gerai makanan sebuah swalayan, mungkin Anda sering menemukan dan membaca label berbunyi “sell-by”, “use-by”, atau “best-before” di bungkus kemasan. Apakah Anda tahu perbedaannya? Selama ini banyak di antara kita yang hanya mengetahui kata “kadaluwarsa” untuk menandai layak tidaknya kita mengkonsumsi makanan.

Lalu apa bedanya masa kadaluwarsa dengan tanda-tanda di atas? Berikut ini cara mudah untuk memahaminya.

Sell-by

Kadang pula ditulis “display until”. Ini merupakan istilah yang ditujukan pada toko untuk tidak menjual makanan kepada konsumen, sesuai dengan tanggal yang tertera pada kemasan.

Use-by

Istilah ini biasanya digunakan untuk makanan yang cenderung cepat busuk, seperti daging dan produk olahannya, atau ikan kalengan/siap santap.

Best-before

Istilah ini bertujuan agar mutu makanan tetap terjaga saat kita mengkonsumsinya. Biasanya dicantumkan pada kemasan makanan dengan kadar risiko kerusakan perubahan mutu dan rasa yang lebih rendah. Umumnya, label ini dicantumkan pada kemasan biskuit, kerupuk, atau makanan kering lainnya.


Tips menguji keaslian minyak kayu putih

Minyak kayu putih banyak digunakan orang, karena bisa dibilang multikhasiat. Karenanya, banyak orang yang kemudian menawarkan minyak kayu putih, kadang dengan harga yang lebih murah dibanding harga normal atau standar. Yang menyusahkan, kadang minyak kayu putih yang ditawarkan itu tidak asli atau murni.

Lalu bagaimana cara menguji minyak kayu putih untuk mengetahui apakah itu asli atau tidak?

Caranya mudah. Kocok saja minyak itu dalam botolnya, kemudian lihat. Apabila minyak itu berbuih, maka berarti minyak tersebut tidak murni (banyak campurannya). Minyak kayu putih yang asli memiliki bau yang merangsang, dan tidak berbuih saat dikocok.


Tip praktis menajamkan gunting

Sewaktu-waktu, kita memerlukan gunting untuk memotong kain, atau tali, atau lainnya. Yang menyusahkan, kadang gunting terasa tumpul saat digunakan memotong, sehingga kita jadi repot.

Jika Anda sedang terburu-buru, dan ingin segera menyelesaikan pekerjaan Anda dengan gunting tersebut, gunakan saja tip berikut untuk mengatasi gunting yang tumpul.

Carilah sebuah botol berukuran sedang, lalu tempelkan dua sisi bagian dalam gunting pada leher botol. Gerak-gerakkanlah gunting seperti sedang menggunting leher botol tersebut. Lakukan beberapa kali, dan gunting Anda akan kembali tajam.


Tips menyambung pita kaset

Pita kaset yang sering diputar berulang-ulang kadang mengalami masalah yang berakibat putus. Ketika pita kaset putus, kita pun tidak bisa mendengarkan rekaman yang ada di dalamnya lagi.

Yang menjadi masalah, orang sering malas mengurusi pita kaset yang putus ini, karena berpikir harus mengeluarkan uang cukup banyak hanya untuk urusan yang sepele. Selain itu, putusnya pita kaset tidak terjadi setiap hari, sehingga membeli lem untuk menyambung pita kaset dianggap tak terlalu berguna.

Kalau pita kaset kesayangan Anda putus, dan Anda merasa malas jika harus membeli lem khusus yang mahal, gunakan saja getah bunga kamboja. Caranya, teteskan getah bunga kamboja pada bagian pita yang putus, lalu tumpukkan (sambungkan) ujung-ujungnya. Dengan cara yang mudah dan murah ini, rekaman pita kaset Anda akan dapat dinikmati lagi.

Baca lanjutannya: Kumpulan Tips Praktis untuk Kebutuhan Sehari-hari (2)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar