Tips Pintar Merawat Wadah Plastik

Tidak ada komentar :
Tips Pintar Merawat Wadah Plastik

BIBLIOTIKA - Kalau kita menggunakan wadah plastik untuk menyimpan sayuran atau makanan, terkadang wadah tersebut menimbulkan aroma tertentu yang kurang sedap. Untuk mengatasi hal semacam itu, berikut ini tip-tip yang bisa Anda gunakan untuk merawat wadah plastik Anda, agar selalu awet digunakan serta tidak gampang bau.

Jika wadah plastik bernoda, rendamlah selama 20 menit dalam 1 galon air bersih, dengan ditambah 1 gelas pemutih. Setelah itu, cucilah hingga bersih dengan menggunakan sabun pencuci piring dan air hangat.

Warna perabot dapur yang terbuat dari plastik, semisal gelas, cangkir, ataupun piring, biasanya akan memudar perlahan-lahan. Agar warnanya kembali mulus, oleskan minyak kelapa dengan menggunakan kapas ke seluruh permukaan perabotan plastik tersebut. Setelah itu dicuci dengan sabun seperti biasanya. Cara ini akan menjadikan warna perabotan itu awet dan tidak lekas pudar.

Untuk menghilangkan bau makanan, letakkan wadah plastik di freezer atau panaskan di bawah terik matahari, selama beberapa jam. Cara lain, tetesi wadah plastik dengan air jeruk lemon, lalu tutup dan diamkan hingga baunya hilang.

Jika wadah plastik Anda meninggalkan aroma setelah dipakai menyimpan sayuran atau makanan, Anda bisa mengatasinya dengan kertas koran basah. Caranya, masukkan kertas koran yang basah ke dalamnya, lalu tutup rapat, dan simpan dalam lemari es selama satu malam. Bau akan terserap ke dalam kertas koran, dan besoknya Anda bisa mencuci serta membilasnya hingga bersih.


Tips melenyapkan bau plastik

Pada saat ini, ada berbagai wadah untuk makanan atau minuman yang terbuat dari plastik. Selain ringan, barang-barang dari plastik itu juga cukup awet—tidak berkarat dan tidak mudah pecah.

Hanya saja, barang atau wadah yang terbuat dari plastik—khususnya yang masih baru—kadang menimbulkan bau plastik yang dianggap memualkan bagi sebagian orang. Akibatnya, ada sebagian orang yang sampai tidak doyan makan jika makanan atau minumannya diletakkan pada wadah plastik semacam itu.

Jika Anda atau keluarga Anda ada yang mengalami masalah seperti ini, gunakan saja tips berikut.

Ketika Anda membeli wadah baru yang terbuat dari plastik, dan dianggap menimbulkan bau plastik yang cukup keras, masukkanlah air teh kental secukupnya ke dalam wadah tersebut. Kemudian, bubuhkan garam secukupnya ke dalamnya, lalu kocok-kocok hingga beberapa saat. Setelah itu bilaslah dengan air bersih dan keringkan dengan cara diangin-anginkan sampai kering.

Apabila setelah itu bau plastik dirasa masih tinggal, lakukan tip di atas satu kali lagi. Bau plastik yang mengganggu itu pun akan segera lenyap.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar